Rabu, 21 Juni 2017

7 Cara Mencegah Serangan Jantung Mendadak

Cara Mencegah Serangan Jantung Mendadak | Jantung merupakan organ penting yang berfungsi memompa darah ke seluruh tubuh. Karena begitu penting, jantung mesti dijaga dan dirawat dengan baik.

Cara Mencegah Serangan Jantung Mendadak
Cara Mencegah Serangan Jantung Mendadak

Namun, ada beberapa penyakit yang dapat menyerangnya. Bahkan, hampir semua diantaranya termasuk penyakit berbahaya yang sangat mematikan.

Salah satu jenis penyakit jantung yang sering menyerang manusia adalah serangan jantung. Penyakit ini cenderung menyerang orang yang sudah tua. Walaupun begitu, tidak menutup kemungkinan kalau kalangan muda untuk terkena.

Menurut statistik kasus kematian yang terjadi selama 15 tahun terakhir, tercatat bahwa 35% diakibatkan oleh serangan jantung. Karena begitu banyaknya kasus kematian yang diakibatkan serangan jantung, saya mencoba berbagi informasi cara mencegah serangan jantung ini.

Serangan jantung atau myocardial infarction disebabkan oleh banyak hal yang mungkin sering kita lakukan, contohnya melakukan gaya hidup tidak sehat dan mengkonsumsi makanan cepat saji.

Pada dasarnya, serangan jantung merupakan penyakit yang sulit untuk disembuhkan tapi dapat dicegah. Jika sudah mengidapnya, penderitanya membutuhkan bertahun-tahun untuk bisa lepas dari serangan jantung ini.

Karena itu, sebelum kita terkena serangan jantung alangkah lebih baik jika kita melakukan pencegahan sejak dini. Lalu apa saja yang dapat kita lakukan? Informasi selengkapnya ada di bawah ini.

Cara Mencegah Serangan Jantung Mendadak


Perlu Anda ketahui, serangan jantung sering kali datang tiba-tiba untuk merenggut nyawa seseorang. Karena sangat mematikannya, terkadang kita tidak sempat untuk menyembuhkannya. Oleh sebab itu, kita hanya bisa mencegahnya sebelum menyerang diri sendiri. Untuk mencegahnya, kita bisa melakukan beberapa cara di bawah ini.

1. Berolahraga Secara Teratur

Memang berolahraga merupakan aktivitas yang mempunyai banyak manfaat. Salah satu manfaatnya adalah mencegah kita dari berbagai macam penyakit seperti serangan jantung ini.

Berolahraga juga bermanfaat untuk meningkatkan daya pikir, kekebalan tubuh, melancarkan metabolisme dan masih banyak lagi.

Begitu bermanfaatnya olahraga membuat berbagai kalangan mulai menyukainya. Namun, tidak semua jenis olahraga cocok untuk kita.

Sebelum melakukan sebuah jenis olahraga, alangkah baiknya untuk memperhatikan kemampuan tubuh agar tidak terjadi cidera. Adapun olahraga yang aman untuk semua kalangan yakni jogging.

2. Hindari Rokok dan Asapnya

Tanpa Anda sadari, gaya hidup tidak sehat seperti merokok berdampak sangat buruk bagi kesehatan Anda. Bahkan, asap rokok 2 kali lebih berbahaya dibandingkan rokoknya. Karena itu, kita harus menghindari rokok beserta asapnya.

Di dalam sebuah rokok terkandung nikotin, tar, sianida, karbon monoksida, benzene, cadmium, metanol dan masih banyak lagi. Semua kandungan didalamnya termasuk bahan kimiawi yang harus jauhi.

Sedangkan dalam asap rokok, terkandung zat kimiawi yang jauh lebih banyak daripada yang ada dalam rokoknya. Mengapa seperti itu? Kandungan kimiawi dalam rokok yang dibakar kemudian mengurai menjadi zat baru yang berupa asap kimiawi. Asap itu sangat mudah untuk dihirup dan sangat mudah juga untuk meracuni tubuh manusia.

Karena begitu berbahaya rokok apalagi asapnya, kita mesti menjauhinya. Bagi pelakunya, diharapkan untuk segera menghentikannya. Karena tidak ada manfaatnya yang dapat kita ambil dari merokok.

3. Mengelola Stres

Stres salah satu kebiasaan buruk yang menjadi gerbang utama dari berbagai macam penyakit, misalnya serangan jantung. Stres berdampak buruk bagi kesehatan manusia, kebiasaan ini mampu merobek daya tahan tubuh yang selama ini telah dibangun oleh sel-sel.

Bahaya stres yang lebih parah yaitu dapat datang dari berbagai hal, misalnya stres akibat pekerjaan, hubungan, ekonomi dan sebagainya. Banyaknya penyebab stres membuat kebiasaan buruk ini sangat sulit untuk dicegah.

Namun, jika Anda memang mempunyai niat yang kuat. Anda bisa mengelola stres dengan bijak, caranya dengan melakukan kegiatan positif. Beberapa kegiatan positif yang bisa menjadi referensi adalah melakukan hobi, jalan-jalan, lebih dekat dengan keluarga dan masih banyak lagi.

4. Mengkonsumsi Makanan Sehat

Menurut sebuah studi yang dilakukan di sebuah universitas ternama di Indonesia, penyebab utama serangan jantung datang dari makanan. Mengapa? Makanan merupakan bahan bakar tubuh manusia yang langsung masuk ke dalam tubuh.

Beruntunglah jika Anda selalu mengkonsumsi makanan sehat. Bagaimana jika makanan yang selama ini kita konsumsi tidak sehat? Itulah yang menjadi sebuah permasalahan yang harus dipecahkan.

Makanan yang tidak sehat bukan hanya berbahaya, tapi sangat berbahaya. Makanan tidak sehat meliputi gorengan dan beberapa makanan cepat saji lainnya. Makanan jenis ini membawa racun dan mengedarkannya melalui darah ke seluruh bagian tubuh manusia.

Kandungan racun tersebut dapat merusak dan membunuh sel-sel serta dapat mengganggu kinerja organ-organ tubuh sehingga memicu terjadinya serangan jantung. Karena sangat berbahaya, kita harus menghindarinya dan membiasakan diri untuk mengkonsumsi makanan sehat saja. Beberapa makanan sehat termasuk buah, sayur, susu dan sebagainya.

5. Melakukan Gaya Hidup Sehat

Gaya hidup merupakan sebuah tindakan yang menentukan kesehatan tubuh seseorang. Gaya hidup dikelompoknya menjadi 2 bagian yakni gaya hidup sehat dan gaya hidup tidak sehat.

Pada dasarnya gaya hidup sehat lebih baik dibandingkan gaya hidup tidak sehat. Namun, masyarakat Indonesia masih banyak yang melakukan gaya hidup tidak sehat.

Gaya hidup tidak sehat seperti merokok, menggunakan narkoba, minum alkohol dan sebagainya dapat merusak tubuh kita sendiri. Sedangan gaya hidup sehat seperti rutin berolahraga, mengkonsumsi makanan sehat dan tidak menggunakan barang terlarang membawa dampak positif bagi tubuh dan merupakan suatu pencegahan serangan jantung.

Gaya hidup sehat memang sulit untuk dilakukan, namun jika dibiasakan akan mudah juga. Karena itu, mulai dari sekarang lakukan gaya hidup sehat dan tinggalkan kebiasaan buruk Anda supaya terbebas dari resiko serangan jantung.

6. Konsumsi Makanan untuk Kesehatan Jantung

Bahayanya serangan jantung mendadak membuat kita takut dan waspada. Salah satu hal yang dapat Anda lakukan adalah dengan mengkonsumsi makanan untuk kesehatan jantung.

Dengan mengkonsumsi makanan untuk kesehatan jantung, organ ini lebih terjaga dan memperkecil kemungkinan serangan jantung. Adapun beberapa makanan untuk kesehatan jantung antara lain kacang-kacangan, salmon, anggur merah, minyak zaitun, almond, kenari dan masih banyak lagi.

Untuk memaksimalkannya, Anda bisa mencampurkan beberapa bahan tersebut ke dalam masakan atau minuman Anda. Pastikan, salah satu jenis makanan tersebut tersedia di kulkas Anda.

7. Jaga Kolesterol

Kolesterol tinggi menjadi salah satu penyebab serangan jantung. Tidak stabilnya tingkat kolesterol dalam tubuh akan berakibat fatal. Terlebih jika tubuh mengalami penumpukan lemak yang diakibatkan oleh kolesterol tersebut.

Untuk menjaga kolesterol, Anda perlu memperhatikan pola makan dan gaya hidup. Pola makan yang tidak teratur serta sering mengkonsumsi makanan berminyak mampu meningkatkan kolesterol. Selain itu, tidak berolahraga juga menjadi kebiasaan yang bisa menghambat pengeluarannya.

Penumpukan lemak pada pembuluh darah membentuk plak yang nantinya akan menghambat aliran darah. Penghambatan itu, tentu akan menurunkan kinerja organ lainnya seperti paru-paru. Jika dibiarkan, penghambatan tersebut akan sampai pada titik puncak yakni serangan jantung.

Demikianlah artikel dari kami tentang cara mencegah serangan jantung mendadak. Semoga dengan adanya informasi ini Anda semakin tahu dan belajar untuk mencegah serangan jantung. Beberapa cara diatas merupakan rangkuman dari berbagai sumber yaitu situs kesehatan, buku dan sebagainya. Jika memiliki pertanyaan dapat mengkontak akun sosial media kami.

Manusia biasa yang ingin berbagi informasi melalui media blog. Mari berkenalan, silahkan kontak akun sosial media kami. Terimakasih.