Rabu, 17 Mei 2017

15 Cara Menyembuhkan Sakit Tulang Belakang Anda

Kategori

Sakit Tulang Belakang | Tulang merupakan penopang organ-organ tubuh, disana melekat otot yang berfungsi untuk menggerakkan tubuh. Namun, tulang juga memiliki beberapa masalah seperti sakit tulang, keropos dan sebagainya. Masalah tulang bisa dialami semua kalangan dan sangat mengganggu aktivitas.

Cara Menyembuhkan Sakit Tulang Belakang
Credit Image Alodokter

Tulang harus dijaga serta dirawat dengan baik sehingga terhindar dari resiko penyakit tulang. Caranya dengan mengkonsumsi makanan yang kaya akan kalsium. Seperti yang sudah kita ketahui, kalsium berguna untuk menguatkan tulang dan gigi. Adapun makanan tinggi kalsium adalah susu dan olahannya seperti yougurt.

Supaya terhindar dari resiko sakit tulang, hindari aktivitas yang dapat membahayakan tulang seperti olahraga ekstrim. Selain itu, jangan terlalu banyak duduk serta malas beraktivitas. Usahakan untuk rutin bergerak dan berolahraga.

Tulang belakang merupakan bagian yang paling sering mengalami nyeri, ini dikarenakan banyak duduk dan beristirahat. Selain itu, masih ada penyebab lainnya seperti yang ada di bawah ini.

Baca Juga: #9 Jenis Penyakit Pada Kulit dan Cara Menyembuhkannya

Penyebab Sakit Tulang Belakang


Sakit tulang bisa disebabkan oleh beberapa hal seperti kurangnya berolahraga serta beraktivitas. Bisa juga disebabkan karena kekurangan asupan kalsium. Informasi selengkapnya dapat Anda baca di bawah ini.

1. Malas Bergerak

Salah satu hal yang sangat berpengaruh dalam kesehatan tulang adalah aktivitas. Semakin banyak Anda beraktivitas, maka semakin kuatlah tulang. Berbeda dengan mereka yang malas bergerak, resiko terkena masalah tulang akan semakin besar. Apalagi jika lama duduk dan tidak berolahraga, tentu akan mengakibatkan dampak yang lebih buruk.

2. Gaya Hidup Buruk

Gaya hidup merupakan faktor penting dalam kehidupan manusia, gaya hidup berdampak sangat besar serta perlu untuk diperhatikan. Gaya hidup buruk akan mengakibatkan banyak permasalahan seperti masalah tulang. Gaya hidup buruk meliputi penggunaan obat terlarang, merokok, mengkonsumsi makanan cepat saji dan sebagainya.

3. Infeksi Mikroba

Sakit tulang juga dapat disebabkan oleh infeksi yang terjadi pada tulang. Biasanya infeksi ini disebabkan oleh mikroba seperti bakteri. Infeksi tersebut akan menimbulkan rasa sakit atau nyeri yang berujung terjadinya keropos. Mikroba sejenis ini bisa datang melalui makanan yang dikonsumsi.

4. Posisi yang Tidak Benar

Kelainan tulang juga dapat disebabkan posisi yang tidak benar. Maksudnya adalah posisi tidur maupun duduk yang tidak benar. Tidak sedikit kasus sakit tulang belakang yang disebakan oleh salah posisi. Mungkin jika terjadi sekitar 1-2 kali tidak akan berdampak buruk, tapi jika sudah menjadi kebiasaan akan berdampak fatal pada bentuk tulang.

5. Menggunakan Sepatu Hak Tinggi

Pada saat menggunakan sepatu hak tinggi, secara otomatis lengkungan tulang belakang akan melebihi batas normal. Hal ini bisa memicu terjadinya nyeri dan kelainan tekstur tulang. Perlakuan dibatas normal mungkin tidak akan berdampak buruk, namun jika terlalu sering dan menggunakannya dalam waktu lama maka akan menimbulkan masalah tulang.

Cara Menyembuhkan Sakit Tulang Belakang


Sakit tulang belakang memang dapat disebabkan oleh banyak hal, karenanya kita harus berhati-hati dan menghindari kebiasaan yang bisa memicu kelainan tulang. Jika sudah mengalaminya, Anda bisa menyembuhkannya dengan melakukan cara di bawah ini.

1. Melakukan Gaya Hidup Sehat

Seperti yang sudah kita ketahui, gaya hidup merupakan salah satu penyebab sakit tulang belakang. Maka dari itu, kita harus melakukan gaya hidup sehat dan menjauhi gaya hidup buruk. Untuk melakukan gaya hidup sehat cukup mudah, Anda mesti mengkonsumsi makanan bergizi, rutin berolahraga dan menghindari kebiasaan buruk.

Gaya hidup sehat juga meliputi tidur yang cukup, perbanyak minum air putih dan mengatur emosional. Karena disaat emosi tidak stabil, kemungkinan besar Anda akan melakukan kegiatan yang justru dapat berdampak buruk bagi kesehatan tulang.

2. Jangan Terlalu Memaksakan Tubuh

Pada dasarnya tubuh kita memerlukan istirahat, supaya energi dapat terkumpul dan organ-organ menjadi segar. Namun, jika terlalu memaksakan tubuh untuk bekerja maupun berolahraga bisa memicu terjadinya masalah tulang punggung.

Usahakan tubuh mendapatkan waktu istirahat yang cukup yakni sekitar 8-9 jam setiap harinya. Anda bisa memaksimalkannya dengan mengkonsumsi makanan yang kaya akan kalsium seperti susu.

3. Mengkonsumsi Makanan Tinggi Kalsium

Salah satu cara yang paling mudah untuk menyembuhkan sakit tulang adalah mengkonsumsi makanan yang kaya akan kalsium. Anda bisa mendapatkan beberapa makanan tinggi kalsium dari olahan susu seperti yougurt atau keju. Selain itu, kalsium juga banyak didapatkan pada sayuran brokoli, bayam dan olahan ikan seperti salmon dan sarden.

4. Rutin Berolahraga

Olahraga merupakan kegiatan yang bertujuan untuk menyehatkan dan menguatkan tulang. Olahraga juga berguna untuk menguatkan pondasi tubuh sehingga tidak mudah mengalami kelainan. Bagi penderita masalah tulang belakang seperti punggung, maka Anda bisa melakukan cara ini secara rutin sampai sakit punggung itu hilang. Tapi ingat, lakukanlah olahraga yang cocok untuk Anda, jangan memaksakan karena bisa memperburuk keadaan.

5. Jauhi Rokok dan Obatan Terlarang

Menurut penelitian yang dilakukan oleh pakar kesehatan tulang, rokok serta obatan terlarang bisa merusak dan menimbulkan masalah tulang seperti keropos. Selain itu, menggunakan barang ini dapat mengakibatkan efek berbahaya bagi kesehatan fisik dan psikis.

Jika Anda merupakan orang menggunakannya, alangkah lebih bagus jika menghentikan kebiasaan buruk ini. Karena akan membawa dampak buruk saja dan malah merusak tubuh. Namun, jika Anda bukan pemakai, jangan pernah untuk mencobanya dan hindari para penggunanya.

6. Menggunakan Es dan Air Hangat

Sakit tulang belakang juga dapat diatasi dengan melakukan terapi es dan air hangat. Selain itu, cara ini cukup mudah untuk dilakukan serta tidak mengeluarkan biaya. Caranya adalah dengan menaruh es ke area punggung kemudian gosok secara merata sampai es mencair serta diamkan selama 20 menit. Keesokan harinya, Anda dapat melakukan pemandian atau menempelkan benda hangat pada punggung supaya ototnya dapat kembali lentur dan tidak kaku lagi.

7. Pijatan pada Punggung

Masalah tulang belakang juga dapat diatasi dengan melakukan pemijatan atau urut dalam jangka waktu panjang. Dengan melakukan ini, otot kaku dapat segera lentur dan tulang pun terdorong ke tempat semula. Carilah tukang urut yang memang ahli serta gunakanlah minyak urut yang terpercaya. Hindari penekanan posisi tulang tanpa mempunyai keahlian khusus.

8. Melakukan Terapi Fisik

Penyakit tulang belakang bisa digunakan untuk mengatasi masalah tulang punggung serta daerah disekitarnya. Hanya saja untuk melakukan metode ini, Anda membutuhkan seseorang yang sangat ahli sehingga dapat menuntun Anda dengan benar.

Biasanya seseorang ahli dapat menuntun Anda melakukan gerakan yang bisa melenturkan otot punggung. Gerakan yang salah bisa berefek buruk yang malah akan merusak postur tulang. Adapun gerakan yang dapat dilakukan yaitu menggerakkan pinggang ke kanan dan kiri dengan repetisi yang cukup banyak. Selain itu kombinasikan dengan mengangkat tangan lalu melepaskannya ke bawah.

9. Akupuntur

Salah satu metode pengobatan yang bisa menghilangkan rasa nyeri pada tulang belakang yakni dengan melakukan akupuntur. Prinsipnya adalah merangsang pada otot menggunakan jarum yang kemudian ditusuk ke kulit.

Sebelum melakukannya, alangkah baiknya jika mencari tempat akupuntur yang sudah resmi dan diakui. Memilih tempat akupuntur yang salah dapat mengakibatkan kejadiaan berbahaya seperti gangguan syaraf dan sebagainya.

10. Minum Obat Khusus

Bagi Anda yang malas menjalani metode terapi, Anda bisa meminum obat khusus yang nantinya akan menangani rasa nyeri pada punggung. Beberapa obat medis yang bisa dikonsumsi adalah asetaminofen, nonsteroidal anti inflammatory drugs. Namun, lebih baik menggunakan resep dari dokter supaya tidak salah. Selain itu, Anda mesti memilih obat yang asli dan sudah terjamin oleh badan kesehatan.

11. Ramuan dari Bawang Merah, Jahe Merah dan Angco

Sakit tulang belakang di pinggang dan punggung dapat Anda atasi dengan menggunakan obat herbal berbahan bawang merah, jahe merah dan buah angco atau kurma china. Ini merupakan ramuan china yang dipercaya ampuh untuk meredakan rasa sakit pada tulang punggung.

Caranya cukup mudah, Anda harus menyiapkan bawang merah sekitar 1 siung, jahe 1 potong dan angco secukupnya. Bersihkan dari kulitnya kemudian rebus hingga mendidih. Setelah itu, tunggu hingga dingan dan minum ramuan ini secara teratur.

12. Yoga

Yoga merupakan bagian dari olahraga, hanya saja yoga tidak mengeluarkan banyak tenaga. Walau begitu, manfaat yoga sangat banyak seperti dapat memperbaiki postur tulang belakang. Dengan melakukan yoga secara rutin dan konsisten, nyeri tulang belakang akan segera hilang. Selain itu, yoga berguna sebagai media relaksasi dan melenturkan otot yang kaku. Maka dari itu, lakukan yoga secara teratur dan dengan bantu seorang ahli.

13. Penyuntikan Kortikosteroid

Suntikan kortikosteroid dilakukan untuk menghilangkan rasa sakit pada punggung dan pinggang. Ini dilakukan bagi penderita yang sering dilanda nyeri hebat pada sekitar tulang belakangnya. Pada dasarnya prinsip penyuntikan sama dengan suntik biasanya. Hanya saja Anda akan mengalami efek samping yang bervariasi. Untuk melakukannya, pilihlah dokter yang sungguh ahli dibidang ini. Jangan asal-asalan karena akan memicu penyakit lain yang justru sangat berbahaya.

14. Prinsip Biofeedback

Cara medis lainnya yang bisa digunakan untuk mengobati sakit tulang belakang ialah dengan melakukan metode biofeedback. Ini merupakan prinsip kerja yang menggunakan teknologi yang kemudian dihubungan ke otak. Pada saat itu, penderita diarahkan untuk bisa mengontrol rasa sakit, denyut jantung dan sebagainya. Walaupun sedikit mahal, pengobatan ini berdampak besar dalam peyembuhan rasa sakit pada punggung maupun pinggang.

15. Operasi Punggung

Cara terakhir untuk menyembuhkan sakit tulang belakang yakni melakukan operasi punggung. Mungkin ini terdengar sangat menyeramkan, namun mau bagaimana lagi. Jika sakit punggung tak kunjung hilang, maka dokter akan melakukan pengecekan. Dan jika didapatkan bahwa penyebabnya adalah tonjolan disk yang mengganggu syaraf. Maka dokter akan memutuskan untuk melakukan pembedahan dengan menggunakan prinsip discectomy ataupun laminectomy. Perlu diingat, operasi tidak selalu berhasil, karena itu jadikan operasi sebagai pilihan terakhir saja.

Demikianlah artikel dari Ulasan Kesehatan tentang cara menyembuhkan sakit tulang belakang, dan semoga artikel ini dapat bermanfaat dan menambah wawasan Anda. Jika artikel ini berguna, tidak ada salahnya untuk di share supaya semua orang dapat membacanya. Jika memiliki pertanyaan dapat berkomentar dan menghubungi kami.

Manusia biasa yang ingin berbagi informasi melalui media blog. Mari berkenalan, silahkan kontak akun sosial media kami. Terimakasih.