Jumat, 30 Juni 2017

10 Bahaya Sering Minum Es Bagi Kesehatan Tubuh

Bahaya Sering Minum Es Bagi Kesehatan - Minuman es merupakan salah jenis minuman yang paling digemari masyarakat Indonesia. Dulunya minuman es hanya berisi air putih dan beberapa batu es. Namun, sekarang minuman es sudah berkembang pesat dan punya banyak varian.

Bahaya Sering Minum Es Bagi Kesehatan
Bahaya Sering Minum Es Bagi Kesehatan

Minuman es juga sangat cocok disaat cuaca sedang panas apalagi ketika selesai mengkonsumsi makanan pedas. Namun, perlu Anda ketahui kalau minuman es sangat berbahaya bagi kesehatan tubuh kita. Walaupun enak saat lewat di mulut, tetap saja minuman jenis ini harus dibatasi.

Tanpa kita sadari, sifat es yang dingin dapat mengganggu kinerja organ-organ tubuh manusia seperti ginjal, lambung, usus dan masih banyak lagi. Minum air es juga akan menghambat peredaran darah ke otak sehingga memicu penyakit otak.

Sebenarnya, minuman es boleh saja untuk dikonsumsi, hanya saja harus dibatasi. Minum air es secara berlebihan atau bahkan setiap hari memungkinkan Anda untuk terserang berbagai penyakit. Bukan hanya itu saja, ada banyak dampak buruk minum es yang wajib Anda ketahui. Apa saja ya? Simak informasinya di bawah ini.

Bahaya Sering Minum Es Bagi Kesehatan Tubuh


Saat lelah dan selesai makan, enaknya minum air es. Tahu tidak kalau sering minum air es berdampak buruk bagi kesehatan kita. Air es dapat mengganggu beberapa organ vital manusia seperti jantung, ginjal, paru-paru dan sebagainya. Karena begitu berbahayanya minum es patut untuk dihindari, lalu apa saja bahaya sering minum es bagi kesehatan? Yuk simak informasinya.

1. Membuat Kepala Pusing

Menurut pengalaman pribadi, setelah minum air es terutama setelah berolahraga, kepala saya menjadi pusing. Ini terjadi akibat terhambatnya aliran darah ke otak sehingga mengganggu syaraf-syaraf otak dan memicu terjadinya pusing seketika.

Pusing setelah minum es harus diwaspadai, jika berlangsung secara terus-menerus akan berdampak sangat buruk bagi kesehatan otak. Pusing setelah minum air es menjadi pertanda bahwa tidak sehatnya air es bagi kesehatan manusia.

2. Perut Terasa Sakit

Bagi beberapa orang, setelah minum air es pasti mengalami sakit perut. Gejalanya bukan hanya memicu BAB, melainkan dapat memicu kram perut dan kembung.

Di dalam perut kita juga terdapat berbagai organ-organ yang sangat rentan, sifat dingin air es mungkin akan merusaknya. Salah satu organ yang perut yang mungkin terganggu oleh air es adalah ginjal.

3. Serangan Jantung Seketika

Minum air es setelah berolahraga mempunyai dampak yang sangat fatal bagi jantung. Air es mampu membuat detak jantung menjadi sangat pelan atau bahkan menghambat aliran darah dari jantung. Bahaya yang lebih fatalnya adalah dapat menghentikan detak jantung sehingga memicu resiko serangan jantung seketika.

Serangan jantung seketika dapat merenggut nyawa seseorang dengan sangat cepat. Namun, kita dapat mencegahnya dengan menghindari minum air es setelah beraktivitas.

4. Memicu Batuk

Mungkin Anda tidak akan langsung batuk setelah minum air es, namun air es memang menjadi salah satu penyebab utama timbulnya batuk. Bila Anda minum air es disaat tenggorokan sedang kering, itu akan membuat suhu pada tenggorokan menjadi tidak normal.

Suhu yang tidak normal membuat tenggorokan memproduksi enzim yang merangsang timbulnya gelembung kecil pada dinding tenggorokan tersebut. Gelembung tersebut biasanya berwarna kuning, berlendir dan bisa dibilang sumber dahaga. Air es cenderung memicu batuk berdahak dan batuk kering.

5. Pembentukan Batu Ginjal

Minuman es memang sudah banyak variannya, salah satu yang sangat viral di Indonesia adalah es teh manis. Tanpa kita sadari, minuman ini ternyata membawa dampak buruk bagi kesehatan tubuh. Mengapa? Itu dikarenakan dalam es teh manis terkandung zat oxalate.

Zat oxalate merupakan salah satu senyawa yang menjadi penyebab utama pembentukan batu ginjal. Jika Anda tidak ingin terkena batu ginjal, batasi minum es teh manis. Beberapa minuman yang disarankan setelah makan seperti air putih atau perasan air lemon.

6. Mempersempit Usus

Terlalu sering minum air es setelah makan berdampak buruk bagi usus Anda, hal yang mungkin terjadi adalah penyempitan usus. Jika hal tersebut terjadi, tentu akan mengganggu proses pencernaan dan penyerapan makanan.

Sifat air es yang dingin mampu membekukan minyak yang terkandung dalam makanan yang kita konsumsi. Dampaknya mungkin akan menimbulkan penimbunan lemak di usus sehingga mempersempit salurannya. Adapun gejala yang dapat dialami seperti nyeri pada usus dan susah buang air besar.

7. Perut Menjadi Buncit

Perlu kita ketahui, bahwa ternyata air es yang masuk ke dalam tubuh akan dihangatkan oleh bantalan lemak sebelum masuk ke dalam lambung. Bantalan lemak itu berasal dari makanan yang kita konsumsi dan sebagian lemaknya akan disimpan dalam tubuh.

Masalahnya adalah jika terlalu sering minum air dingin, tentu tubuh memerlukan bantalan lemak yang lebih besar. Hal tersebut memicu penumpukan lemak pada bagian perut sehingga tampak seperti perut buncit. Untuk mencegahnya kita bisa berolahraga secara teratur supaya bantalan lemak dapat terkontrol.

8. Justru Mempercepat Rasa Haus

Dampak lain dari sering minum air dingin yaitu mempercepat pengeluaran cairan dari dalam tubuh. Keadaan tersebut memicu rasa haus lebih cepat dari biasanya, dampak lainnya mungkin membuat tenggorokan menjadi kering.

Minum air dingin setelah berolahraga menjadi kebiasaan salah yang malah mengurangi manfaat berolahraga itu sendiri. Setelah berolahraga, Anda lebih disarankan untuk minum air putih bersuhu normal.

9. Memicu Demam

Mungkin ini tidak terjadi pada semua orang, namun lebih kepada mereka yang memiliki daya tahan tubuh rendah. Seperti yang sudah kita ketahui, air es membawa suhu dingin yang bila beradu dengan suhu hangat setelah berolahraga akan memicu demam.

Jika Anda termasuk seseorang yang biasa minum air dingin setelah berolahraga, mulai dari sekarang jangan lakukan itu lagi. Jika dilakukan secara terus-menerus penyakit lain juga bisa menghampiri Anda.

Sebenarnya minum air dingin itu boleh saja, namun diwaktu yang tepat dan dibatasi. Nah, itulah beberapa Bahaya Sering Minum Es Bagi Kesehatan, kiranya informasi ini bisa menambah wawasan Anda. Artikel ini bukannya bermaksud menakuti Anda, melainkan untuk mengingatkan kita bahwa air dingin ternyata berdampak buruk bagi kesehatan.

Artikel Terkait

10 Bahaya Sering Minum Es Bagi Kesehatan Tubuh
4/ 5
Oleh