Minggu, 27 Agustus 2017

Cara Menghilangkan Panu dengan Cepat

Cara Menghilangkan Panu | Apakah Anda menderita panu? Mungkin ulasan ini bisa memberikan solusi kepada Anda. Panu atau dalam dunia medis disebut tinea versicolor merupakan salah satu penyakit kulit yang disebabkan oleh jamur.

Cara Menghilangkan Panu dengan Cepat

Panu juga dapat muncul disemua bagian kulit seperti kulit leher, wajah, tangan, kaki selangkangan dan masih banyak lagi. Dampak yang bisa ditimbulkan wabah ini juga sangat mengganggu, panu bisa merusak penampilan dan membuat minder dalam bergaul.

Alangkah baiknya panu segera diobati selagi masih kecil, ini dikarenakan jika sudah besar dan melebar panu cukup sulit dibasmi. Untuk mencegah panu, Anda mesti menjaga kebersihan kulit dan menjaga kelembapan (jamur suka ditempat lembab).

Gejala yang biasanya terjadi pada penderita panu adalah kulit menjadi gatal-gatal, timbulnya bercak putih melingkar dan kulit sedikit menebal. Jika digaruk panu bisa menyebar, oleh karenanya jangan menggaruknya walau gatal sekali.

Cara Menghilangkan Panu dengan Cepat


Jamur penyebab panu bisa dipanggil Candida Albicans, jamur ini sangat suka berkembangbiak pada kulit lembab. Jamur ini dapat dengan cepat berpindah ke kulit melalui kontak langsung ataupun perantara seperti handuk. Lalu, bagaimana cara menghilangkan panu ini? Informasinya ada di bawah ini.

1. Menggunakan Bawang Putih

Bawang putih memang sudah dikenal akan manfaatnya untuk mengatasi berbagai masalah kulit seperti panu ini. Bawang putih kaya akan anti-bakteri dan senyawa aktif lainnya yang sangat efektif untuk membunuh jamur dan bakteri.

Cara penggunaannya: Siap sekitar 1 biji bawang putih, kemudian belah menjadi 2 bagian. Gosokkan pada area kulit yang terdapat panunya, gosok agak kuat sampai kulit memerah. Memang akan terasa pedih, namun tahan dan hentikan gosokan. Biarkan senyawa aktif dari bawang putih menyerap dan bereaksi. Lakukan cara ini minima 1 kali dalam sehari.

Baca Juga: Cara Mengatasi Wajah Kusam dan Berminyak

2. Gosok Menggunakan Jahe

Jahe merupakan salah satu bumbu masakan khas Indonesia yang memiliki banyak manfaat baik untuk kesehatan maupun kecantikan. Salah satu khasiat jahe adalah ampuh untuk membasmi jamur penyebab panu.

Jahe mengandung ribuan zat aktif yang bisa membunuh jamur secara permanen. Selain itu, pemanfaatan jahe juga terbilang cukup mudah dan bisa dilakukan siapa saja. Lalu bagaimana cara melakukannya?

Cara penggunaan: Siapkan jahe secukupnya, kemudian belah secara vertikal dan merata. Gosokkan pada kulit yang berpanu selama beberapa detik sampai kulit memerah. Cara ini mungkin akan menimbulkan rasa perih, namun tahan karena itu merupakan reaksi biasa. Jangan cuci dan biarkan zat aktif jahe membasmi panu tersebut.

Baca Juga: 9 Cara Mengatasi Kulit Kering dengan Cepat

3. Belimbing Wuluh dan Kapur Sirih

Mungkin belimbing wuluh dan kapur sirih bisa jadi referensi pengobatan panu, walaupun belum ada penelitian pasti yang membuktikan bahwa kedua bahan ini efektif mengatasi panu. Namun, bahan ini sudah dipakai sejak dulu oleh nenek moyang kita, dan ternyata mujarab.

Belimbing wuluh mengandung banyak sekali antioksidan dan bersifat anti-jamur sehingga cukup efesien dalam penanganan panu. Lantas, bagaimana cara menggunakannya?

Cara penggunaan: Siapkan belimbing wuluh secukupnya dan beberapa kapur sirih. Hancurkan belimbing wuluh hingga halus dan lumatkan bersama dengan kapur sirih. Tumbuh terus sampai terbentuk pasta atau krim, lalu oleskan ke kulit yang berpanu secara merata. Diamkan hingga beberapa jam kemudian bilas dengan air hangat. Lakukan cara ini paling tidak 1 kali sehari.

Baca Juga: Cara Mengatasi Keringat Berlebih dengan Mudah

4. Jeruk Nipis dan Belerang

Mungkin kandungan vitamin c dari jeruk nipis dan kandungan mineral kompleks dari belerang cukup efesien dalam mengusir jamur dan kuman penyebab panu. Selain itu, dalam penerapannya kedua bahan ini juga sangat mudah digunakan.

Cara penggunaan: Ambil sekitar 1 sendok makan belerang, kemudian campurkan dengan air jeruk nipis sebanyak satu sendok makan. Aduk kedua bahan tersebut sampai membentuk krim, lalu oleskan pada panu tersebut dan diamkan sekitar 1 jam.

Baca Juga: Manfaat Lemon Bagi Kesehatan dan Kecantikan

5. Lengkuas dan Garam

Lengkuas merupakan salah satu rempah khas Indonesia yang memang kaya akan senyawa aktif dan bersifat anti-bakteri dan anti-fungi. Mungkin sifat dan kandungan lengkuas ini bisa diandalkan dalam membunuh atau membasi panu.

Lengkuas mengandung beberapa zat seperti amilum, kuersetin dan flavonoid yang diyakini ampuh untuk membrantas jamur Candida Albicans. Sedangkan garam berperan sebagai pendukung karena sifatnya yang asam sangat baik untuk merusak jaringan jamur.

Cara penggunaan: Siapkan satu batang lengkuas segar dan 2 sendok teh garam. Belah bagian bawah lengkuas dan gosokkan pada panu. Giling garam sampai halus dan taburkan ke panu sembari menggosok dengan lengkuas. Mungkin sedikit kasar dan bisa memicu rasa sakit, namun ini sangatlah efesien untuk menghambat perkembangan jamur dan membunuhnya secara permanen.

Baca Juga: #9 Jenis Penyakit Pada Kulit dan Cara Menyembuhkannya

Demikianlah ulasan seputar Cara Menghilangkan Panu, semoga artikel ini bisa membantu Anda untuk mengatasi panu. Kadangkala panu juga akan kembali datang, untuk itu lakukan pencegahan dengan menjaga kebersihan dan memastikan kulit tidak terlalu lembab.

Artikel Terkait

Cara Menghilangkan Panu dengan Cepat
4/ 5
Oleh