Sabtu, 02 September 2017

Cara Mengatasi Mata Merah Berair dengan Cepat

Cara Mengatasi Mata Merah Berair | Ada banyak sekali gangguan mata yang seharusnya Anda ketahui, salah satu diantaranya adalah mata merah berair. Kondisi seperti itu cukup berbahaya dan perlu dilakukan penanganan dengan cepat.

Cara Mengatasi Mata Merah Berair

Mata merah berair merupakan gangguan mata yang sangat umum, gangguan seperti ini dapat disebakan oleh banyak hal seperti alergi, bakteri, virus dan sebagainya. Pada umumnya bakteri atau infeksi terjadi akibat sentuhan tangan dengan mata.

Mata merah sebenarnya akan sembuh dengan sendirinya, namun ada beberapa cara yang bisa Anda lakukan untuk mempercepat penyembuhannya. Mata merah ini disebabkan oleh peradangan selaput yang menutupi bagian putih mata.

Gejala Mata Merah Berair


Mata merah dipecah menjadi beberapa jenis sesuai penyebabnya, antara lain:

1. Disebabkan bakteri, gejala yang biasa terjadi jika mata merah disebabkan oleh bakteri adalah mata terasa nyeri, pembengkakan, mata mengeluarkan kotoran berwarna kuning kehijauan, mata lengket saat bangun tidur, merasa silau ketika melihat cahaya dan mata terasa seperti berpasir.

2. Disebabkan virus, gejala yang akan timbul apabila mata merah disebabkan oleh virus adalah mata banyak mengeluarkan air, mata terasa terbakar, keluarnya kotoran berawarna bening, dan mata menjadi bengkak.

3. Disebabkan alergi, beberapa gejala yang mungkin akan timbul yakni mata menjadi berair, mata terasa bengkak, adanya nyeri (biasanya tidak terlalu terasa. Beberapa benda yang bisa menyebabkannya adalah debu, tungau, polutan dan sebagainya.

4. Disebabkan paparan zat kimia, gejala yang akan terjadi seperti mata mengeluarkan banyak air, mata menjadi pedih sekali, mata bengkak. Penanganan harus dilakukan dengan cepat, salah satu tipsnya adalah dengan mencuci mata dengan menggunakan air bersih.

Baca Juga: Bagaimana Cara Mengatasi Mata Minus

Cara Mengatasi Mata Merah Berair dengan Cepat


Jika Anda sudah tahu beberapa gejala mata merah berair, maka Anda juga mesti tahu cara mengatasi mata berair ini. Ada beberapa langkah-langkah yang dapat Anda lakukan, berikut cara menghilangkan mata berair:

1. Atur Pencahayaan Komputer Anda

Walaupun secara teknis tidak dapat menghilangkan mata merah dengan cepat, namun dengan mengatur pencahayaan komputer diyakini dapat meminimalisir resiko mata merah berair. Selain itu, pengaturan cahaya komputer dilakukan supaya mata tidak terbebani atas pencahayaan yang melebihi batas kemampuannya.

2. Hindari Menggosok Mata

Mata merah mungkin akan terasa sangat gatal, namun segatal apapun itu cobalah untuk tidak menggosok mata. Tindakan seperti ini dapat memperparah iritasi, dan memungkinkan kuman pada tangan untuk berpindah ke mata Anda. Untuk mengatasinya, cobalah menggunakan obat tetes mata kemudian kedipkan mata sekitar 10 kali.

3. Batasi Penggunaan Gadget

Pada umumnya, mata merah terjadi akibat mata terlalu lelah terkena sinar biru dari gadget. Maka dari itu, setiap orang hendaklah membatasi penggunaan gadget sesuai kebutuhan dan gejala yang dialaminya. Jika mata merah sudah berlangsung cukup lama, sebaiknya jangan menggunakan gadget lebih dari 3 jam dari sehari.

4. Bersihkan Kotoran Mata

Gejala yang ditimbulkan ketika mata merah salah satunya adalah keluarnya kotoran dalam jumlah besar. Penumpukan kotoran di kelopak mata akan menimbulkan rasa nyeri dan tidak nyaman serta tumpukan kotoran tersebut adalah tempat bakteri berkembangbiak. Anda bisa membersihkan kotoran tersebut dengan menggunakan tisu atau kain lembut dan bersih, usap perlahan kotoran hingga keluar seluruhnya. Buang tisu dan cuci kain tersebut ketika selesai memakainya.

5. Kompres Menggunakan Air Dingin

Mengompres mata merupakan salah satu tindakan tepat untuk mengurangi pembengkakan dan menghambat perkembangan bakteri. Kompres dingin dinilai cukup efektif karena dapat merileksasikan syaraf-syaraf mata yang lelah. Caranya: ambilah sehelai handuk kecil, kemudian rendam di dalam air dingin. Setelah itu peras dan tempelkan pada kelopak mata.

Baca Juga: Cara Mengatasi Insomnia ( Susah Tidur )

6. Kompres Hangat

Hampir sama dengan kompres dingin, kompres hangat memang menggunakan air hangat. Jenis kompres ini memang sangat efesien untuk mengatasi pembengkakan, dan melenturkan kelopak mata yang kaku. Namun, kompres hangat dinilai beresiko karena dapat membuat bakteri pindah dari mata ke mata lainnya.

7. Stop Penggunaan Lensa Kontak

Lensa kontak merupakan salah satu alat yang pada umumnya digunakan untuk mempercantik retina. Namun, penggunaan lensa kontak dapat mengeringkan retina dan memicu penegangan pada syaraf-syaraf mata. Terutama ketika mata sedang mengalami iritasi, hentikan penggunaan lensa kontak untuk menghindari kebutaan.

8. Cukupi Waktu Tidur

Mata sama dengan bagian tubuh yang lainnya, mata juga membutuhkan waktu istirahat yang berguna untuk merileksasikan mata. Selain itu, mencukupi waktu tidur dapat mempercepat proses penyembuhan mata merah berair. Usahakan Anda paling tidak mendapatkan 8 jam waktu tidur setiap harinya.

9. Gunakan Salep Anti Biotik

Penggunaan salep anti-biotik dinilai lebih mudah dan efesien untuk mengurangi perkembangan bakteri dan virus penyebab mata merah. Gunakanlah salep anti-biotik yang memiliki standar kualitas oleh BPOM sehingga kualitasnya sudah diuji terlebih dahulu. Note: Penggunaan akan membuat penglihatan kabur untuk sementara, namun setelah itu penglihatan akan lebih terang.

Baca Juga: Tips Mengurangi Mata Panda

Demikianlah informasi tentang Cara Mengatasi Mata Merah Berair, diharapkan artikel ini bisa membantu dan memberi referensi bagi Anda. Mata merah memang bukan masalah serius, namun jika dibiarkan dapat berdampak fatal bagi mata Anda. Karenanya, rawatlah mata Anda sebelum terkena berbagai gangguan.

Artikel Terkait

Cara Mengatasi Mata Merah Berair dengan Cepat
4/ 5
Oleh