Minggu, 11 Juni 2017

Cara Menyembuhkan Batuk Kering dengan Cepat

Kategori

Cara Menyembuhkan Batuk Kering | Secara teknis, batuk dikelompokan menjadi 2 bagian yakni batuk berdahak dan batuk kering. Pada artikel sebelumnya, saya sudah menjelaskan tentang batuk berdahak serta memberikan cara penyembuhannya. Namun, sekarang saya akan membagikan informasi seputar penyebab, gejala dan cara mengobati batuk kering saja.

Cara Menyembuhkan Batuk Kering dengan Cepat

Batuk kering merupakan salah satu jenis batuk yang cukup fenomenal dan sering menyerang manusia. Bagi sebagian orang, batuk kering ini sering diabaikan. Padahal, batuk jenis ini bisa menjadi tanda bahwa tubuh sedang mengalami masalah serius terhadap beberapa penyakit seperti bronkitis kronis dan beberapa penyakit paru-paru lainnya.

Penderita batuk kering pada umumnya mengalami gejala yang hampir sama dengan batuk berdahak. Namun, batuk kering ini tidak mengeluarkan dahak layaknya batuk berdahak. Karena itulah, batuk jenis ini cukup sulit untuk disembuhkan dan memerlukan waktu yang lebih lama. Tapi, kesembuhan bisa saja menjadi sangat cepat dan tergantung usaha yang dilakukan.

Batuk kering juga memiliki banyak penyebab seperti alergi, menghirup debu atau tungau, dipicu oleh penyakit lain dan masih banyak lagi. Selain itu, batuk kering juga lebih gatal dan sakit ketika batuknya. Seperti namanya, penderita batuk kering mengalami kekeringan pada rongga tenggorokannya. Karenanya, penderita disarankan untuk memperbanyak minum air putih.

Penyebab Batuk Kering


Seperti yang sudah saya katakan tadi, batuk kering bisa saja disebabkan oleh banyak hal yang bahkan tanpa kita sadari. Beberapa diantaranya justru diakibatkan oleh penyakit lain seperti paru-paru, TBC, ataupun pilek. Daripada semakin penasaran, yuk simak informasinyanya di bawah ini.

  1. Menghirup udara kotor
    Udara merupakan sesuatu yang kita hirup sehingga manusia dapat hidup dan bernapas. Namun, zaman sekarang udara sudah tercemar dan tidak sehat bagi tubuh manusia. Udara yang kotor tersebut dapat menimbulkan berbagai mancam penyakit bagi tubuh salah satunya adalah batuk kering.
  2. Alergi
    Seseorang yang memiliki alergi lebih rentan untuk terkena batuk kering maupun berdahak. Sebagai contoh, jika Anda alergi terhadap suhu dingin tubuh akan merespon dengan produksi hormon dalam jumlah besar. Keadaan seperti inilah yang membuat kondisi tubuh tidak stabil dan mudah untuk terjangkiti suatu penyakit.
  3. Dipicu oleh penyakit lain
    Tanpa kita sadari, ada banyak sekali jenis penyakit yang bisa memicu batuk. Beberapa diantaranya justru penyakit berbahaya seperti bronkitis kronis, asma atau bahkan tuberkolosis. Selain itu, batuk juga bisa menjadi pertanda bahwa tubuh sedang mengalami masalah serius terhadap suatu penyakit akut.
  4. Merokok
    Seperti yang sudah kita ketahui, merokok memiliki banyak sekali dampak buruk bagi kesehatan manusia. Bukan hanya dapat merusak sel-sel, rokok juga dapat membuat tenggorokan menjadi kering sehingga memicu terjadinya batuk kering. Karena itu, kita perlu menjauhi rokok dan asapnya.
  5. Infeksi saluran pernapasan
    Penyebab utama batuk adalah infeksi yang terjadi pada saluran penapasan. Infeksi tersebut bisa disebabkan oleh virus, bakteri maupun debu. Saluran pernapasan yang terinfeksi biasanya mengalami berbagai permasalahan yang memicu terjadinya batuk.

Baca Juga: Cara Menyembuhkan Batuk Berdahak dengan Cepat

Cara Menyembuhkan Batuk Kering dengan Cepat


Jika Anda sudah mengetahui beberapa penyebab yang bisa mengakibatkan batuk kering. Maka Anda juga harus tahu cara menyembuhkan batuk kering tersebut. Anda bisa melakukan 2 cara yakni menggunakan obat dan menggunakan cara alami. Cara alami lebih efektif dan tidak mempunyai resiko berbahaya. Karena itulah, penggunaan cara alami lebih diminati. Daripada semakin penasaran, informasi selengkapnya ada di bawah ini.

1. Perbanyak Minum Air Putih

Cara menyembuhkan batuk kering yang pertama adalah dengan rutin minum air putih. Air adalah salah satu komponen terbesar tubuh manusia, bahkan cairan mengisi 70% bagian tubuh. Bisa dibayangkan jika tubuh sampai kekurangai cairan, tentu akan menimbulkan berbagai permasalahan dan menurunkan kinerjanya.

Kekurangan cairan juga bisa menurunkan kekebalan tubuh sehingga memudahkan penyakit untuk menjangkiti kita. Salah satu penyakit yang paling sering menyerang ada flu yang disertai batuk. Untuk itu, perbanyaknya minum air putih sebelum ataupun sesudah terkena batuk kering. Saran saya, minumlah 8-10 gelas air putih setiap harinya.

2. Berkumur dengan Air Garam

Air garam merupakan salah satu jenis obatan yang kini sudah sangat terkenal. Ramuan alami tersebut sangat ampuh untuk mengatasi berbagai permasalahan mulut seperti sakit gigi ataupun batuk. Air garam bersifat anti-bakteri dan anti-peradangan yang bisa membantuk permasalahan ditenggorokan.

Pada dasarnya, air garam merupakan campuran antara air hangat dan garam. Campuran ke 2 bahan tersebut memang sangat berkhasiat untuk membasmi kuman dan menyembuhkan infeksi pada tenggorokan. Karenanya, air garam bisa dijadikan referensi ketika sedang batuk kering.

Dalam pemanfaatannya, Anda bisa mencampurkan segelas air hangat dan 1 sdm garam. Kemudian aduk hingga merata dan berkumurlah menggunakan ramuan tersebut. Buang airnya ketika mulut sudah dirasa bersih dan jangan sampai menelannya.

3. Minum Teh Hangat

Teh merupakan salah satu minuman yang paling populer di Indonesia. Minuman tersebut mempunyai banyak sekali manfaat bagi kesehatan maupun kecantikan. Salah satunya bisa melancarkan tenggorokan.

Namun, terlalu banyak meminum teh juga tidak baik untuk kesehatan. Karena pada minuman tersebut, digunakan banyak gula yang bisa mengganggu peredaran darah. Usahakan meminum teh ketika masih hangat dan maksimal 2 kali dalam sehari.

4. Menggunakan Jeruk Nipis dan Kecap

Jeruk nipis dan kecap merupakan ramuan herbal yang digunakan sejak zaman nenek moyang kita untuk menyembuhkan batuk. Jeruk nipis kaya akan vitamin c yang sangat baik untuk membunuh kuman penyebab batuk. Sedangkan kecap bertujuan untuk menetralisir rasa asam dari jeruk nipis.

Cara Menyembuhkan Batuk Kering dengan Jeruk Nipis

Untuk menggunakan ramuan ini, siapkan dulu 1 buah jeruk nipis dan kecap secukupnya. Belah jeruk nipis dan masukkan perasan airnya ke dalam gelas kecil. Setelah itu, tambahkan kecap dan minumlah selagi masih segar.

5. Kayu Manis dan Garam

Cara menyembuhkan batuk kering yang selanjutnya yaitu dengan kayu manis, gula dan garam. Kayu manis merupakan salah satu bahan masakan yang kaya akan manfaatnya. Kayu manis rasanya pedas dan hangat sehingga dapat digunakan untuk melegakan tenggorokan yang kering. Selain itu, kayu manis juga mudah untuk didapatkan diwarung.

Dalam penggunaannya, kayu manis juga memerlukan bahan lain yaitu gula dan garam. Caranya, rebus kayu manis dengan segelas air lalu tambahkan gula dan garam secukupnya. Kemudian minum ramuan herbal tersebut minimal 1 kali dalam sehari.

6. Ramuan Jahe

Selain kayu manis, jahe juga bersifat hangat yang bisa melancarkan tenggorokan. Jahe memiliki sifat anti-inflamasi dan peradangan yang bisa mengatasi permasalahan di tenggorokan. Selain itu, jahe juga dapat menghilangkan rasa gatal serta melembabkan tenggorokan.

Siapkan 1 batang jahe dan kupas serta tumbuk. Peras jahe tersebut dan masukkan jahe tersebut ke dalam minuman teh. Aduk hingga merata dan minum selagi masih hangat. Anda bisa meminum ramuan ini sekitar 2 kali dalam sehari.

7. Kunyit

Tahukah Anda kalau kunyit juga bisa digunakan untuk menyembuhkan berbagai jenis batuk seperti batuk derdahak dan batuk kering. Kok bisa? Itu dikarenakan kunyit bersifat antibiotik serta ampuh untuk membasmi kuman di tenggorokan. Kunyit juga termasuk bahan masakan yang mudah untuk dijumpai.

Untuk menggunakan ramuan ini, Anda memerlukan 1 batang kunyit yang sudah ditumbuk halus sehingga menjadi bubuk. Anda juga bisa memberli bubuk kunyit di pasar terdekat. Campurkan 1sdm bubuk kunyit dan 1 sdm madu, kemudian seduh menggunakan air hangat. Minumlah ramuan tersebut selagi hangat.

8. Daun Kemangi

Jika Anda menanam tanaman kemangi, maka Anda bisa memanfaatkan daunnya untuk menyembuhkan batuk kering. Masa sih? Daun kemangi mampu melegakan tenggorokan dan memberikan kelembapan. Selain itu, daun kemangi juga ampuh untuk membunuh kuman yang bersarang di saluran penapasan manusia.

Cara Menyembuhkan Batuk Kering dengan Daun Kemangi

Bagi Anda yang ingin mencobanya, siapkan dulu sekitar 7 lembar daun kemangi yang sudah dicuci dan 2 gelas air. Kemudian rebus semua daun kemangi tersebut dengan menggunakan air tadi. Minumlah ramuan itu minimal 1 kali dalam sehari sampai batuk sembuh.

9. Istirahat

Cara menyembuhkan batuk kering yang terakhir yakni dengan beristirahat. Pada dasarnya, dokter pasti menyarankan kita untuk terus beristirahat ketika sedang sakit. Ternyata itu perlu dilakukan supaya daya tahan tubuh lebih mudah untuk mencegah penyakit. Namun, jika terlalu lama beristirahat juga bisa mengganggu sistem metabolisme tubuh.

Bagi Anda yang suka tidur larut malam, usahakan untuk merubah kebiasaan tersebut. Berikan waktu tidur yang cukup bagi tubuh Anda, dengan begitu kesehatan tubuh tetap stabil. Dokter menyarankan untuk tidur minimal 7-8 jam setiap harinya.

Demikianlah artikel dari kami tentang Cara Menyembuhkan Batuk Kering, semoga artikel ini bisa membantu Anda untuk mengobati batuk kering tersebut. Jika Anda mempunyai pertanyaan yang ingin ditanyakan dapat mengkontak akun sosial media kami.

Manusia biasa yang ingin berbagi informasi melalui media blog. Mari berkenalan, silahkan kontak akun sosial media kami. Terimakasih.