Selasa, 15 Agustus 2017

7 Cara Mencegah Stroke dengan Mudah

Cara Mencegah Stroke | Terkadang kita merasa resah dan takut akan beberapa penyakit berbahaya seperti stroke. Tidak jarang, orang-orang disekeliling kita mungkin ada yang menderitanya dan kita berharap akan kesembuhannya.

Cara Mencegah Stroke

Stroke merupakan kondisi dimana terjadinya pemutusan aliran darah ke otak yang disebabkan oleh penyumbatan atau pecahnya pembuluh darah. Akibatnya, sebagian besar sel-sel di otak mengalami kematian dan berdampak serius bagi kesehatan.

Stroke juga termasuk penyakit yang membutuhkan penanganan cepat. Ini dikarenakan, pada saat aliran darah terputus, banyak sekali sel-sel otak yang mati dan menyebabkan kelumpuhan untuk beberapa bagian. Nah, penanganan yang cepat sangat diperlukan untuk meminimalisir sel-sel otak yang mati.

Pada dasarnya, stroke merupakan daftar penyakit berbahaya yang harus dicegah. Bagaiamana cara mencegah stroke? Anda bisa mendapatkan informasinya di bawah ini.

Cara Mencegah Stroke dengan Mudah


Walaupun termasuk penyakit berbahaya yang sangat mengerikan, pencegahan stroke ini juga terbilang cukup mudah. Bahkan, dalam mencegah stroke Anda juga tidak perlu mengeluarkan biaya yang besar. Apa saja ya cara mencegah stroke? Yuk simak informasinya.

1. Stop Merokok

Rokok merupakan salah satu barang haram yang faktanya sangat membahayakan tubuh manusia. Namun, kenapa masyarakat Indonesia masih suka merokok? Kebiasaan seperti ini akan memicu terjadinya beberapa penyakit berbahaya termasuk kanker dan stroke.

Rokok mempunyai jutaan zat-zat berbahaya seperti hidrogen sianida, tar, nikotin, metanol, benzene, asetilena, karbon monoksida dan sebagainya. Semua zat-zat yang terkandung dalam rokok merupakan zat berbahaya apalagi masuk ke tubuh dengan jumlah besar.

Dalam sejumlah kasus, rokok menjadi salah satu penyebab terbanyak untuk kasus stroke. Ini dikarenakan asap rokok yang masuk ke dalam tubuh, menyangkut pada pembuluh darah dan menumpuk menjadi plak. Jika tidak segera dihentikan dapat menyumbat pembuluh darah.

2. Rutin Berolahraga

Berolahraga merupakan kegiatan menyehatkan yang cukup efektif bila diandalkan dalam pencegahan suatu penyakit seperti stroke. Riset membuktikan, seseorang yang rutin berolahraga setiap hari, telah menurunkan resiko stroke sebanyak 60%.

Seseorang yang jarang berolahraga, mempunyai detak jantung yang lemah serta memicu penumpukan lemak. Keadaan seperti ini akan memicu penyumbatan pada pembuluh darah dan memicu penyakit stroke.

Baca:

3. Kontrol Emosi

Emosi berlebihan sering kali menimbulkan dampak yang sangat berbahaya. Pada saat emosi, secara otomatis tekanan darah menjadi naik. Keadaan seperti ini menimbulkan beberapa efek seperti penegangan pada syaraf kepala, detak jantung berdebar keras dan nyeri ulu hati.

Emosi berlebihan juga bisa menyebabkan tekanan darah meningkat tajam dan bisa memicu pecahnya pembuluh darah. Sebagai salah satu penyebab stroke, pembuluh darah yang pecah harus dicegah yakni dengan mengontrol emosi.

4. Berhenti Minum Alkohol

Minuman beralkohol mungkin sudah dikenal sebagai minuman yang tidak sehat. Kenyataannya, minuman ini masi digemari dan banyak dikonsumsi. Terlalu sering mengonsumsi minuman beralkohol bisa memicu terjadinya stroke.

Itu dikarenakan pada minuman beralkohol biasanya mengandung gula dan banyak sekali kalori. Terlalu sering meminum alkohol membuat penumpukan kalori pada tubuh, yang jika dibiarkan akan menumpuk menjadi lemak dan menyumbat pembuluh darah.

5. Batasi Mengonsumsi Makanan Digoreng

Perlu Anda ketahui, terlalu sering mengonsumsi makanan yang digoreng ternyata bisa memicu penyakit stroke. Ini disebabkan karena makanan yang digoreng menggunakan minyak sawit mengandung sejumlah lemak jenuh.

Terlalu sering mengonsumsi makanan digoreng memungkinkan penumpukan lemak jenuh pada tubuh dan dapat mengakibatkan obesitas. Badan yang tidak normal bisa memicu penyempitan pada pembuluh darah dan mengganggu aliran darah ke otak.

Baca:

6. Kendalikan Stress

Stres merupakan salah satu masalah yang sangat berdampak bagi kesehatan tubuh manusia. Stres juga bisa menyebabkan seseorang terserang stroke, ini dikarenakan pada saat stres terjadi penegangan syaraf dan gangguan pada otak.

Seseorang yang bekerja dalam sebuah naungan usaha seperti perusahaan menjadi target utama dari penyakit stroke ini. Karena itu, setiap orang hendak mengendalikan stres dengan bijak dan dengan cara yang benar.

7. Rutin Memeriksa Tekanan Darah

Tekanan darah merupakan faktor utama yang bisa menentukan penyakit stroke ini. Tekanan darah yang tinggi cenderung memicu terjadinya pembuluh darah pecah yang bisa menimbulkan stroke seketika.

Lalu apa yang dapat kita lakukan? Sebagai manusia yang sadar kita bisa dengan rutin mengecek tekanan darah sehingga mudah dalam pencegahan stroke. Jika tekanan darah sedang naik, dengan mengetahuinya tentu kita akan melakukan pengendalian lebih awal.

Baca:

Demikianlah informasi Cara Mencegah Stroke, semoga artikel ini bisa menambah wawasan kita dan kita semakin paham akan pencegahan penyakit stroke. Jika informasi ini bermanfaat, kirannya Anda dapat membagikannya sehingga semua bisa mendapat manfaatnya.

Artikel Terkait

7 Cara Mencegah Stroke dengan Mudah
4/ 5
Oleh