Kamis, 15 Juni 2017

11 Cara Menguatkan Tulang untuk Mencegah Osteoporosis

Cara Menguatkan Tulang - Dalam berbagai kasus di Amerika Serikat, menurut American Academy of Orthopaedic Surgeons, terdapat sekitar 2 juta orang yang mengalami patah tulang setiap tahunnya. Hal tersebut menjadi guncangan besar dalam dunia kesehatan serta banyak yang mengatakan itu disebabkan karena penurunan kepadatan tulang.

Cara Menguatkan Tulang untuk Mencegah Osteoporosis

Mungkin saja hal tersebut benar, menurut hasil pengamatan tulang dari tahun ke tahun. Terjadi penurunan yang cukup besar, kondisi seperti itu memicu kerapuhan pada tulang sehingga sangat mudah patah dan mengalami osteoporosis.

Badan kesehatan dunia yakni WHO ( World Health Organization ) memerintahkan agar setiap orang mendapatkan asupan kalsium yang cukup setiap harinya. Hal tersebut dilakukan demi mencegah terjadinya kerapuhan dan penurunan kepadatan tulang.

Kita bisa mendapatkan kalsium dari berbagai makanan dan minuman seperti susu, ikan salmon, kacang kedelai, yogurt dan sebagainya. Selain itu, kita juga bisa meningkatkan kekuatan tulang dengan melakukan beberapa kegiatan fisik seperti berolahraga.

Di Indonesia sendiri, kesehatan tulang masih diabaikan. Padahal kesehatan tulang menjadi pokok utama untuk menjaga kekuatan tubuh saat melakukan kegiatan yang memerlukan tenaga. Lalu apa yang bisa kita lakukan untuk menguatkan tulang? Informasi Selengkapnya ada di bawah ini.

Baca Juga: 15 Cara Menyembuhkan Sakit Tulang Belakang Anda

Cara Menguatkan Tulang


Sebenarnya ada banyak sekali cara yang dapat kita lakukan untuk menguatkan tulang. Beberapa diantaranya meliputi kegiatan fisik dan melalui asupan makanan. Diharapkan dengan adanya informasi cara menguatkan tulang ini. Anda semakin sadar dan lebih merawat dan memperhatikan kesehatan tulang. Daripada semakin penasaran? Yuk, simak informasinya.

1. Konsumsi Makanan yang Kaya Kalsium

Cara yang paling mudah untuk meningkatkan kekuatan tulang yakni dengan mengkonsumsi sumber kalsium. Kita bisa mendapatkan asupan kalsium dari makanan dan minuman, beberapa diantaranya seperti susu, kacang-kacangan, ikan salmon, sayur bayam dan beberapa produk olahan susu.

Dengan mendapatkan asupan kalsium yang cukup setiap harinya, kepadatan tulang bisa meningkat sehingga memperkecil resiko osteoporosis dan patah tulang. Usahakan tubuh mendapatkan waktu istirahat dan olahraga yang cukup untuk mempercepat pencernaannya.

2. Banyak Beraktivitas

Tanpa disadari, beraktivitas merupakan kegiatan yang menyehatkan. Menurut penelitian yang diriset selama bertahun-tahun, dengan beraktivitas kekuatan tulang semakin terlatih. Kepadatan tulang juga semakin meningkat dan mencegah berbagai permasalahan tulang.

Namun, para pakar kesehatan juga menyarankan Anda untuk tidak terlalu banyak beraktivitas disaat sakit terutama yang berhubungan dengan tulang. Beraktivitas hanya ditujukan untuk melatih kekuatan tulang saja dan memaksimalkan asupan kalsium.

3. Memaksimalkan Kalsium dengan Asupan Magnesium

Pada dasarnya magnesium merupakan salah satu jenis mineral penting yang berguna untuk memaksimalkan kalsium. Di dalam masyarakat. asupan mineral ini sering diabaikan. Padahal magnesium berperan penting meningkatkan kesehatan dan pertumbuhan tulang.

Mineral magnesium juga mempunyai banyak khasiat yang tidak terpikirkan seperti mencegah gula darah, mengatasi PMS ( Pre Menstrual Syndrome ), melancarkan pencernaan bahkan meningkatkan kesehatan jantung. Kita bisa mendapatkan magnesium dari makanan seperti ikan, tahu, biji-bijian dan sayuran berwarna hijau.

4. Kurangi Asupan Sodium

Sodium merupakan senyawa alami yang tak berwujud dan merupakan unsur murni alam. Sodium merupakan senyawa natrium yang berdampak buruk jika dikonsumsi secara berlebihan. Kandungan sodium mampu menimbulkan kerusakan pada pencernaan.

Kandungan sodium tersebesar saat ini dipegang oleh garam. Dalam satu sendok teh yang berisi garam, terkandung sekitar 2.300 mg sodium. Kandungan garam yang terdapat dalam satu sendok teh tersebut melebihi 4 kali asupan sodium yang dibutuhkan tubuh manusia.

Mengkonsumsi sodium dalam jumlah besar secara berkala dapat menimbulkan berbagai penyakit seperti serangan jantung, tekanan darah tinggi, oteoporosis, nyeri haid dan masih banyak lagi. Namun, kekurangan sodium juga berakibat fatal seperti ganguan ginjal, otot dan syaraf.

5. Rutin Berolaharaga

Olahraga merupakan salah satu kegiatan yang sangat baik untuk meningkatkan kesehatan tubuh manusia. Berolahraga secara teratur bisa mencegah tubuh dari penyakit dan meningkatkan kinerja organ-organ tubuh. Olahraga dikenal baik untuk memperkuat tulang dan mencegah terjadinya kerapuhan.

Olahraga juga memiliki banyak jenis seperti senam, yoga dan sebagainya. Dalam melakukan kegiatan ini, Anda juga harus menyesuaikan dengan kebutuhan dan kemampuan tubuh. Pilihlah jenis olahraga yang tidak membebani tubuh Anda.

6. Cukupi Waktu Istirahat

Selain berolahraga dan beraktivitas, tubuh juga memerlukan istirahat yang bertujuan untuk mengembalikan energi dan menyegarkan organ-organ tubuh. Kekurangan istirahat berdampak buruk bagi kesehatan salah satunya dapat menurunkan kualitas tulang.

Beristirahat juga berguna untuk memberikan waktu kepada tubuh dalam mencerna makanan. Kekurangan istirahat bisa membuat penyerapan gizi menjadi terganggu. Cukupilah waktu istirahat Anda yakni sekitar 8 jam setiap harinya.

7. Jauhi Rokok dan Narkoba

Riset yang dilakukan berdasarkan kasus patah tulang selama 5 tahun terakhir mendapatkan hasil bahwa 75% diantaranya dialami oleh perokok dan pengguna narkoba. Rokok memang berdampak sangat buruk bagi kesehatan, salah satunya menghambat pertumbuhan tulang dan menurunkan kualitasnya.

Hasil penelitian yang dilakukan dari 120 wanita perokok, dicatat bahwa mereka memiliki tingkat estrogen yang jauh lebih rendah. Perokok wanita juga beresiko menopause lebih cepat dan mempercepat pengeroposan tulangnya. Karena hal itu, kita wajib menghindari rokok dan narkoba supaya terhidar dari masalah tulang.

8. Lakukan Diet Sehat

Tidak jarang kasus patah tulang disebabkan oleh program diet yang tidak benar. Ada beberapa jenis diet yang menganggap bahwa kalsium bisa membuat gendut. Karena hal tersebut, seseorang yang menjalankannya disarankan untuk menjauhi sumber kalsium.

Kekurangan kalsium dapat menimbulkan berbagai permasalahan bagi tulang dan gigi. Kekurangan kalsium selama beberapa hari dapat menurunkan kualitas tulang secara drastis dan memperbesar resiko pengeroposan.

Jika Anda merupakan salah seorang yang sedang melakukan program diet. Usahakan untuk melakukan diet sehat ( Baca: Cara Melakukan Diet Sehat ) dan menjauhi jenis diet yang membahayakan seperti diet ketat.

9. Cukupi Asupan Vitamin D

Jika kalsium berguna untuk meningkatkan kesehatan dan kekuatan tulang, maka vitamin d berfungsi mempercepat penyerapan kalsium tersebut. Selain itu, vitamin d juga berperan aktif dalam pembentukan tulang baru dan meningkatkan massa otot.

Vitamin d juga mudah untuk kita dapatkan, adapun beberapa makanan yang tinggi vitamin d antara lain jamur, minyak ikan kod, telur, hati sapi, tahu dan tempe.

10. Sinar Matahari Pagi

Dulu para orang tua sering mengatakan bahwa sinar matahari pagi itu sangat bermanfaat bagi kesehatan tulang dan kulit. Karena hal tersebut, para pakar kesehatan mencoba mencari tahu dan mendapatkan hasil bahwa sinar matahari pagi memang kaya akan vitamin d yang sangat dibutuhkan tulang.

Namun, sinar matahari yang baik bagi tulang itu mulai dari jam 7-10 pagi. Kita bisa berjemur atau bahkan sambil melakukan olahraga seperti jogging ataupun senam.

11. Latihan Angkat Beban

Salah satu jenis olahraga yang memang bertujuan untuk menguatkan tulang yakni angkat beban. Olahraga yang satu ini lebih diminati karena manfaatnya yang sangat memuaskan. Bukan hanya dapat meningkatkan massa otot, meningkatkan kepadatan tulang.

Namun, olahraga jenis ini tidak disarankan bagi Anda yang menderita asam urat, patah tulang dan tulang keropos. Angkat beban bisa dilakukan dimana saja dan kapan saja, Anda juga dapat membuat barbel sendiri di rumah.

Demikianlah ulasan tentang cara menguatkan tulang, semoga dengan adanya informasi ini kita semakin peduli terhadap kesehatan tulang dan pandai dalam merawatnya. Mungkin beberapa cara diatas bisa jadi referensi dan bisa bermanfaat bagi kita semua.

Artikel Terkait

11 Cara Menguatkan Tulang untuk Mencegah Osteoporosis
4/ 5
Oleh