Jumat, 11 Agustus 2017

Cara Mencegah Batu Ginjal dengan Mudah

Cara Mencegah Batu Ginjal | Nefrolitiasi atau batu ginjal merupakan kondisi dimana terdapat material keras menyerupai batu pada ginjal. Material keras tersebut berasal dari limbah pencernaan darah yang disaring oleh ginjal yang kemudian mengendap dan akhirnya mengeras.

Cara Mencegah Batu Ginjal

Pada umumnya batu ginjal mungkin lebih sering dialami oleh mereka yang berumur 30-60 tahun. Batu ginjal merupakan penyakit serius yang patut untuk dicegah dan diantisipasi sebelum menyerang tubuh.

Perlu Anda ketahui, batu ginjal juga dapat disebabkan oleh makanan dan beberapa masalah kesehatan lainnya. Batu ginjal juga dibagi menjadi 4 jenis yakni batu struvit, batu kalsium, batu asam urat dan batu sistin.

Karena merupakan sebuah penyakit berbahaya dan sering menyerang masyarakat Indonesia, maka kita patut untuk waspada. Dalam pencegahannya, batu ginjal ini bisa dicegah dengan rutin minum air putih, mengelola makanan dan rutin berolahraga. Daripada semakin penasaran, simak informasinya di bawah ini.

Cara Mencegah Batu Ginjal dengan Mudah


Karena merupakan salah satu penyakit berbahaya, perlu dilakukannya pencegahan sejak dini. Beberapa pencegahan ini ternyata sangat mudah dilakukan dan tidak membutuhkan perhatian khusus. Apa saja ya cara mencegah batu ginjal? Informasi selengkapnya ada di bawah ini.

1. Perbanyak Minum Air Putih

Pada dasarnya air merupakan salah satu komponen terbesar dalam tubuh manusia, tidak heran kekurangan cairan akan berdampak buruk bagi kesehatan tubuh. Kekurangan cairan bisa memicu pembentukan material keras pada ginjal kita.

Cara yang cukup mudah dan efektif yang bisa kita lakukan adalah dengan mencupuki asupan cairan yang dibutuhkan tubuh manusia. Caranya dengan rutin minum air minimal 8 gelas setiap harinya dan jika sudah mempunyai riwayat batu ginjal untuk memperbanyak minum air putih lagi.

2. Jangan Berlebihan Mengkonsumsi Suplemen Vitamin C

Perlu Anda ketahui, suplemen vitamin c sebenarnya adalah bentuk murni vitamin c yang berupa asam askorbat. Masuknya asam askorbat secara berlebihan ke dalam tubuh dapat meningkatkan ekskresi dan oksalat pada urin.

Vitamin c yang berbentuk suplemen juga tidak bisa diserap habis oleh tubuh sehingga menyisahkan material yang akan diproses di ginjal. Material tersebut akan terpecah menjadi oksalat yang berdampak besar dalam pembentukan batu ginjal menjadi 2 kali lipat.

3. Kurangi Makanan yang Mengandung Oksalat

Hampir 78% kasus batu ginjal disebabkan oleh pembentukan kristal oksalat kalsium. Ini terjadi akibat endapan oksalat yang menyatu dengan kalsium sehingga membentuk material keras berbentu batu pada ginjal.

Semakin banyak kadar oksalat pada urin, semakin besar pula kemungkinan untuk terbentuknya batu ginjal. Anda juga tidak dimintai untuk menjauhi makanan yang mengandung oksalat, dikarenakan makanan tersebut juga mengandung nutrisi yang dibutuhkan tubuh manusia.

Adapun beberapa makanan yang mengandung oksalat seperti bayam, kangkung, brokoli, asparagus, selada air, cokelat dan masih banyak lagi.

Baca:

4. Kurangi Garam Berlebih

Tanpa disadari, garam mempunyai dampak besar bagi pembentukan batu ginjal. Itu dikarenakan garam mengandung sodium yang mampu meningkatkan ekskresi kalsium pada urin. Kandungan sodium berlebih mampu memicu pembentukan material keras pada ginjal manusia.

Untuk menghindari hal tersebut, setiap orang hanya dianjurkan untuk mengonsumsi garam sebanyak 2.300 mg saja setiap harinya. Berlebihan kadar garam juga bisa menimbulkan penyakit lainnya seperti hipertensi.

5. Cukupi Asupan Kalsium

Walaupun sebagian besar pembentukan batu ginjal disebabkan oleh kalsium, bukan berarti Anda harus anti-kalsium. Salah satu nutrisi ini tetaplah sangat dibutuhkan tubuh manusia dalam pembentukan tulang, gigi dan lainnya.

Kalsium diperlukan tubuh untuk mengikat oksalat sehingga menyatu dengan tulang, sehingga dilarutkan dalam urin. Setiap orang disarankan untuk mengonsumsi 400-1.200 mg kalsium setiap harinya.

Baca:

6. Kurangi Asupan Protein Hewani

Perlu Anda ketahui, dalam beberapa makanan yang mengandung protein hewani seperti daging merah. Terkandung zat purin, yang berdampak besar pada pembentukan kristal pada ginjal.

Adanya kadar berlebih dari zat purin di dalam tubuh, mampu menyebabkan pembentukan kristal pada beberapa bagian seperti sendi dan ginjal. Untuk itu, setiap orang disarankan untuk mengontrol zat purin yang masuk ke tubuh yakni dengan membatasi beberapa makanan seperti daging merah, ikan teri, bir, kepiting dan minuman alkohol.

Baca:

7. Cukupi Asupan Magnesium

Perlu Anda ketahui, magnesium merupakan salah satu jenis mineral yang berperan aktif untuk mencegah pembentukan kristal pada ginjal. Magnesium juga penting bagi tulang, otot dan menambah energi seseorang.

Mencukupi asupan magnesium merupakan cara bijak untuk mencegah batu ginjal. Adapun beberapa makanan yang banyak mengandung maknesium adalah jamur, alpukat dan kacang-kacangan.

Demikianlah informasi Cara Mencegah Batu Ginjal yang dapat kami sampaikan, semoga dengan adanya informasi ini Anda menjadi lebih peduli lagi terhadap kesehatan. Jika informasi ini bermanfaat, kiranya untuk dibagikan sehingga semua orang bisa mendapatkan manfaatnya.

Artikel Terkait

Cara Mencegah Batu Ginjal dengan Mudah
4/ 5
Oleh