Jumat, 02 Juni 2017

11 Cara Menyembuhkan Sakit Gigi dengan Cepat

Kategori

Cara Menyembuhkan Sakit Gigi - Pada dasarnya, sakit gigi bisa disebabkan oleh 2 aspek utama yakni gigi berlubang dan peradangan. Selain itu, di dalam gigi terdapat pulpa yang terdiri atas pembuluh darah, syaraf-syaraf sensitif dan jaringan sel. Ketika pulpa tersebut mengalami peradangan, disitulah sakit gigi biasanya datang.


Sakit gigi juga memicu terjadinya nyeri pada rahang yang biasanya meliputi rahang atas dan bawah. Bagian rahang yang dekat dengan gigi graham dapat terasa sakit bila dipegang. Selain itu, gusi juga membengkak dan diringi nyeri hebat.

Penderita sakit gigi juga pasti mengalami gejala seperti pusing, bengka di sekitar gigi yang terinfeksi, bau busuk yang keluar dari mulut dan demam. Gejala seperti itu bisa menjadi pertanda bahwa Anda mengalami sakit gigi. Lalu bagaimana cara mengobati sakit gigi? Tenang, Anda mesti mengetahui penyebab sakit gigi terlebih dahulu.

Penyebab Sakit Gigi


Perlu Anda ketahui, sakit gigi merupakan kondisi dimana gigi mengalami nyeri yang bervariasi. Rasa nyeri bisa tidak terlalu sakit dan sangat sakit. Selain itu, sakit gigi juga dapat berlangsung seharian penuh atau sesaat hilang dan timbul lagi. Lalu apa sajakah yang bisa memicu sakit gigi? Simak informasinya di bawah ini.

1. Gigi Busuk

Pembusukan pada gigi menjadi penyebab utama timbulnya sakit gigi. Pembusukan tersebut memicu terjadinya gigi berlubang sehingga lapisan luar gigi mudah terinfeksi bakteri. Keadaan seperti itu mengakibatkan gejala lain seperti peradangan pada gusi dan rahang.

2. Tambalan Gigi yang Rusak

Tidak jarang tambalan gigi yang sudah lama memicu terjadinya sakit gigi. Hal ini dikarenakan tambalan gigi sudah tidak berfungsi lagi sehingga gigi tampak berlubang lagi. Keadaan seperti itu dapat menimbulkan peradangan pada sekitar gigi yang terinfeksi.

3. Pembengkakan Gusi

Pembengkakan gusi juga perlu Anda perhatikan, tidak jarang pembengkakan tersebut memicu berbagai masalah mulut seperti sakit gigi dan bau mulut. Pembengkakan gusi bisa terjadi ketika gusi tumbuh. Pembengkakan tersebut terjadi pada saat tumbuh gigi, gusi cenderung membesar dan terjepit oleh gigi yang mulai tumbuh.

4. Penumpukan Nanah pada Dasar Gigi

Penumpukan nanah tersebut diakibatkan infeksi bakteri ( abses periapikal ). Kondisi tersebut biasanya terasa sakit jika sedang mengunyah makanan atau ditekan dengan jari.

5. Jarang Membersihkan Gigi

Membersihkan gigi mempunyai banyak manfaat, salah satunya untuk mencegah terjadinya masalah mulut. Namun, bagi mereka yang jarang membersihkan gigi cenderung mengalami beberapa masalah seperti gusi bengkak, bau mulut dan sakit gigi. Keadaan tersebut akan semakin parah jika tidak segera dirubah.

Baca Juga: #9 Cara Menghilangkan Bau Mulut Secara Alami Tanpa Resiko

Cara Menyembuhkan Sakit Gigi dengan Cepat


Sakit gigi dipicu oleh banyak hal seperti yang ada di atas. Selain itu, sakit gigi memerlukan tindakan khusus dalam penanganannya. Bagaimana cara menyembuhkan sakit gigi? Cukup mudah dan bisa Anda lakukan dirumah. Selain itu, Anda mesti mengeluarkan sedikit biaya yang diperlukan untuk membeli obat atau perlatan. Daripada semakin penasaran, yuk kita simak artikelnya di bawah ini.

1. Rutin Menggosok Gigi

Cara menyembuhkan sakit gigi yang pertama bisa menggosok gigi secara teratur. Dengan menggosok gigi secara teratur, gigi menjadi bersih dan terbebas dari kuman atau sisa makanan yang menjadi penyebab sakit gigi. Selain itu, kesehatan mulut semakin meningkat sehingga resiko masalah mulut bisa diperkecil.

Jika selama ini Anda jarang menggosok gigi, jangan heran kalau Anda terkena masalah mulut. Maka dari itu, ubahlah kebiasaan itu dengan membiasakan gosok gigi. Saran saya, gosoklah gigi minimal 2 kali dalam sehari.

2. Berkumur Menggunakan Air Hangat

Tanpa Anda sadari, air hangat mempunyai banyak manfaat bagi kesehatan ataupun kecantikan. Salah satunya bisa menghilangkan sakit gigi.

Air hangat bisa membersihkan sisa makanan lebih baik daripada air dingin. Selain itu, air hangat juga ampuh untuk membunuh kuman penyebab masalah mulut.

Maka dari itu, setelah selesai makan ada baiknya untuk berkumur menggunakan air hangat saja. Hindari juga minum air yang terlalu panas atau dingin.

3. Menggunakan Air Garam

Jika Anda ingin cara yang lebih efektif, mungkin Anda juga bisa mencampurkan air hangat dengan garam. Campuran tersebut mampu mencegah terjadinya infeksi mulut dan bisa membunuh kuman lebih cepat.

Cara Menyembuhkan Sakit Gigi dengan Air Garam
Campurkan Air Hangat dengan Garam Secukupnya

Untuk melakukannya, rebus dulu air hangat sekitar 1 gelas. Kemudian tambahkan garam secukupnya. Berkumurlah sampai Anda rasa mulut sudah bersih dan jangan sampai menelannya. Lakukan cara ini minimal 2 kali dalam sehari sampai sakit gigi mulai hilang.

4. Memakai Benang Gigi

Ada kalanya menggosok gigi tidak efektif lagi dilakukan. Mengapa? mungkin saja cara menggosok gigi Anda tidak benar sehingga sisa makanan tidak hilang semuanya.

Maka dari itu, solusinya ialah menggunakan benang gigi. Bersihkan sela-sela gigi secara perlahan dan jangan sampai melukai gusi. Lakukan flossing ini sampai Anda rasa gigi sudah bersih. Setelah itu, berkumur menggunakan air hangat untuk memaksimalkannya.

5. Kompres Menggunakan Es

Es merupakan salah satu bahan yang mempunyai banyak manfaat bagi tubuh manusia. Namun, masih banyak yang belum mengetahuinya.

Cara Menyembuhkan Sakit Gigi dengan Es
Kompres Bagian Gigi yang Sakit

Es bersifat dapat membuat mati rasa pada bagian tubuh yang terkenanya. Karenanya, es bisa menghilangkan rasa sakit gigi.

Jika ingin melakukannya, siapkan dulu es secukupnya dan kain pembungkus. Masukkan es ke dalam kain tersebut, dan kompres pipi yang dekat dengan gigi yang sakit. Kompreslah selama 7-10 menit saja.

6. Memanfaatkan Teh Celup

Cara menyembuhkan sakit gigi yang selanjutnya dapat menggunakan teh celup bekas. Kok bisa? Sebab kandungan tanin pada teh mampu mengatasi peradangan dan meminimalkan rasa sakit.

Pada cara ini, Anda bisa menggunakan teh celup bekas saja. Namun, jangan memakai teh yang terlalu panas karena dapat merusak gusi.

Tempelkan teh celup bekas tersebut ke gigi yang sakit. Biarkan selama 10 menit dan buang. Terlalu sering menggunakan cara ini bisa merusak gigi lainnya, karena itu jangan terlalu sering. Maksimal 1 kali dalam sehari saja.

7. Tempelkan Beberapa Sayuran Ini

Banyak yang tidak tahu, tapi memang ada beberapa sayuran yang ampuh untuk mengurangi rasa sakit dan infeksi pada gigi.

Beberapa diantaranya juga sangat mudah untuk didapatkan, dan pasti ada di dapur Anda. Adapun beberapa sayuran tersebut antara lain bawang bombai, mentimun dan kentang.

Untuk menggunakan cara ini, untuk setiap sayuran mesti dipotong kecil. Jika Anda hanya ingin menggunakan satu jenis sayuran saja, misalnya mentimun. Tempelkan sepotong mentimun dingin pada gigi yang mengalami sakit selama 8 menit saja. Caranya sama untuk dua jenis sayuran lainnya.

8. Menyembuhkan dengan Daun Mint

Daun mint memang terkenal baik untuk mengatasi segala permasalahan mulut. Tidak hanya bisa menghilangkan bau mulut, daun mint juga baik untuk menyembuhkan sakit gigi.

Kunyahlah daun mint segar secara perlahan dan usahakan sampai halus. Jika Anda tidak sanggup untuk mengunyahnya, haluskan terlebih dahulu daun mint tersebut kemudian tempelkan pada gigi yang terasa sakit. Biarkan selama 5 menit dan lakukan 2 kali dalam sehari.

9. Menggunakan Daun Jambu Biji

Daun jambu biji bukan hanya bagus untuk menghilangkan jerawat tapi juga ampuh untuk mengurangi sakit gigi. Ini dikarenakan daun jambu biji memiliki sifat anti-bakteri yang bisa digunakan untuk mencegah bakteri penyebab infeksi gigi.

Cara Menyembuhkan Sakit Gigi dengan Daun Jambu Biji
Tumbuk Daun Jambu Biji Hingga Halus

Untuk melakukannya cukup mudah, siapkan dulu sekitar 4 lembar daun jambu biji. Kemudian tumbuk sampai halus dan tempelkan pada gigi yang sakit. Diamkan selama 20 menit dan berkumurlah menggunakan air hangat untuk membersihkannya.

10. Rebusan Air Serai

Serai lebih dikenal dalam dunia masakan dan sangat digemari oleh ibu rumah tangga. Serai memiliki aroma khas yang bisa membangkitkan selera makan.

Bukan hanya itu saja, serai juga berkhasiat untuk menyembuhkan sakit gigi. Ini dikarenakan serai memiliki sifat anti-peradangan.

Pertama, siapkan dulu 1 batang serai dan air secukupnya. Setelah itu, rebus serai yang telah dicuci dengan air tadi. Anda bisa berkumur selama 10 menit dengan air rebusan tersebut dan lakukan maksimal 1 kali dalam sehari.

11. Air Perasan Jeruk Nipis dan Garam

Cara menyembuhkan sakit gigi yang terakhir yakni menggunakan campuran air jeruk nipis dan garam. Jeruk nipis masih dikenal untuk sebuah masakan rumahan. Tanpa disadari, jeruk nipis cukup efektif untuk mengatasi infeksi akibat bakteri.

Rasa asam yang sangat khasnya membuat jeruk ini jarang dikonsumsi secara langsung. Rasa asam tersebut juga menjadi tanda bahwa banyak terdapat kandungan vitamin c. Kandungan vitamin c tersebut bisa membunuh bakteri penyebab masalah mulut seperti sakit gigi.

Siapkan sekitar 1 buah jeruk nipis, lalu belah menjadi 2 bagian. Kemudian peras dan masukkan air perasannya ke dalam sebuah wadah kecil. Campurkan sedikit garam serta aduk dan oleskan pada gigi dan gusi yang mengalami infeksi.

Demikianlah informasi tentang cara menyembuhkan sakit gigi yang bisa saya berikan. Beberapa cara diatas bisa Anda jadikan referensi jika terserang sakit gigi. Saran saya, lakukan cara tersebut sesuai anjuran dan jangan terlalu berlebihan. Selamat mencoba ya.

Manusia biasa yang ingin berbagi informasi melalui media blog. Mari berkenalan, silahkan kontak akun sosial media kami. Terimakasih.