Jumat, 25 Agustus 2017

Cara Menambah Berat Badan Anak Hanya 1 Minggu

Cara Menambah Berat Badan Anak | Meskipun jumlah anak-anak yang mengalami kelebihan berat badan semakin meningkat, tidak sedikit pula anak-anak yang perlu menambah berat badan. Namun, caranya tidak semudah mengonsumsi makanan berlemak.

Cara Menambah Berat Badan Anak

Langkah terbaik dalam menambah berat badan anak adalah dengan melakukan perubahan pola makan dan gaya hidup ke arah yang lebih baik. Selain itu, kombinasikan dengan berbagai motivasi yang bisa meningkatkan nafsu makan anak.

Terkadang sebagai orang tua, Anda juga akan merasa khwatir jika melihat badan anak yang kurus. Berbagai spekulasi mungkin akan terlintas di otak Anda, namun cara yang tepat adalah dengan mengajak anak untuk bersama-sama menambah berat badannya.

Cara Menambah Berat Badan Anak Hanya 1 Minggu


Berat badan yang normal juga lebih mengartikan bahwa tubuh anak yang sedang optimal dan minimnya gangguan kesehatan. Karenanya, banyak orang tua berlomba-lomba untuk menggemukkan anaknya. Lalu, bagaimana cara menambah berat badan anak? Yuk simak informasinya.

1. Berikan Makanan Lebih Sering Kepada Anak

Jika anak Anda memang perlu menambah berat badan demi kesehatannya, cara terbaik adalah dengan rutin memberi makanan kepada anak. Karena, terkadang anak malas untuk mengambil makanan sendiri maka dari itu orang tua harus memberikan makanan sehat sesering mungkin kepada anak.

Pastikan Anda memberikan makanan sehat yang nutrisinya lengkap sehingga asupan gizi yang diperlukan dalam perkembangan anak bisa terpenuhi. Lengkapi porsi makan anak dengan segelas susu, sayur, nasi, buah dan lauk yang bagus.

Baca:

2. Ajak Anak untuk Berolahraga

Olahraga merupakan salah satu kegiatan yang sangat penting bagi anak, dengan berolahraga tumbuh kembang anak semakin cepat berkembang. Rutin berolahraga juga akan menambah berat badan dan merangsang syaraf-syaraf motorik anak.

Ajak anak Anda untuk berolahraga secara teratur, pastikan Anda mengajaknya dengan menunjukkan kegiatan berolahraga itu terlebih dahulu. Selain itu, temani anak saat berolahraga untuk meminimalkan resiko.

3. Temukan Penyebab Nafsu Makan Anak Menurun

Terkadang ada berbagai penyebab yang bisa memicu nafsu makan anak menjadi menurun, oleh sebab itu sebagai orang tua Anda hendak mencari tahu. Dengan mengetahui masalahnya, Anda bisa mengatasinya dengan cepat.

Ada beberapa penyebab yang biasanya membuat nafsu makan anak menjadi menurun, seperti stres akibat pertengkaran orang tuanya, kurangnya perhatian sampai makanan tidak menarik untuk anak.

Baca:

4. Tambah Asupan Kalori

Perlu Anda ketahui, anak berumur 2-3 umumnya membutuhkan 1,000 kkal, dan 3-8 tahun sekitar 1,200-1,400 kkal setiap harinya. Rata-rata setiap orang memerlukan 500 kkal untuk menaikkan 5 ons dari berat badan. Oleh karena itu, Anda bisa menambahkan 500 kkal dalam porsi makanan anak untuk menaikkan sekitar 5 ons dari berat badan.

5. Perbanyak Porsi Makan Anak

Pada umumnya, anak-anak lebih sedikit makan dibandingkan orang dewasa. Sebab kebanyakan anak-anak cenderung lebih suka main dibandingkan makan. Kalau pun makan mungkin anak tidak suka makan dalam porsi besar.

Namun, sebagi orang tua Anda hendak mengubah porsi makan anak ketika terjadi penurunan ataupun penaikan berat badan anak. Untuk meningkatkan nafsu makan anak, suap anak dengan penuh perasaan karena anak lebih suka makan jika disuapin orang tuannya.

Baca:

Demikianlah informasi tentang Cara Menambah Berat Badan Anak, semoga dengan adanya artikel ini para orang tua lebih mengerti pertumbuhan anak dan cara menghadapinya. Beberapa kiat diatas mungkin bisa membantu para orang tua dalam menaikkan berat badan anak.

Artikel Terkait

Cara Menambah Berat Badan Anak Hanya 1 Minggu
4/ 5
Oleh