Jumat, 18 Agustus 2017

Bahaya Sering Makan Gorengan Bagi Kesehatan

Bahaya Sering Makan Gorengan | Gorengan merupakan salah satu cemilan yang hampir tersedia disegala tempat di Indonesia. Gorengan juga terbilang makanan murah meriah, karenanya gorengan sangat diminati masyarakat Indonesia.

Bahaya Sering Makan Gorengan

Gorengan juga makanan yang mempunyai banyak variasi dan memiliki rasa yang cukup nikmat bila dibandingkan dengan harganya. Oleh sebab itulah masyarakat kita sangat mencintai dan bahkan selalu membelinya.

Karena sangat diminati, banyak orang yang bahkan tidak memikirkan resiko terlalu banyak makan gorengan. Padahal tidak semua gorengan tersebut dibuat dengan menggunakan bahan yang berkualitas dan pengolahan yang tepat.

Bahaya sering makan gorengan ternyata bisa memicu timbulnya beberapa penyakit berbahaya seperti kanker, diabetes, gatal-gatal dikerongkongan dan sebagainya. Untuk itu, kita perlu membatasi gorengan yang masuk ke dalam tubuh.

Bahaya Sering Makan Gorengan Bagi Kesehatan


Bahaya sering makan gorengan dilihat dari beberapa aspek yaitu penggunaan minyak yang jarang diganti atau kotor, tempat produksi yang kotor, bungkus gorengan yang tidak steril, bumbu yang tidak berkualitas dan masih banyak lagi. Apa saja ya dampak buruk makan gorengan? Simak informasinya.

1. Meningkatkan Kadar Kolesterol

Minyak yang digunakan dalam pembuatan gorengan seringkali adalah minyak bekas yang sudah dipakai berulang-ulang. Selain itu, tidak semua pembuatan goreng menggunakan minyak bersih.

Minyak yang kotor dan sudah dipakai berulang ini membawa ribuan zat kimiawi yang bila dikonsumsi akan menyebabkan peningkatan kolesterol. Selain itu, minyak juga akan mengendap dan memicu obesitas.

2. Gatal-gatal di Kerongkongan

Penggunaan minyak bekas ternyata membawa dampak buruk pada kerongkongan. Mengkonsumsi gorengan yang menggunakan minyak bekas bisa membuat kerongkongan menjadi gatal-gatal dan memicu timbulnya batuk.

Gatal-gatal di kerongkongan disebabkan oleh senyawa akreolin yang berasal dari pengendapan minyak bekas tadi. Maka dari itu, hendaklah kita membeli gorengan dengan teliti atau membuatnya sendiri.

Baca:

3. Sakit Perut

Gorengan yang tidak bersih pasti menyimpan banyak kuman penyebab penyakit. Mengonsumsi gorengan yang tidak bersih itu juga bisa membuat sakit perut.

Kondisi seperti ini akan semakin parah bila terlalu banyak mengkonsumsi gorengan yang kotor, lantas kita harus teliti sebelum membelinya. Pastikan gorengan tersebut masih segar dan kalau bisa lihat sendiri cara pembuatannya.

4. Mengganggu Kinerja Organ Hati dan Ginjal

Sekarang sudah banyak terungkap bahwa gorengan banyak yang terbuat dari bahan baku yang tidak benar. Tidak jarang beberapa bahan berbahaya yang sebenarnya tidak digunakan untuk makanan dipakai dalam pembuatan goreng.

Sebut saja formalin, boraks, tawas, pewarna tekstil, plastik yang biasanya digunakan untuk membuat goreng menjadi renyah. Bisa dibayangkan jika bahan-bahan tersebut sampai masuk ke dalam tubuh dan menumpuk.

Masuknya bahan-bahan berbahaya itu ke dalam tubuh manusia bisa mengganggu beberapa organ vital seperti ginjal dan hati. Selain itu, berbagai penyakit berbahaya seperti kanker, tumor, diabetes, serangan jantung menjadi resiko yang perlu diwaspadai.

5. Penyumbatan Pembuluh Darah

Penyumbatan pembuluh darah atau bisa disebut Aterosklerosis merupakan penyumbatan aliran darah yang disebabkan oleh plak. Minyak kotor dan gorengan yang tidak higenis pasti membawa kotoran yang bisa menumpuk menjadi plak dan akhirnya menyumbat pembuluh darah.

Penyumbatan pembuluh darah berdampak serius pada kesehatan tubuh, bahkan bisa memicu penyakit berbahaya. Jika penyumbatan terjadi pada arteri yang menuju ke jantung, itu bisa memicu terjadinya jantung koroner. Sedangkan bila penyumbatan terjadi di leher bisa mengakibatkan stroke.

Baca:

6. Pusing

Dalam pembuatan goreng, banyak sekali pedagang yang keliru dalam menggunakan vetsin dan garam. Masuknya garam dan vetsin secara berlebihan bisa mengganggu syaraf-syaraf yang berhubungan dengan otak.

Akibatnya beberapa gejala seperti pusing menjadi pertanda bahwa terlalu banyaknya zat vetsin yang masuk ke dalam tubuh.

7. Mengganggu Perkembangan Anak

Bahaya sering makan gorengan juga berdampak pada perkembangan anak-anak. Ini dikarenakan banyaknya kandungan berbahaya yang ada dalam gorengan bisa merusak sel-sel penting yang sangat dibutuhkan anak-anak.

Selain itu, kandungan boraks, formalin, vetsin dan sebagainya juga bisa mengganggu kinerja otak anak. Hal tersebut mengakibatkan sulitnya anak dalam menangkap pelajaran dan menurunkan kepintaran anak.

Baca:

Demikianlah informasi tentang Bahaya Sering Makan Gorengan, semoga informasi ini bisa membuat kita sadar akan dampak buruk makan gorengan. Bukan berarti Anda harus anti-gorengan, namun kita disaran untuk membatasinya.

Artikel Terkait

Bahaya Sering Makan Gorengan Bagi Kesehatan
4/ 5
Oleh