Selasa, 13 Juni 2017

Cara Mengatasi Badan Pegal Setelah Bekerja

Kategori

Cara Mengatasi Badan Pegal | Bagi para pekerja keras, mengalami rasa lelah dan pegal itu menjadi suatu hal yang wajib dialami. Keadaan tubuh yang seperti itu barangkali membuat kita menjadi manusia yang pemalas.

Cara Mengatasi Badan Pegal Setelah Bekerja
Badan Pegal Setelah Bekerja

Namun, sebagai manusia yang bijak kita juga bisa mengatasi rasa pegal tersebut sehingga tidak menimbulkan masalah-masalah lain. Lalu bagaimana ya? Jika ingin tahu baca terus artikel ini dan Anda akan mendapatkan jawaban yang sesungguhnya.

Pada umumnya, badan pegal dapat terjadi akibat kontak fisik secara langsung. Namun, bukan berarti seseorang yang hanya duduk bekerja menatap layar monitor tidak mengalami pegal-pegal.

Badan pegal disebabkan oleh otot yang terlalu capek dan kaku atau tendon. Biasanya, orang Indonesia menggunakan pengobatan tradisional seperti urut atau pijat untuk menguranginya.

Tidak jarang rasa pegal juga menimbulkan permasalahan lain seperti stres, malas bergerak sampai makan tidak teratur. Lalu apa yang bisa kita lakukan untuk mengatasinya? Informasi selengkapnya dapat Anda baca di bawah ini.

Baca Juga: 15 Cara Menyembuhkan Sakit Tulang Belakang Anda

Cara Mengatasi Badan Pegal Setelah Bekerja


Selain beristirahat, ada banyak hal yang bisa Anda lakukan untuk mengurangi rasa lelah setelah bekerja. Anda bisa menguranginya dengan melakukan hal positif yang bisa merangsang hormon bahagia seperti jalan-jalan, bercanda tawa ataupun melakukan hobi. Selain itu, masih banyak cara lain yang bisa Anda lakukan.

1. Melakukan Peregangan atau Stretching

Seperti yang sudah kita ketahui, bahwa pegal disebabkan oleh otot kaku. Maka dari itu, kita bisa melakukan peregangan yang bertujuan untuk melenturkan otot kaku tersebut. Jangan takut kehabisan banyak waktu, Anda bisa melakukan peregangan hanya dalam 5 menit saja setelah bekerja keras.

Jika Anda termasuk orang yang sering berolahraga, maka Anda bisa melakukan pendinginan ketika selesai berolahraga. Peregangan juga dapat dilaksanakan melalui yoga dan senam. Namun, secara dasar peregangan juga dapat dilakukan dengan gerakan sederhana seperti menggoyangan lengan, kaki, leher dan pinggang.

2. Mandi Air Hangat

Tahukah Anda, air hangat diam-diam menyimpan manfaat yang sangat banyak. Selain dapat melancarkan metabolisme, tetapi air hangat juga berkhasiat untuk melenturkan otot kaku. Tidak percaya, coba saja sendiri. Saya sudah mencobanya dan hasilnya memuaskan, walaupun setelah mandi air hangat badan lebih cepat mengeluarkan keringat.

Sebelumnya, Anda bisa menyiapkan beberapa ember air hangat. Kemudian Anda bisa memilih berendam ataupun menyirami tubuh saja. Menurut saya, alangkah lebih baik jika kita berendam sekitar 10 menit saja.

3. Beristirahat

Salah satu cara yang paling umum dilakukan untuk mengatasi badan pegal adalah beristirahat. Jika Anda salah satu yang melakukannya, itu merupakan suatu hal yang wajar. Pada saat lelah tubuh akan otot yang kaku akan merespon dengan malas bergerak dan memaksa tubuh untuk beristirahat.

Pada dasarnya, beristirahat dibutuhkan tubuh untuk merelaksasikan otot serta mengumpulkan tenaga. Menurut penelitian, waktu beristirahat yang normal itu sekitar 8-9 jam setiap harinya. Seseorang yang beristirahat lebih atau kurang dari 8-9 pasti mengalami berbagai permasalahan yang sulit untuk dimengerti.

4. Perbanyak Minum Air Putih

Sebagaimana pada artikel saya sebelumnya, air putih termasuk salah satu kandungan penting yang sangat dibutuhkan tubuh manusia. Komponen tubuh tersbesar yakni cairan yang mengisi 70% tubuh. Maka dari itu, sangat penting bagi kita untuk menjaganya agar tetap utuh.

Pada saat pegal tubuh membutuhkan cairan yang lebih banyak supaya sistem peredaran darah dan metabolisme tubuh tetap stabil. Usahakan Anda minum 8 gelas setiap hari sehingga cairan dalam tubuh bisa terkontrol.

5. Urut atau Pijat

Cara Mengatasi Badan Pegal yang selanjutnya yaitu dengan urut atau pijat. Walaupun terkesan sedikit konvensional, namun pijat sangat berkhasiat untuk melunakkan otot yang keras. Dalam pegunaannya, pijat memerlukan minyak yang bertujuan untuk memberikan rasa hangat dan membuat kulit licin sehingga mudah untuk diurut.

Di Indonesia, terdapat banyak sekali tukang urut yang bisa membantu Anda untuk mengatasi pegal-pegal. Namun, Anda juga mesti memilih tukang urut yang memang ahli dalam bidanganya.

6. Minuman Jahe Hangat

Jahe mempunyai banyak manfaat bagi kesehatan dan kecantikan, salah satunya baik untuk mengatasi badan pegal. Jahe bersifat menghangatkan dan melancarkan peredaran darah, kehangatan tersebut dapat merelaksasikan otot yang kaku.

Dalam pemanfaatannya, Anda bisa mencampurkan jahe ke dalam beberapa jenis minuman seperti teh dan susu. Caranya siapkan dulu bubuk jahe, atau air rebusan jahe dan campurkan ke dalam minuman seperti teh hangat.

7. Rutin Minum Susu

Susu merupakan salah satu minuman yang mempunyai banyak sekali manfaat, susu terkenal baik untuk memperkuat tulang dan gigi. Bukan hanya itu saja, rutin minum susu dipercaya dapat mencegah terjadinya pegal dan mengurangi rasa lelah pada otot.

Para ahli kesehatan menyarankan agar rutin minum susu minimal 2 kali dalam sehari untuk memastikan tulang mendapatkan asupan kalsium yang cukup.

8. Menggunakan Minyak Cengkeh

Minyak cengkeh merupakan salah satu jenis minyak urut yang memang berguna untuk memberikan kehangatan pada tubuh. Kehangatan yang diberikan minyak cengkeh ini sangat ampuh untuk mengatasi pegal linu.

Anda bisa mengoleskan minyak cengkeh ke bagian yang pegal dan pijat selama 5 menit saja. Setelah itu biarkan minyak bekerja dengan cara menghangatkan otot yang pegal.

9. Mengkonsumsi Buah Pisang

Salah satu buahan yang bisa kita manfaatkan untuk mengurangi pegal-pegal yakni pisang. Buah ini dikenal kaya akan kalium yang berguna untuk menjaga otot dan memberikan relaksasi kepada otot kaku.

Dalam pemanfaatannya, buah ini dapat dikonsumsi secara langsung. Namun, jangan terlalu banyak mengkonsumsi buah pisang. Saran saya, konsumsilah sekitar 3 buah pisang setiap harinya untuk mengantisipasi badan pegal.

10. Kompres dengan Es

Sekarang sudah banyak yang sadar akan manfaat es, bahan satu ini bukan saja berguna sebagai pendamping minuman. Es menyimpan banyak sekali manfaat yang dapat diperoleh tubuh, salah satunya dapat mengatasi bada pegal.

Es memiliki sifat yang membuat kulit mati rasa, sifatnya tersebut bisa dipakai untuk mengurangi rasa pegal. Untuk menggunakannya, Anda bisa mengkompreskan es ke bagian tubuh yang mengalami pegal linu. Kompres selama 10 menit dan lakukan segera setelah bekerja.

Demikianlah artikel yang dapat kami berikan, mungkin dengan adanya informasi Cara Mengatasi Badan Pegal ini rasa lelah dan pegal yang Anda alami setelah bekerja bisa dikurangi. Perlu diingat, cara paling ampuh untuk terhindar dari pegal yakni dengan melakukan gaya hidup sehat.

Manusia biasa yang ingin berbagi informasi melalui media blog. Mari berkenalan, silahkan kontak akun sosial media kami. Terimakasih.