Sabtu, 10 Juni 2017

Cara Menyembuhkan Batuk Berdahak dengan Cepat

Cara Menyembuhkan Batuk Berdahak | Batuk berdahak merupakan salah satu jenis batuk yang paling sering dialami manusia. Itu terjadi akibat paru-paru mengalami infeksi sehingga memicu produksi dahak dalam jumlah besar.

Cara Menyembuhkan Batuk Berdahak dengan Cepat

Batuk merupakan hal biasa yang dilakukan tubuh untuk mengeluarkan dahak yang tersimpan pada tenggorokan. Walaupun pada dasarnya batuk dibedakan menjadi 2 yakni batuk berdahak dan kering, namun saya akan memberikan solusi seputar batuk berdahak saja.

Tahukah Anda, batuk berdahak juga bisa disebabkan oleh beberapa penyakit lain seperti pilek, pneumonia ataupun sinusitis. Bahkan, batuk berdahak merupakan gejala umum ketika sedang mengalami bronkitis kronis, gagal jantung dan asma.

Lalu bagaimana menyembuhkannya? Untuk penanganannya penyakit yang satu ini bisa diobati dengan menggunakan cara alami. Walaupun Anda juga bisa menggunakan obatan saja, namun cara alami lebih efektif dan tidak memiliki efek samping yang membahayakan tubuh.

Penyebab Batuk Berdahak


Seperti yang sudah saya katakan tadi, batuk berdahak dapat disebabkan oleh banyak hal yang bahkan tanpa disadari sering dilakukan. Apa saja ya? Anda bisa mendapatkan informasinya di bawah ini.
  1. Alergi
    Tanpa Anda sadari, tubuh yang memiliki alergi terhadap cuaca juga bisa memicu timbulnya batuk berdahak. Sebagai contoh, alergi dingin bisa memicu flu dan batuk yang pada umumnya terjadi secara bersamaan.
  2. Dipicu oleh penyakit lain
    Batuk berdahak juga bisa datang karena undangan dari penyakit lain seperti pilek, sinusitis ataupun asma. Jadi jangan heran jika mengalami batuk ketika mengalami penyakit tersebut ya.
  3. Merokok
    Bagi Anda yang suka merokok, mungkin batuk menjadi hal biasa yang pasti dialami. Jika Anda tidak ingin batuk, jangan merokok dan lakukanlah pola hidup sehat.
  4. Infeksi Paru-paru
    Ketika paru-paru mengalami infeksi, pada dasarnya organ tersebut akan memproduksi diluar batas normal. Karena hal tersebut, terjadi penumpukan dahak pada tenggorokan sehingga memicu terjadinya batuk berdahak.
  5. Virus
    Virus biasanya menginfeksi saluran pernafasan sehingga memicu flu. Seperti yang sudah kita ketahui bahwa flu juga memicu terjadinya batuk. Maka dari itu jangan remehkan virus penyebab flu.

Baca Juga: 11 Cara Menyembuhkan Sakit Gigi dengan Cepat

Cara Menyembuhkan Batuk Berdahak dengan Cepat


Jika tadi Anda sudah mengetahui beberapa penyebab batuk berdahak, maka Anda juga mesti mengetahui cara menyembuhkan batuk berdahak. Namun, saya akan memberikan informasi pengobatan secara alami. Walaupun alami, beberapa cara yang saya berikan tersebut cukup ampuh untuk mengatasi batuk berdahak. Daripada semakin penasaran, yuk simak informasinya di bawah ini.

1. Minum Air Hangat

Cara menyembuhkan batuk berdahak yang pertama yakni dengan air hangat. Tanpa kita sadari, air hangat memiliki banyak manfaat bagi kesehatan tubuh. Salah satunya bisa digunakan untuk menyembuhkan batuk berdahak. Kok bisa? Itu dikarenakan air hangat bisa memecahkan dahak serta dapat membunuh kuman penyebab infeksi.

Anda bisa meminum air hangat secara rutin minimal 4 gelas setiap harinya. Dengan takaran 2 gelas dipagi hari dan 2 gelas air hangat lagi dimalam hari. Minum air hangat secara teratur juga bisa membantu sistem metabolisme sehingga pencernaan semakin lancar.

2. Memanfaatkan Teh Jahe

Teh merupakan salah satu minuman yang paling digemari di Indonesia. Bahkan, teh juga sering diminum sampai 3 kali dalam sehari. Padaha minuman teh membutuhkan banyak gula yang jika diminum dalam jumlah besar dapat meningkatkan gula darah.

Saat ini, sudah banyak olahan teh yang kini cukup banyak peminatnya. Salah satunya adalah teh jahe, variasi teh ini sangat bermanfaat untuk menghangatkan dan menyembuhkan flu ataupun batuk. Jahe dapat memecahkan dahak dan teh hangat bisa melancarkan metabolisme tubuh sehingga proses penyembuhannya lebih cepat.

3. Belimbing Wuluh

Buah satu ini sangat terkenal akan manfaatnya bagi kesehatan tubuh manusia. Belimbing wuluh mempunyai kandungan vitamin c yang cukup tinggi. Karena itulah, belimbing wulu bisa digunakan untuk mengatasi kuman penyebab batuk berdahak. Pada penggunaannya, bagian bunga belimbing wuluh saja yang dipakai.

Cara Menyembuhkan Batuk Berdahak dengan Belimbing Wuluh

Siapkan dulu bahannya yaitu segenggam bunga belimbing wuluh, butir adas, gula dan air hangat. Cuci bersih bunga belimbing wuluh tersebut serta campurkan dengan adas dan gula. Lalu rebus bersamaan dengan segelas air sampair warnanya berubah. Minumlah ramuan itu minimal 1 kali dalam sehari sampai batuk mulai sembuh.

4. Jeruk Nipis

Cara menyembuhkan batuk berdahak yang selanjutnya bisa dengan jeruk nipis. Sepertinya jeruk nipis sangat ampuh untuk menyembuhkan beberapa masalah kesehatan mulut. Selain ampuh untuk mengatasi sariawan, jeruk nipis juga bagus untuk menyembuhkan batuk berdahak. Jeruk nipis mempunyai kandungan vitamin c yang sangat tinggi sehingga sangat cocok untuk memecahkan dahak pada tenggorokan.

Dalam pemanfaatannya, Anda perlu menyediakan 1 buah jeruk nipis, madu dan air hangat. Peras air jeruk nipisnya dan tambahkan sekitar 2 sdm madu dan tambahkan air hangat secukupnya. Minum ramuan herbal ini minimal 1 kali dalam sehari setiap pagi hari.

5. Kunyit

Pada umumnya kunyit lebih dikenal sebagai salah satu bahan masakan. Namun, sekarang sudah banyak yang kagum akan manfaatnya. Salah satunya untuk menyembuhkan batuk berdahak ini. Masa iya? Kunyit bersifat anti-bakteri dan anti-peradangan yang bisa mengatasi infeksi pada tenggorokan.

Cara membuat ramuannya cukup mudah, Anda juga bisa mencampurkannya ke dalam minuman lainnya seperti susu ataupun teh. Tumbuk kunyit yang sudah dikupas sampai halus dan masukkan ke dalam minuman tersebut. Tambahkan sedikit madu untuk menetralisir rasa minuman.

6. Berkumur Menggunakan Air Garam

Jika air hangat kurang efektif, maka Anda bisa menggunakan air garam. Pada dasarnya, air garam merupakan campuran antara air hangat dan garam secukupnya. Campuran ke dua bahan tersebut mempunyai banyak khasiat seperti mengatasi infeksi, mencegah peradangan dan mengurangi rasa sakit.

Air garam juga bisa mencairkan dahak yang menumpuk dan membunuh bakteri pada mulut Anda. Campurkan segelas air hangat dengan 1 sdm garam beryodium. Aduk hingga tercampur rata, dan berkumurlah menggunakannya. Lakukan minimal 1 kali dalam sehari saat sebelum tidur.

7. Mengkonsumsi Sup Hangat

Jika Anda ingin memasak sup, mungkin itu adalah pilihan tepat ketika mengalami batuk berdahak. Karena rasa hangat dari sup bisa mengencerkan dahak dan menjaga suhu tubuh agar tetap stabil. Selain itu, mengkonsumsi sup secara rutin setiap minggunya dapat melancarkan tenggorokan dan mencegah batuk. Maka dari itu, usahakan mengkonsumsi sup hangat minimal 2 kali dalam seminggu.

8. Lemon dan Merica

Masih keluarga jeruk, lemon memiliki banyak kandungan vitamin c yang dibutuhkan untuk melarutkan dahak. Selain itu, tingginya kandungan vitamin c juga bisa digunakan untuk membunuh kuman penyebab masalah mulut.

Untuk memaksimalkannya, Anda bisa menambahkan dengan merica bubuk. Caranya belah sebuah lemon dan taburi dagingnya dengan merica tersebut. Isap daging lemon yang sudah ditaburi merica tersebut minimal 1 kali dalam sehari. Namun, mengkonsumsi lemon dan merica tidak direkomendasikan bagi Anda yang mengalami masalah lambung.

9. Ramuan Kencur

Cara menyembuhkan batuk berdahak yang terakhir yakni dengan kencur. Saat ini kencur sudah banyak diolah, salahnya satunya menjadi produk minuman jamu. Kencur memiliki rasa pedas dan hangat yang dipercaya sangat ampuh untuk memecahkan dahak dan melancarkan tenggorokan. Karena itulah kencur juga bisa dijadikan referensi ketika sedang batuk berdahak.

Cara Menyembuhkan Batuk Berdahak dengan Kencur

Dalam pemanfaatannya, siapkan dulu 10 gram daun belimbing, 5 gram daun temugiring dan kencur. Kupas dan parut kencur tersebut, lalu peras dan masukkan ke dalam panci. Masukkan pula daun belimbing dan temugiring ke dalam panci serta 1 gelas air. Rebus semua bahan dan minum minimal 2 kali dalam sehari diwaktu pagi dan sore hari.

Baca Juga: #9 Cara Menghilangkan Bau Mulut Secara Alami Tanpa Resiko

Demikianlah artikel dari kami tentang cara menyembuhkan batuk berdahak, semoga artikel ini bisa bermanfaat dan menambah wawasan Anda. Beberapa cara diatas sudah kami buktikan dan pastinya terpercaya. Jika memiliki pertanyaan dapat mengkontak akun sosial media kami.

Artikel Terkait

Cara Menyembuhkan Batuk Berdahak dengan Cepat
4/ 5
Oleh