Sabtu, 09 September 2017

9 Cara Menghilangkan Stretch Mark dengan Cepat

Cara Menghilangkan Stretch Mark | Gurat peregangan (stretch mark) merupakan keadaan lapisan kulit dermis yang robek akibat penambahan berat badan yang berlebihan. Ciri-cirinya akan tampak seperti gurat-gurat (goresan) berwarna putih pada kulit. Pada umumnya, akan muncul cukup banyak selama hamil.

Cara Menghilangkan Stretch Mark

Menurut sebuah penelitian, 90% ibu hamil biasanya akan mengalami stretch mark. Faktor utama penyebab gurat peregang ini adalah genetika. Jika ibu Anda dulunya memiliki riwayat stretch mark, bukan tidak mungkin Anda juga akan terkenanya.

Biasanya stretch mark akan datang pada saat pubertas, kenaikan berat badan yang berlebihan atau mungkin saat hamil. Stretch mark mungkin lebih identik dengan wanita, namun bukan tidak mungkin kalau pria juga bisa mengalaminya.

Cara Menghilangkan Stretch Mark dengan Cepat


Stretch mark bisa menimbulkan keresahan dan minder. Karenanya, sebaiknya kita segera menghilangkannya. Lantas bagaimana cara menghilangkan stretch mark? Simak informasinya di bawah ini.

1. Perbanyak Asupan Air Putih

Minum air putih merupakan langkah yang efektif dan efesien untuk menghilangkan stretch mark dengan cepat. Minum air putih berguna untuk mencukupi cairan yang dibutuhkan kulit sehingga dapat melebabkan kulit serta membuat kulit lebih lembut dan padat sehingga goresan stretch mark tidak begitu jelas.

Anjuran untuk minum air putih mungkin relatif, namun menurut pertimbangan bahwa sebaiknya setiap orang hendak meminum 10 gelas setiap harinya. Apalagi ketika sedang mengalami stretch mark, ada baiknya untuk diperbanyak asupan cairannya.

Baca: Cara Mengatasi Kulit Kusam Berminyak

2. Oleskan Lidah Buaya

Lidah buaya merupakan salah satu tanaman yang memiliki banyak khasiat untuk kulit manusia. Tanaman ini dikenal baik akan berbagai senyawa aktifnya yang bisa mengatasi berbagai permasalahan kulit seperti luka bakar ataupun stretch mark ini.

Cara Melakukannya:
  • Patahkan 1 batang lidah buaya (bisa dicampurkan dengan obat vitamin e cair), kemudian oleskan pada bagian stretch mark tersebut.
  • Diamkan selama sekitar 15-20 menit.
  • Kemudian basuh dengan air hangat sampai bersih merata.
  • Lakukan cara ini paling tidak 1 kali sehari.

3. Menggunakan Losion Pelembab

Penggunaan losion pelembab dilihat sangat efesien dalam memberikan perbaikan secara signifikan terhadap gurat-gurat yang muncul. Losin pelembab dapat membuat kulit lebih elastis dan mengurangi bercak-bercak stretch mark yang timbul.

Anda bisa menggunakan berbagai losion pelembab yang sudah tersedia di pasaran. Namun, jika Anda takut akan bahan kimia yang terkandung dalam losin tersebut. Maka Anda juga bisa membuatnya sendiri dengan menggunakan minyak zaitun, minyak janggung ataupun gel lidah buaya.

Baca: Cara Mengatasi Panu dengan Gampang

4. Memanfaatkan Putih Telur

Putih telur merupakan bahan yang memang mempunyai banyak manfaat bagi kesehatan kulit. Bukan hanya dapat mengatasi jerawat, namun putih telur dapat menghilangkan stretch mark juga. Kandungan asam amino dan proteinnya yang tinggi diperkirakan sangat efektif untuk menghilangkan guratan.

Cara Melakukannya:
  • Ambil 2 butir telur. Kemudian pisahkan putihnya dari kuningnya.
  • Kocok halus hingga tampak berbusa.
  • Oleskan menggunakan kuas riasan secara merata ke bagian kulit yang terdapat stretch mark.
  • Diamkan sekitar 10 menit, lalu bilas dengan air hangat.
  • Oleskan minyak zaitun untuk melebabkan kulit yang kering setelah menggunakan putih telur.

5. Eksfoliasi Menggunakan Gula

Eksfoliasi merupakan salah satu cara mengangkat sel-sel kulit mati dengan menggunakan scrub. Stretch mark juga dapat diobati dengan memakai prinsip eksfoliasi, tapi kita akan menggunakan gula. Gula dianggap menjadi salah satu perawatan rumahan yang memiliki khasiat untuk menyembuhkan stretch mark.

Caranya Melakukannya:
  • Campurkan satu sendok gula dengan sari lemon dan sekitar 3 tetes minyak almond. Aduk merata hingga seluruh bahan tercampur.
  • Oleskan secara menyeluruh pada stretch mark dan diamkan sekitar 10 menit.
  • Anda disarankan untuk mandi setelah menjalankan perawatan ini.

Baca: Cara Menyembuhkan Diabetes dengan Mudah

6. Menggunakan Minyak Vitamin E

Vitamin e merupakan salah satu nutrisi yang berperan aktif untuk meremajakan kulit serta baik untuk perawatan kulit. Vitamin e dianggap dapat mengatasi berbagai permasalahan kulit seperti kulit kering dan stretch mark ini.

Anda bisa menggunakan berbagai produk vitamin e yang sudah tersedia di pasaran. Namun, hendaknya Anda memilih produk dengan teliti. Campurkan juga dengan losion pelembab yang bening dan tidak berbau untuk memaksimalkannya.

Baca: Cara Mengatasi Kulit Kering

7. Mengoleskan Minyak Atsiri

Minyak atsiri merupakan salah satu jenis minyak nabati yang kental dan biasanya bersuhu ruangan. Minyak ini juga cepat menguap sehingga menimbulkan aroma khasnya. Minyak atsiri sudah dipercaya ampuh untuk mengatasi berbagai permasalahan kulit dan sudah sering dipakai sebagai obat rumahan.

Saat ini, sudah banyak produk-produk minyak atsiri yang bisa Anda gunakan. Namun, sebaiknya untuk membelinya dengan teliti. Setelah itu, oleskan secara merata keseluruh bagian kulit yang terdapat stretch mark.

8. Menggunakan Sari Kentang

Kentang merupakan salah satu sayur yang kaya akan vitamin dan mineral. Kedua nutrisi tersebut dianggap sangat ampuh untuk mengembalikan struktur kulit yang bergelombang akibat stretch mark, selain itu dinilai bisa mengurangi bercaknya.

Cara Melakukannya:
  • Kupas sebuah kentang dan belah menjadi 4 bagian.
  • Gosokkan secara lembut ke bagian kulit stretch mark hingga keluar sari-sarinya.
  • Diamkan hingga 15 menit sampai nutrisinya menyerap ke dalam kulit.
  • Kemudian bilas kulit Anda sampai bersih.

9. Menggunakan Lemon

Lemon juga dapat digunakan untuk menghilangkan stretch mark. Kandungan vitamin c dari lemon yang bersifat asam dapat mengurangi noda-noda yang ditimbulkan akibat stretch mark. Caranya, ambil sebuah lemon kemudian peras ke daerah kulit yang terdapat stretch mark. Diamkan selam 10 menit lalu bilas dengan air hangat.

Baca: Manfaat Lemon Bagi Tubuh Manusia

Demikianlah informasi tentang Cara Menghilangkan Stretch Mark, kiranya beberapa tips diatas bisa membantu Anda. Untuk mencegahnya datang kembali, kontrol berat badan Anda dan rutinlah berolahraga.

Artikel Terkait

9 Cara Menghilangkan Stretch Mark dengan Cepat
4/ 5
Oleh