Sabtu, 19 Agustus 2017

Dampak Buruk Diet Ketat Bagi Kesehatan

Dampak Buruk Diet Ketat | Perkembangan zaman membuat timbulnya beragam jenis diet yang terkadang membuat kita bingung. Beberapa diet tersebut justru membawa dampak buruk bagi kesehatan.

Dampak Buruk Diet Ketat

Sebut saja diet ketat, program diet ini sangat berbahaya tapi masih banyak yang melakukannya. Diet ketat dirancang untuk Anda yang ingin mendapatkan badan ideal dalam waktu singkat. Namun, resiko yang harus dihadapi ada banyak sekali.

Diet ketat ini mampu menimbulkan beberapa gejala seperi tubuh menjadi lemas, lemahnya daya ingat dan berbagai gangguan yang mengerikan. Menurut sebuah penelitian, seseorang yang melakukan diet ketat pasti akan mengalami malnutrisi.

Dampak Buruk Diet Ketat Bagi Kesehatan


Karena begitu terobsesi untuk memiliki badan ideal dengan cepat, banyak yang terjebak dengan informasi keliru mengenai diet ketat ini. Padahal, diet jenis ini lebih banyak resikonya daripada manfaatnya. Lantas apa saja dampak buruk diet ketat? Yuk simak informasinya.

1. Badan Lemas

Gejala pasti yang ditimbulkan diet ketat adalah badan menjadi lemas. Itu dikarenakan pada saat melakukan diet ketat, kita akan disarankan agar mengurangi segala makanan yang mengandung karbohidrat. Padahal, karbohidrat merupakan gizi yang berfungsi sebagai sumber energi manusia.

Jika hal ini dilakukan secara berkepanjangan tentunya akan membuat tubuh menjadi lemas dan mudah tumbang. Karenanya, pikirkan dulu sebelum melakukan diet ketat ini.

Baca:

2. Menyebabkan Malnutrisi

Malnutrisi merupakan keadaan dimana tubuh kekurangan nutrisi yang dibutuhkan. Kondisi seperti ini juga dapat diartikan sebagai penurunan kinerja tubuh dalam skala besar.

Salah satu pertanda bahwa tubuh mengalami malnutrisi adalah badan menjadi kurus, mata berair, badan lemas serta mudah capek, kantong mata menjadi hitam, tulang menjadi rapuh dan masih banyak lagi.

3. Penurunan Massa Otot

Tanpa disadari, ketika tubuh kekurangan nutrisi atau sumber makanan yang dibutuhkan, maka tubuh akan mengonsumsi lemak. Namun, jika cadangan lemak tidak mencukupi tubuh juga dapat memecah otot-otot dan menjadikannya sumber energi.

Gejala seperti ini mungkin tidak tampak secara langsung, namun secara perlahan pasti akan dirasakan. Jika Anda yang merupakan pecinta olahraga, sebaiknya diet ketat ini jangan dilakukan.

4. Menghambat Metabolisme Tubuh

Dalam diet ketat, kita juga dituntut untuk mengurangi asupan kalori secara drastis. Kekurangan kalori dalam tubuh manusia bisa menghambat metabolisme dan mengganggu beberapa organ-organ vital seperti ginjal.

Selain itu, kekurangan kalori juga berdampak pada cardiovascular, sistem syaraf, jaringan otot, tulang dan masih banyak lagi.

Baca:

5. Keterlambatan Menstruasi

Penurunan asupan nutrisi yang masuk ke tubuh ternyata berdampak buruk bagi alat reproduksi wanita. Salah satu masalah yang mungkin akan terjadi adalah keterlambatan siklus menstruasi.

Gejala seperti itu disebabkan karenanya berkurangnya asupan mineral dan vitamin yang sangat dibutuhkan alat reproduksi. Selain itu, siklus menstruasi juga akan melompat-lompat.

6. Meningkatkan Emosi

Seseorang yang kelaparan pasti mempunyai tingkat emosi yang sangat besar, selain itu rasa frustasi akibat nafsu makan yang harus dihentikan membuat seseorang menjadi mudah marah.

Terkadang emosi yang berlebihan dapat membuat orang-orang disekitar kita menjadi korban pelampiasan. Dampaknya, Anda bisa menjadi dibenci orang karena tingkat emosi yang tidak terkontrol.

7. Memicu Serangan Jantung

Berkurangnya kadar nutrisi yang masuk ke dalam tubuh tentu akan merobek kekebalan tubuh yang telah dibangun. Lemahnya kekebalan tubuh bisa memicu beberapa penyakit berbahaya seperti serangan jantung.

Dehidrasi dan kekurangan nutrisi mengakibatkan terganggunya aliran darah dan melemahkan detak jantung seseorang. Resiko yang ditimbulkan juga bukan ringan, Anda beresiko serangan jantung.

Baca:

Demikianlah informasi Dampak Buruk Diet Ketat, semoga artikel ini membuat kita sadar akan bahaya diet ketat. Apakah Anda masih ingin melakukannya? Saya sarankan untuk dipikirkan kembali sebelum menyesal kelak.

Artikel Terkait

Dampak Buruk Diet Ketat Bagi Kesehatan
4/ 5
Oleh