Selasa, 08 Agustus 2017

Ciri-ciri Anemia Akut yang Wajib Anda Ketahui

Kategori

Ciri-ciri Anemia Akut | Menurut Riskesdas tahun 2013, prevalensi anemia di Indonesia yaitu 21,7%. Cukup banyak dari keseluruhan orang di Indonesia, karena itu anemia bisa dibilang penyakit yang sering menyerang manusia.

Ciri-ciri Anemia Akut

Anemia adalah penyakit kekurangan darah merah ataupun darah putih. Penyakit ini juga dibagi menjadi 2 jenis yakni anemia akut dan anemia ringan. Berbeda dengan anemia akut, anemia ringan tidak terlalu berbahaya.

Anemia akut adalah salah satu jenis anemia yang terjadi karena kurangnya sel-sel darah yang cukup lama sehingga mengganggu organ-organ lainnya. Keadaan ini harus dihindari dan segera ditangani dengan baik.

Kekurangan sel darah merah atau putih bisa mengganggu kinerja otak untuk berpikir. Selain itu, kekurangan darah juga dapat membuat muka menjadi pucat dan mudah capek. Karena itu, ketahui ciri-ciri anemia akut sebelum Anda menyesal kelak.

Ciri-ciri Anemia Akut yang Wajib Anda Ketahui


Pada dasarnya setiap orang tidak ingin terkena anemia akut, karena itu perlu dilakukannya pencegahan sejak dini. Selain itu, kita juga perlu mengetahui ciri-ciri anemia akut sehingga kita lebih cepat menyadarinya. Daripada semakin penasaran, simak informasinya di bawah ini.

1. Sesak Nafas

Gejala awal yang mungkin akan terjadi jika tubuh terkena anemia akut adalah sesak nafas. Gejala ini sangat umum dan sangat mudah dikenali, namun sesak nafas juga bisa menjadi gejala penyakit lain seperti asma.

Perlu diketahui, sesak nafas ini terjadi akibat darah yang tidak mengalir dengan lancar sehingga proses pengiriman oksigen menjadi tidak normal. Kondisi seperti ini patut untuk diperhatikan karena sangat berbahaya jika berlangsung secara terus menerus.

Baca:

2. Terlalu Capek

Capek atau letih merupakan keadaan dimana tubuh mengalami rasa sakit yang diakibatkan otot kaku. Capek juga bisa menjadi pertanda kalau tubuh sedang mengalami anemia akut, karena itu segera sadari gejala seperti ini.

Sayangnya, capek merupakan kondisi umum yang sangat normal dan pasti akan dialami. Karenanya, kita sulit mendeteksi anemia akut dengan menggunakan gejala yang satu ini.

3. Perut Terasa Nyeri

Nyeri pada perut mungkin merupakan gejala dari berbagai macam penyakit seperti maag, radang usus atau bahkan anemia akut. Jika mengalami nyeri pada perut dengan jangka waktu yang lama segera periksakan ke dokter untuk memastikan penyakit yang sedang menyerang.

4. Wajah Pucat

Wajah pucat merupakan gejala yang akan timbul apabila tubuh kekurangan sel darah merah. Tidak heran, seseorang yang mengalami anemia akut pasti memiliki ciri-ciri wajah pucat. Namun, wajah pucat juga bisa menjadi gejala dari penyakit lain seperti demam.

Baca:

5. Denyut Jantung Tidak Teratur

Jantung mungkin sangat erat hubungannya dengan darah, gangguan pada darah yang disebabkan penyakit anemia akut tentu akan menimbulkan berbagai efek. Salah satunya adalah denyut jantung menjadi tidak normal.

Menurut standar denyut jantung, denyut jantung untuk remaja yang berumur 10-18 tahun umumnya memiliki denyut jantung sekitar 60-100 per menitnya. Sedangkan untuk dewasa berkisar 55-80 denyut jantung per menit.

6. Rambut Rontok

Perlu Anda ketahui, rambut rontok tidak hanya menjadi gejala dari penyakit seperti kanker ataupun tumor. Namun, rambut rontok juga bisa menjadi ciri-ciri kalau tubuh menderita anemia akut. Ini dikarenakan ada beberapa hormon dan sel dalam kulit rambut yang terganggu.

7. Sakit Kepala

Sakit kepala merupakan nyeri yang akan terjadi apabila aliran darah ke otak tidak berjalan dengan lancar. Tidak heran, jika menderita anemia akut gejala yang sangat mungkin terjadi adalah sakit kepala.

Sakit kepala juga menjadi penyebab penyakit lain, karenanya kita tidak bisa menduga pasti kalau sakit kepala menjadi ciri-ciri anemia akut. Ada baiknya Anda membaca informasi di bawah ini.

Baca:

8. Sering Pingsan

Pingsan merupakan keadaan yang abnormal yang mungkin dapat terjadi karena adanya gangguan hebat pada tubuh manusia. Gangguan ini bisa berupa kurangnya asupan sel darah atau terjadinya penghambatan pada pembuluh darah.

Sering pingsan patut untuk diperhatikan dengan pasti, karena sering pingsan akan berdampak fatal bagi kesehatan. Jika kondisi ini sering terjadi, disarankan agar memeriksakan ke dokter.

9. Ujung Jari dan Kelopak Mata Menjadi Pucat

Ujung jari dan kelopak mata yang pucat ternyata menjadi salah satu penyebab anemia akut yang harus dikenali. Gejala seperti ini sangat mudah diketahui dan cukup efektif mendeteksi anemia akut.

Demikianlah informasi tentang Ciri-ciri Anemia Akut, semoga dengan adanya informasi ini kita semakin perhatian dengan kondisi tubuh kita. Cara yang paling efektif untuk mencegah anemia akut ini adalah dengan melakukan gaya hidup sehat dan rutin berolahraga.

Manusia biasa yang ingin berbagi informasi melalui media blog. Mari berkenalan, silahkan kontak akun sosial media kami. Terimakasih.