Selasa, 27 Juni 2017

Manfaat Lemon Bagi Kesehatan dan Kecantikan

Manfaat Lemon Bagi Kesehatan dan Kecantikan | Lemon merupakan salah satu buah yang sangat terkenal akan kandungan vitamin c. Buah yang masih satu keluarga dengan jeruk ini ternyata mempunyai banyak khasiat bagi kesehatan maupun kecantikan.

Manfaat Lemon Bagi Kesehatan dan Kecantikan
Manfaat Lemon Bagi Kesehatan dan Kecantikan

Berbagai manfaat buah lemon membuatnya sangat disukai oleh semua orang. Salah satu manfaat buah ini yakni melancarkan metabolisme ataupun meningkatkan kekebalan tubuh.

Tanpa kita sadari, lemon juga sangat baik untuk mencegah dan mengobati berbagai penyakit kronis seperti kanker ataupun penyakit jantung.

Lemon juga merupakan buah yang mengandung gizi kompleks yaitu sodium, protein, karbohidrat, kalori, kalsium bahkan potasium. Perlu Anda ketahui bahwa buah ini tidak memiliki kolesterol sehingga sangat cocok untuk diet.

Mengonsumsi lemon secara teratur sangat membantu tubuh dalam mengeluarkan racun dan melancarkan pencernaan. Ada banyak sekali manfaat lemon yang harus Anda ketahui, apa saja ya?

Manfaat Lemon Bagi Kesehatan dan Kecantikan


Menurut hasil penelitian USDA terhadap lemon, tercatat bahwa dalam sebuah lemon yang masih segar terkandung 51% vitamin c, thiamin, 17 gram kalori, 0.6 protein dan masih banyak lagi. Mengkonsumsi sebuah lemon saja dapat mencukupi asupan vitamin c dalam satu hari. Berbagai kandungannya tentu mempunyai banyak manfaat. Lalu apa saja manfaat lemon bagi kesehatan dan kecantikan?

1. Meningkatkan Daya Tahan Tubuh

Kandungan bioflavonoid dari lemon sangat efektif untuk meningkatkan daya tahan tubuh manusia. Daya tahan tubuh berfungsi untuk menjaga kita agar terhindar dari berbagai macam penyakit.

Tentunya lemon juga sangat efektif untuk menyembuhkan penyakit dan sangat berguna untuk mengantisipasi penyakit dalam. Kandungan bioflavoniod serta vitamin c ini bisa mencegah Anda dari penyakit flu.

2. Mencegah Penuaan Dini

Lemon kaya akan senyawa-senyawa aktif yang sangat bagus untuk melawan radikal bebas sehingga mencegah penuaan dini. Itu sangat berguna untuk menangkal polutan yang tersebar di udara sehingga kesehatan kulit tetap terjaga.

Dalam buah ini juga terdapat antioksidan yang sangat berguna untuk mencegah pengerutan serta menghalang pertumbuhan bakteri penyebab jerawat.

3. Menangkal Penyakit Sesak Nafas

Di Indonesia, sesak nafas merupakan penyakit populer yang banyak dialami orang. Faktanya, sesak nafas dapat ditangkal dengan buah lemon. Dengan begitu Anda tidak perlu khawatir lagi akan penyakit ini.

Menurut sebuah studi kasus mendapat hasil bahwa mengonsumsi asupan vitamin c sebanyak 1 gram setiap harinya membantu pencegahan sesak nafas. Walau masih tahap awal, penelitian ini membuktikan kalau lemon memang sangat bermanfaat.

4. Menstabilkan pH Tubuh

Tanpa disadari, pH tubuh yang tidak stabil memungkinkan kita untuk terserang penyakit. Kandungan pH asam dan basa sebenarnya harus seimbang. Sebagai contoh, pH yang terlalu asam menimbulkan dampak buruk bagi sistem metabolisme.

Lemon berfungsi untuk menetralisir kandungan asam tersebut dengan membentuk pH basa. Perlu dikatehui ternyata sifat asam lemon ketika masuk ke dalam lambung akan berubah menjadi zat basa. Hal tersebut tentu sangat cocok untuk Anda yang menderita maag.

5. Mencegah dan Menghilangkan Jerawat

Jerawat merupakan masalah kulit yang harus dihindari, bagaimana caranya? yakni dengan menggunakan lemon. Kandungan vitamin c lemon sangat efektif untuk mencegah produksi minyak serta membunuh bakteri penyebab jerawat.

Vitamin c juga lebih mudah untuk diserap kulit sehingga sangat bagus untuk kesehatan kulit. Berbagai kandungan dalam lemon ternyata mampu untuk menjaga kelembapan kulit serta mencerahkan wajah.

6. Mencegah Stroke dan Serangan Jantung

Sebuah studi yang dilakukan oleh AHA (American Heart Association) bahwa seseorang yang mengonsumsi lemon setiap hari resiko terhadap stroke lebih rendah. Ini dikarenakan, lemon efesien untuk melancarkan sirkulasi darah ke otak.

Selain itu, lemon juga bisa melancarkan pembuluh darah dari kotoran dan mencegah terjadinya penimbunan kolesterol. Hal ini tentu berguna untuk mengantisipasi serangan jantung.

7. Mencegah dan Membantu Penyembuhan Kanker

Selain stroke dan serangan jantung, kanker juga termasuk penyakit yang bisa dicegah oleh lemon. Perlu Anda ketahui bahwa kanker disebabkan oleh radikal bebas yang masuk ke dalam tubuh dan mengacaukan sistem imun.

Kekacauan yang ditimbulkan radikal bebas dapat diatasi dengan vitamin c serta antioksidan yang berfungsi untuk menetralisir polutan yang masuk ke tubuh. Selain itu, kedua zat penting tersebut dapat membentuk daya tahan tubuh yang kokoh sehingga tidak mudah diserang penyakit.

8. Melancarkan Buang Air Besar

Lemon juga membantu gerakan peristaltik yang terjadi di perut sehingga dapat melancarkan buang air besar. Selain itu, lemon juga baik untuk mengatasi sakit perut dan berbagai permasalahan pencernaan lainnya.

Rutin minum jus lemon mampu membesarkan usus dan mengeluarkan zat sisa lebih cepat. Jika Anda mengalami masalah susah BAB mungkin buah ini bisa dijadikan referensi pengobatan.

9. Merangsang Perkembangan Otak

Menurut penelitian baru-baru ini, tercatat kalau lemon mempunyai kandungan tangeretin yang baik untuk melindungi sel-sel serta merangsang perkembangan otak. Di dalam otak kita terdapat jutaan sel pembentuk daya ingat, kecerdasan berpikir, spiritual dan sebagainya.

Perkembangan otak juga sangat dibutuhkan oleh anak-anak dalam mendukung proses belajar. Usahakan untuk mengkonsumsi minimal 1 buah lemon setiap harinya.

10. Mempertahankan Rasa Kenyang

Ini merupakan salah satu manfaat lemon yang sangat diminati oleh pelaku diet. Di dalam lemon terkandung zat pektin yang berguna untuk memperlama pencernaan sehingga mempertahankan rasa kenyang.

Minum air perasan lemon setiap hari mampu mengatur pola makan serta efesien untuk membakar lemak. Anda juga bisa memadukan lemon dengan minuman seperti teh untuk menetralisir rasa asam.

11. Melegakan Rongga Pernafasan

Rongga pernafasan manusia memiliki beragam masalah yang disebabkan oleh kuman. Untuk mengatasinya, kita bisa memanfaatkan kandungan vitamin c dari buah lemon.

Kandungan vitamin c buah lemon mampu membersihkan bakteri yang menempel pada rongga pernafasan. Hal tersebut tentu sangat membantu dalam mencegah batuk kering atau batuk berdahak. Kita bisa melegakan rongga pernafasan dengan minum jus atau perasan air lemon.

12. Mengatasi Masalah Mulut

Ada berbagai masalah mulut yang dapat diselesaikan oleh lemon, contohnya sakit gigi dan bau mulut. Kedua masalah tersebut barangkali mengganggu Anda sehingga minder untuk berdekatan dengan orang lain. Lalu bagaimana untuk mengatasinya? solusinya dengan minum atau berkumur dengan air lemon.

Lemon kaya akan vitamin c yang berfungsi untuk membunuh kuman penyebab masalah mulut. Selain itu, buah ini juga besifat anti-peradangan dan anti-inflamasi.

13. Menjaga Kesehatan Hati

Lemon mempunyai asam sitrat yang berguna untuk meningkatkan kinerja organ hati. Selain itu, buah ini juga membantu detoksifikasi pada hati serta merangsang produksi empedu dan melarutkan zat asam.

Minum segelas jus lemon mampu melancarkan pengeluaran racun melalui urine sehingga terbebas dari resiko keracunan.

Demikianlah informasi tentang Manfaat Lemon Bagi Kesehatan dan Kecantikan, semoga artikel ini bisa bermanfaat dan menambah wawasan Anda. Banyakkan khasiat buah lemon? semoga dengan informasi ini Anda semakin giat untuk mengonsumsinya.

Artikel Terkait

Manfaat Lemon Bagi Kesehatan dan Kecantikan
4/ 5
Oleh