Senin, 19 Juni 2017

10 Cara Mengatasi Sesak Nafas dengan Cepat

Cara Mengatasi Sesak Nafas | Pada dasarnya, ada banyak sekali masalah pernafasan yang mesti kita cegah sejak dini. Beberapa diantaranya bahkan dapat menimbulkan efek yang sangat berbahaya seperti peradangan sampai kematian.

Cara Mengatasi Sesak Nafas dengan Cepat
Cara Mengatasi Sesak Nafas

Salah satu masalah rongga pernafasan yang sering menyerang manusia adalah sesak nafas. Permasalahan ini pada dasarnya terjadi pada organ paru-paru dan dapat disebabkan oleh banyak hal.

Akibat yang ditimbulkan sesak nafas cukup bervariasi seperti terganggunya proses pertukaran oksigen, peredaran darah menjadi tidak lancar bahkan kematian.

Sesak nafas juga menjadi gejala awal yang menandakan bahwa tubuh sedang diserang oleh penyakit kronis. Beberapa penyakit yang ditandai dengan sesak nafas antara lain serangan jantung, bronkitis, dan beberapa penyakit paru-paru lainnya.

Sesak nafas sering terjadi pada saat berolahraga, tidur, saat bekerja atau bahkan saat berjalan. Beberapa penyebab yang mungkin menimbulkan sesak nafas seperti terlalu capek, penggunaan obat-obatan, penyumbatan rongga pernafasan dan dipicu oleh penyakit lain.

Sesak nafas merupakan masalah pernafasan yang harus segera ditangani. Jika dibiarkan, sesak nafas dapat mengganggu jalannya organ-organ tubuh.

Karena sering datang secara tiba-tiba, tidak jarang penderitanya menjadi panik. Rasa gelisah tersebut sering kali memperparah kondisi tubuh, dan dapat mempercepat denyut jantung. Bahkan, beberapa kesalahan fatal juga dapat dilakukan secara tidak sengaja.

Untuk mencegah hal tersebut, saya menginformasikan kepada Anda seputar cara mengatasi sesak nafas supaya ketika kejadian Anda bisa menanganinya dengan benar. Sebelumnya kita simak dulu, beberapa penyebab sesak nafas tiba-tiba.

Penyebab Sesak Nafas


Tanpa kita sadari, ada banyak sekali hal yang mungkin dapat memicu terjadinya sesak nafas. Beberapa diantaranya bahkan cukup sering kita lakukan. Lalu apa saja penyebab sesak nafas? Informasi selengkapnya ada di bawah ini.
  1. Olahraga yang dipaksakan
    Beberapa kasus sesak nafas sering kali disebabkan oleh aktivitas olahraga. Setelah diteliti, ternyata itu disebabkan oleh aktivitas olahraga yang dipaksakan. Bukan hanya itu saja, melakukan olahraga yang berat dan memakan banyak tenaga juga dapat memicu sesak dada.
  2. Dipicu oleh penyakit lain
    Tidak jarang beberapa penyakit kronis seperti serangan jantung ditandai dengan sesak nafas. Bukan hanya itu saja, ada banyak penyakit kronis yang memiliki gejala sesak nafas seperti sinusitis, tuberkolosis, asma, paru-paru basah dan tekanan darah rendah.
  3. Menghirup udara kotor
    Dalam bernafas, tubuh menghirup udara (Oksigen) dan mengeluarkan udara (Karbondiokida) juga. Namun, udara sekarang sudah tidak sehat dan bisa mengganggu rongga pernafasan manusia. Karena hal tersebut, sesak nafas dapat terjadi.
  4. Obesitas
    Penderita obesitas memiliki resiko lebih besar untuk terkena sesak nafas. Kenapa? penumpukan lemak dan koleterol pada dada bisa mempersempir saluran pernafasan dan mengganggu jalannya pertukaran oksigen.
  5. Merokok
    Mungkin semua orang juga sudah tahu dampak buruk merokok. Dampak yang pasti dialami adalah sesak nafas. Hal itu dikarenakan dalam asap rokok terkandung ribuan zat kimiawi yang sangat berbahaya bagi paru-paru.

Baca Juga: #11 Obat Flu Tradisional yang Paling Ampuh

Cara Mengatasi Sesak Nafas dengan Cepat


Seperti yang sudah kita ketahui, sesak nafas memiliki dampak buruk yang cukup besar. Selain itu, sesak nafas merupakan tanda bahwa tubuh sedang dalam kondisi tidak sehat dan perlu penanganan cepat. Lalu bagaimana cara menyembuhkan sesak nafas? Informasinya dapat Anda temukan di bawah ini.

1. Menghentikan Aktivitas

Sesak nafas barangkali terjadi disaat yang tidak tepat dan sering datang secara tiba-tiba. Salah satu aktivitas yang sangat rentan terhadap sesak nafas yakni berolahraga. Pada saat berolahraga, denyut jantung dan pernafasan semakin cepat. Selain itu, kontraksi dari otot dada mempersempit saluran pernafasan dan menghalang pertukaran udara saat berolahraga.

Terganggunya saluran pernafasan menimbulkan sesak nafas seketika. Untuk mengatasinya kita harus menghentikan aktivitas tersebut dan melakukan penanganan selanjutnya.

2. Melakukan Pernafasan Perut

Setelah menghentikan aktivitas tersebut, kita juga harus melatih pernafasan perut. Ini dilakukan untuk melancarkan kembali rongga pernafasan. Melatih pernafasan perut juga efektif untuk mengatasi sesak nafas yang diakibatkan maag.

Cara Mengatasi Sesak Nafas dengan Pernafasan Perut

Untuk melakukan pernafasan perut ini cukup mudah dan bisa dilakukan sendiri. Berikut cara melakukan perfasan perut:
  • Berbaring dengan posisi nyaman dan berikan bantal sebagi alas kepala. Usahakan bantal tidak terlalu tinggi atau terlalu rendah.
  • Tekuk lutut Anda dan letakkan salah satu tangan pada perut.
  • Berikan tekanan menggunakan satu tangan tadi. Penekanan bisa dilakukan dengan kuat namun jika terasa sakit harap dihentikan.
  • Setelah itu lanjutkan dengan bernafas dari hidung yang dilakukan dengan otot perut.
  • Ketika sedang menarik bernafas, Anda tidak boleh menekan perut. Namun, ketika sedang membuang nafas tekan kembali perut.
  • Lakukan latihan perfasan perut ini dengan repetisi tekanan yang cukup.

3. Atur Posisi Duduk Anda

Untuk memaksimalkan cara ke 2, Anda bisa mengatur posisi duduk. Untuk apa? Posisi duduk sekitar 45-90 drajat memungkinkan paru-paru untuk bernafas dengan lancar. Dengan demikian proses mengatasi sesak nafas dapat segera diselesaikan.

Dalam melakukannya, Anda bisa duduk pada lantai, kursi dan sebagainya. Berikan pula sandaran yang berupa bantal pada kepala dan punggung. Hiruplah udara dengan menggunakan hidung dan usahakan dilakukan ditempat yang bebas polusi.

4. Tarik Nafas

Pada saat mengalami sesak nafas, pada awalnya kita akan mengalami kepanikan. Untuk mencegahnya, kita bisa menarik nafas dalam-dalam dan mengeluarkannya secara perlahan. Hasilnya dinilai cukup efektif dalam mengatasi sesak nafas yang datang tiba-tiba.

Penarikan nafas dalam-dalam ini bertujuan untuk memasok oksigen dalam jumlah besar sehingga paru-paru terbuka lebar. Selain itu, ini berguna untuk melancarkan peredaran darah saat terjadinya sesak nafas.

5. Beristirahat

Ada banyak sekali penyebab yang mungkin dapat memicu sesak nafas, namun yang menjadi penyebab utama adalah kecapean. Karena itu, usahakan tubuh Anda mendapatkan waktu istirahat yang cukup setiap harinya.

Beristirahat berguna untuk memulihkan tenaga dan menyegarkan organ-organ tubuh aga tidak kecapean. Para pakar kesehatan menyarankan agar setiap orang mendapatkan waktu istirahat sekitar 8 jam setiap harinya.

6. Berkumur dengan Air Hangat, Garam dan Kunyit

Salah satu cara mengatasi sesak nafas yang paling mudah dilakukan yaitu dengan berkumur. Tindakan ini cukup membosankan, namun mempunyai manfaat yang amat penting untuk melancarkan saluran pernafasan.

Anda dapat berkumur dengan ramuan khusus yang berbahan air hangat, kunyit dan garam. Campurkan semua bahan menjadi sebuah minuman herbal, kemudian berkumurlah sekitar 2 menit. Lakukan cara ini minimal 2 kali dalam sehari.

7. Kompres Panas

Selain berkumur, ada pula cara praktis yang bisa dilakukan untuk mengatasi sesak nafas. Caranya dengan mengompres dada dan tenggorokan. Ini dilakukan untuk melegakan dan mengeluarkan lendir pada saluran pernafasan.

Untuk melakukan cara ini, siapkan dulu handuk kecil dan air hangat. Celupkan handuk ke dalam air hangat, kemudian peras untuk mengurangi kandungan airnya. Lalu kompres bagian yang terhubung dengan saluran pernafasan seperti dada, tenggorokan dan sebagainya.

8. Mandi Air Hangat

Untuk beberapa kasus sesak nafas, mandi air hangat bisa menjadi referensi pertolongan Anda. Dengan mandi air hangat, lendir yang menghambat saluran pernafasan semakin mudah untuk dikeluarkan. Selain itu, mandi air hangat juga berguna untuk menjaga suhu tubuh.

Lakukan mandi air hangat dipagi dan sore hari, dan lakukan minimal 3 kali dalam seminggu untuk mencegah sesak nafas.

9. Minum Teh Jahe

Teh merupakan minuman yang mempunyai banyak manfaat. Minuman ini akan semakin bermanfaat jika dicampurkan dengan herbal lainnya seperti jahe. Khasiat jahe yang sangat banyak tentu mampu memaksimalkan teh.

Untuk membuatnya, siapkan secangkir teh hangat kemudian campurkan beberapa sendok bubuk jahe. Jika Anda tidak memiliki bubuk jahe, maka Anda bisa mencampurkan jahe yang sudah ditumbuk ke dalam minuman teh.

10. Lakukan Olahraga Ringan

Bagi Anda yang baru saja mengalami sesak nafas, usahakan untuk tidak melakukan olahraga berat seperti angkat beban. Lebih dianjurkan untuk melakukan olahraga ringan seperti jogging untuk sementara waktu sampai tubuh kembali optimal.

Jogging termasuk olahraga yang sangat bermanfaat dan kecil resiko. Karena itulah, jogging sangat diminati orang.

Demikianlah artikel dari kami tentang cara mengatasi sesak nafas, semoga artikel ini dapat bermanfaat dan bisa menambah wawasan Anda. Beberapa cara diatas berasal dari berbagai sumber seperti buku, situs kesehatan dan pengalaman pribadi. Dengan begitu, informasinya sudah pasti akurat. Jika mempunyai pertanyaan dapat mengkontak akun sosial media kami.

Artikel Terkait

10 Cara Mengatasi Sesak Nafas dengan Cepat
4/ 5
Oleh