Minggu, 09 Juli 2017

Cara Mengatasi Keringat Berlebih dengan Mudah

Cara Mengatasi Keringat Berlebih | Kulit merupakan bagian tubuh yang paling luar, tidak heran kulit sering mengalami berbagai masalah. Salah satu masalah kulit yang sering terjadi yakni keringat.

Cara Mengatasi Keringat Berlebih dengan Mudah
Cara Mengatasi Keringat Berlebih

Bagi sebagian besar orang, keringat berlebih tanpa penyebab yang jelas mungkin sangat mengganggu. Bahkan, keluarnya keringat secara berlebihan mungkin akan membuat kita menjadi malu berdekatan dengan orang lain.

Lalu apa yang dapat kita lakukan untuk mengatasi keringat berlebih? Cara alternatif yang biasanya kita lakukan yaitu menggunakan bedak. Mungkin cara ini bisa dibilang efektif, namun tidak cukup efesien untuk jangka waktu lama.

Selain itu, penyebab keringat berlebih juga sangat banyak sehingga perlu untuk diperhatikan. Beberapa diantaranya adalah menggunakan pakaian yang tidak tepat, suhu panas, makan makanan pedas, jarang mandi dan masih banyak lagi.

Walaupun keringat berlebih bukan merupakan masalah yang sangat serius, namun keluarnya keringat secara berlebihan bisa menjadi pertanda bahwa tubuh sedang ada masalah. Bagaimana cara mengatasi keringat berlebih? Informasi selengkapnya ada di bawah ini.

Cara Mengatasi Keringat Berlebih dengan Mudah


Keringat berlebih mungkin sangat mengganggu aktivitas kita, apalagi disaat kerja. Untuk mencegah sekaligus mengatasinya, cara alami lebih direkomendasikan. Selain lebih efesien, cara ini juga bebas resiko berbahaya. Apa saja cara mengatasi keringat berlebih yang bisa saya lakukan? Simak informasinya yuk!

1. Menggunakan Lemon

Lemon merupakan salah satu sumber vitamin c tersebesar dari buah-buahan, di dalamnya terkandung juga asam sitrat yang berguna untuk membunuh bakter penyebab biang keringat. Selain itu, kandungan lemon juga efektif untuk mencerahkan kulit kusam.

Baca:

Dalam pemanfaatannya, lemon digunakan sebagai deodoran alami yang khusus untuk malam hari. Lalu bagaimana cara membuatnya? Caranya di bawah ini.

Caranya:
Siapkan 1 sendok garam dan 2 sendok air lemon. Campurkan kedua bahan ke dalam suatu wadah kecil. Kemudian oleskan pada bagian-bagian yang cenderung mengeluarkan keringat seperti ketiak, leher dan sebagainya.

2. Minum Teh Hijau

Teh merupakan salah satu bahan herbal yang sudah dikenal akan manfaatnya bagi kesehatan maupun kecantikan. Salah satu manfaatnya yakni dapat mengurangi produksi keringat yang berlebihan. Disini teh berfungsi untuk mendetoksifikasi tubuh.

Untuk memanfaatkannya cukup mudah, Anda hanya perlu untuk meminum secangkir teh setiap harinya. Namun, dibutuhkan kedisiplinan dan jangan melewatkan satu hari tanpa minum teh. Teh yang dibuat tidak harus manis, malah lebih baik jika rasanya seperti air putih.

3. Menggunakan Pakaian Berbahan Katun

Katun merupakan salah satu bahan pakaian yang sangat diminati masyarakat Indonesia. Selain dingin, bahan katun juga bersifat menyerap keringat. Karenanya, pakaian berbahan katun lebih direkomendasikan bagi Anda yang punya masalah keringat.

Pakailah pakaian berbahan katun pada saat yang tepat seperti saat cuaca panas, berolaraga ataupun saat makan pedas. Gunakankan kain berbahan katun untuk produk seperti kaus kaki, baju sehari-hari sampai handuk.

4. Ramuan dari Baking Soda

Pada dasarnya, keringat merupakan sarang dari berbagai jenis bakteri. Bisa dibayangkan jika keringat keluar secara berlebihan, tentunya itu akan mengundang bakteri untuk menjangkiti tubuh. Nah, baking soda berfungsi untuk mengurangi produksi keringat.

Caranya cukup gampang, campurkan baking soda, tepung jagung dan air secara merata. Kemudian oleskan pada bagian bagian yang menjadi biang keringat seperti ketiak.

5. Perbanyak Minum Air Putih

Cairan merupakan komponen terbesar tubuh manusia, tidak heran kalau kekurangan cairan akan berdampak buruk bagi kesehatan. Salah satu dampak buruknya adalah dapat memicu terjadinya dehidrasi dan menimbulkan suhu tubuh yang tidak stabil.

Sebagian orang mungkin akan beranggapan kalau minum air putih secara berlebihan akan memicu keringat berlebihan. Kenyataannya 75% anggapan tersebut salah, air putih berfungsi untuk menormalkan suhu tubuh yang panas serta mencegah keluarnya keringat secara berlebihan.

6. Memanfaatkan Tomat

Tomat merupakan sayuran yang mempunyai kandungan gizi yang cukup lengkap, tidak heran tomat mempunyai manfaat yang sangat banyak bagi kesehatan. Tomat cukup efektif untuk mengurangi produksi keringat pada telapak tangan atau kaki.

Dalam pemanfaatannya, tomat bisa dijadikan jus yang harus diminum minimal 1 kali dalam sehari. Jika tidak, Anda juga bisa membelah tomat menjadi 2 bagian kemudian gosokkan pada kulit telapak tangan atau kaki.

7. Memakai Sari Cuka Apel

Ternyata sari cuka apel juga bermanfaat untuk mengatasi pengeluaran keringat berlebih pada ketiak maupun kaki. Berperan sebagai astringent, sari cuka apel cukup efektif untuk mengurangai produksi keringat serta menstabilkan pH tubuh.

Caranya:
  • Ketiak: Ambilah kapas kemudian celupkan ke dalam sari cuka apel. Setelah itu, terapkan ke kulit ketiak secara langsung setiap sebelum tidur.
  • Kaki: Campurkan setengah cangkir sari cuka apel dengan 1 liter air bersih. Rendam dan bilas kaki Anda selama 15 menit setiap harinya.

8. Menggunakan Kentang Segar

Selain sari cuka apel, kentang juga berguna untuk mengontrol produksi minyak pada jaringan kulit. Kentang juga berkhasiat untuk mencerahkan sekaligus memutihkan kulit.

Dalam pemanfaatannya juga cukup mudah, kupas dan iris kentang lalu gosokkan pada area yang banyak mengeluarkan keringat seperti ketiak. Untuk hasil yang lebih maksimal, gunakan jus kentang sebagai masker kulit agar kandungan kentang lebih mudah terserap.

9. Minyak Kelapa

Minyak kelapa bukan hanya bermanfaat untuk rambut, tapi juga berguna untuk membasmi bakteri dan mencegah pengeluaran keringat secara berlebihan. Selain itu, wanginya yang khas dapat membuat Anda selalu segar.

Caranya:
Campurkan setengah gelas minyak kepala dengan 8 buah kapur yang sudah dihancurkan. Aduk hingga membentuk pasta, lalu oleskan pada kulit yang sering berkeringat. Berikan juga pijatan lembut untuk mempercepat penyerapannya. Lakukan cara ini minimal 3 kali dalam seminggu.

Demikianlah artikel dari kami tentang Cara Mengatasi Keringat Berlebih, semoga informasi kali ini bisa membantu Anda. Beberapa informasi diatas merupakan rangkuman dari buku, situs kesehatan resmi dan bahkan pengalaman pribadi sehingga tidak diragukan lagi.

Artikel Terkait

Cara Mengatasi Keringat Berlebih dengan Mudah
4/ 5
Oleh