Senin, 15 Mei 2017

#9 Jenis Penyakit Pada Kulit dan Cara Menyembuhkannya

Kategori

Penyakit Pada Kulit | Pada dasarnya, kulit memiliki fungsi sebagai pelindung organ di dalamnya. Karena itu, kulit sangat penting bagi tubuh manusia sehingga kita harus menjaga dan merawatnya dengan baik. Namun, tetap saja ada masalah yang bisa merusak kesehatan kulit, beberapa diantaranya dapat memicu penyakit berbahaya.

Cara Menyembuhkan Penyakit pada Kulit
Credit Image Alodokter

Kerusakan pada kulit bisa datang dari dalam dan luar. Faktor dalam meliputi asupan vitamin kulit yang tidak tercukupi, sedangkan faktor luar bisa disebabkan oleh sinar matahari atau polusi. Maka dari itu, sebelum terkena penyakit kulit ada baiknya kita menjaga dan merawatnya.

Kulit juga sangat penting dalam penampilan, tidak heran orang rela menghabiskan banyak uang hanya untuk mendapatkan kualitas kulit ideal. Seperti apa itu kulit ideal? Mungkin setiap orang memiliki standardnya masing-masing.

Jika kulit sehat, kepercayaan diri akan semakin besar dan mudah dalam bergaul. Selain itu, penyakit pada kulit juga bisa merusak citra seseorang sehingga kepercayaan dirinya akan menurun. Daripada semakin penasaran, penjelasan seputar jenis penyakit kulit ada di bawah ini.

Baca Juga: #11 Obat Flu Tradisional yang Paling Ampuh

Jenis Penyakit Pada Kulit dan Cara Menyembuhkannya


Seperti yang sudah kita ketahui, kulit mempunyai ancaman penyakit yang paling besar. Sebab kulit terletak di bagian terluar tubuh manusia. Ada beberapa penyabab yang bisa memicu penyakit pada kulit, seperti jamur, bakteri dan virus. Namun, sebagian besar penyakit kulit diakibatkan oleh jamur atau fungi. Informasi selengkapnya dapat Anda baca di bawah ini.

1. Jerawat

Penyakit pada kulit yang pertama yakni jerawat. Ini merupakan sebuah masalah kulit yang pada umumnya dialami semua orang, terkhususnya bagi remaja yang baru menginjak masa puber. Jerawat termasuk masalah kulit yang paling mengganggu dan merepotkan. Karena jerawat biasanya datang secara mendadak dan dalam jumlah yang tidak sedikit.

Pada dasarnya, jerawat dibedakan menjadi 3 yaitu jerawat pasir, jerawat batu dan jerawat biasa. Dari bebarapa jenis tersebut, jerawat batulah yang memiliki dampak paling berbahaya dan sulit untuk dihilangkan. Lalu bagaimana cara mengatasinya? Simak informasi di bawah ini.

A. Menggunakan Pasta Gigi

Menggunakan pasta gigi adalah cara termudah dan cukup efektif untuk mengatasi masalah jerawat. Namun, gunakanlah pasta gigi yang mengandung triclosan dan hidrogen peroksida. Serta pilihlah pasta gigi yang memiliki kualitas bagus.

Dalam penerapannya, pasta gigi tersebut dapat Anda jadikan sebagai masker. Anda bisa mengoleskan pasta gigi secara merata ke seluruh bagian wajah, dan akan lebih efektif jika dipakai sebelum tidur. Kemudian pada keesokan harinya, Anda bisa membilasnya dengan bersih hingga tidak ada sisa yang menempel.

B. Masker Tomat

Cara kedua untuk menghilangkan jerawat adalah menggunakan masker tomat. Memang masker ini cukup ampuh dalam mengurangi masalah jerawat. Sebab tomat mengandung vitamin e, yang sangat bagus untuk menyehatkan kulit dan mengatasi masalah kulit.

Anda bisa menyiapkan sekitar 2 buah tomat, kemudian iris tipis dan aplikasikan keseluruh area kulit muka. Jika jerawat yang Anda alami sudah sangat parah, haluskan tomat tersebut dengan menggunakan blender. Kemudian oleskan pada kulit yang berjerawat tersebut. Setelah itu, diamkan sekitar 20 menit saja dan bilas hingga bersih.

C. Memanfaatkan Madu

Madu memang sangat efektif dalam mencerahkan dan merawat kulit wajah. Cara ini juga sudah diterapkan sejak zaman kleopatra. Dipercaya madu, bisa menghaluskan kulit dan mengangkat kulit mati yang menjadi penyebab waja kusam.

Untuk pemanfaatannya, siapkan dulu madu sekitar 2 sendok makan. Kemudian oleskan keseluruh kulit wajah yang bermasalah. Dan diamkan sekitar 30 menit hingga kandungan gizi madu sudah diserap kulit. Untuk hasil yang lebih maksimal, Anda bisa mencampurkan dengan halusan tomat.

2. Eksim

Eksim merupakan penyakit kulit yang terbagi 2 yakni eksim basah dan kering. Eksim basah biasanya terdapat nanah, sedangkan eksim kering memiliki tekstur kasar, tebal dan bersisik. Penyakit ini berwarna kemerahan dan biasanya penderitanya akan merasa kepanasan dan gatal.

Eksim termasuk penyakit kulit yang susah untuk disembuhkan, bahkan penyakit ini bisa sampai 1 tahun barulah sembuh. Karena hal ini, penderitanya akan mengalami dilema dan memicu turunnya kepercayaan diri.

Walaupun begitu, penyakit kulit ini bisa juga disembuhkan dengan cepat. Caranya dengan mengobatinya selagi masih kecil, karena disaat sudah menyebar eksim sangat susah diihilangkan. Karena itu ketahui ciri penyakit eksim seperti berwarna merah, melingkar, kering ataupun basah, sedikit lebih tebal dari kulit normal, terasa panas dan gatal. Jika terjadi, lakukan penyembuhan dengan cara di bawah ini.

A. Campuran Belerang dan Bengkuang

Cara menyembuhkan penyakit kulit eksim bisa dengan membuat obat gosok dari bahan belerang, bengkuang dan minyak kelapa. Cara ini cukup mudah dan bisa dilakukan siapa saja asalkan ada kemauan untuk sembuh.

Siapkan sekitar 4 sendok makan tepung belerang, 3-4 bengkuang dan minyak kelapa secukupnya. Tumbuk belerang dan bengkuang hingga halus, kemudian tambahkan minyak kelapa. Aplikasikan ramuan ini pada kulit yang terkena eksim secara merata. Lakukan cara ini sekitar 2 kali dalam sehari hingga penyakitnya sembuh.

B. Rebusan Kangkung

Menurut penelitian, kangkung cukup ampuh untuk mengatasi penyakit eksim. Namun, tidak akan membuat obat herbal melainkan dengan mencuci kulit dengan rebusan kangkung tersebut.

Siapkan kangkung segar yang baru dipetik, kemudian cuci hingga bersih. Lalu rebus dengan air yang tidak terlalu banyak. Setelah itu, peras supaya air terpisah dari kangkungnya. Gunakan air tersebut untuk membasuh kulit yang terkena eksim.

3. Kurap

Kurap merupakan penyakit kulit yang paling fenomenal dan banyak dialami orang. Penyakit ini memiliki ciri yang hampir sama dengan eksim, hanya saja kurap tidak terasa panas. Penyakit kulit ini ditandai dengan munculnya lingkaran merah yang sedikit tebal dan sangat gatal.

Kurap termasuk penyakit yang cukup susah disembuhkan, namun mudah dicegah. Anda bisa mencegah penyakit ini dengan rutin membersihkan kulit dan menjaga kesehatannya. Lalu jika sudah terkena harus bagaimana? Pastinya harus disembuhkan, jika bingung Anda bisa melakukan beberapa cara di bawah ini.

A. Bawang Putih

Bawang putih memiliki antioksidan yang sangat baik dalam membunuh jamur penyebab kurap. Karena itu, bawang jenis ini bisa dijadikan salah satu langkah untuk menyembuhkan penyakit kurap. Caranya pun sangat mudah dilakukan, hanya saja Anda harus menyediakan beberapa bawang putih.

Untuk menerapkannya, siapkan dulu 2-3 bawang putih. Kemudian iris menjadi 2 bagian, lalu oleskan pada bagian kulit yang terkena kurap. Walaupun akan terasah pedih, namun hasilnya cukup memuasakan.

B. Oleskan Minyak Kelapa

Menurut penelitian di Autralia, minyak kelapa sangat bermanfaat untuk mengatasi masalah penyakit kurap. Bahkan, minyak kelapa ini bisa menghilangkan bekas kurap secara alami dan cukup cepat juga.

Anda bisa mengambil minyak dari kelapa segar atau bisa juga menggunakan minyak kelapa kemasan. Pada penerapannya, Anda bisa langsung mengoleskan minyak tersebut ke kulit berkurap. Lakukan cara ini sebanyak 3 kali setiap harinya sampai kurap hilang.

C. Menggunakan Pasta Kunyit

Sejak zaman dahulu, kunyit sudah dipakai sebagai obat kurap tradisional. Ini dikarenakan kunyit mampu mengurangi infeksi dan menghambat perkembangan jamur di kulit. Kunyit juga baik dalam mengembalikan kondisi kulit menjadi seperti semula.

Anda bisa membuat pasta kunyit dengan mencampurkan sedikit air dan bubuk kunyit sehingga terbentuk sebuah pasta alami. Setelah itu, oleskan pasta ini ke bagian kulit yang terkena penyakit kurap. Lakukan cara ini secara konsisten setiap harinya sampai jamur tidak menunjukkan perkembangan. Hentikan penggunaan pasta kunyit ini jika kurap sudah mulai menghilang.

4. Kudis

Kudis merupakan penyakit kulit yang disebabkan oleh tungau dan kutu kecil yang sering disebut sarcoptes scabiei. Penyakit ini memiliki gejala kemerahan dan gatal-gatal. Selain itu, kudis juga termasuk penyakit menular yang bisa ditularkan melalui kontak langsung dan menggunakan handuk pederitanya.

Kutu penyebab kudis mampu menerobos kulit dan menghisap darah Anda. Setelah itu, kutu tersebut akan meninggalkan bekas luka yang nantinya akan menjadi infeksi. Walau begitu, kudis bisa dicegah dengan rutin membersihkan lingkungan dan diri sendiri. Adapun cara untuk menyembuhkan penyakit kudis antara lain:

A. Kunyit dan Lemon

Dalam kunyit terkandung antiseptik dan anti-inflamasi yang sangat bagus untuk mempercepat penyembuhan kudis. Selain itu, kandungan vitamin c yang tinggi dalam buah lemon mampu membunuh tungau dan kutu penyebab kudis.

Untuk menyembuhkannya, Anda harus menggiling kunyit dan kemudian tambahkan sedikit air lemon sehingga membentuk pasta. Setelah itu, aplikasikan pada kulit yang terkena kudis secara teratur minimal 2 kali dalam sehari.

B. Bawang Putih

Bahan masakan yang satu ini memiliki sifat anti radang dan anti-bakteri, karena itu cocok digunakan untuk menyembuhkan penyakit kudis. Cara menyembuhkannya juga sangat mudah serta bahannya pasti Anda miliki.

Caranya ambil 2 bawang putih dan iris menjadi 2 bagian sama besar. Kemudian gosokkan pada kulit yang mengalami kudis secara perlahan supaya tidak terjadi lecet. Gosokkan tersebut akan menimbulkan rasa perih, tapi Anda akan mendapat hasil yang sesuai. Lakukan cara ini setelah selesai mandi dan jangan dicuci.

C. Lidah Buaya

Lidah buaya atau aloe vera ini memiliki sifat anti mikroba yang bisa digunakan untuk mengusir serta mematikan kutu penyebab kudis. Selain itu, lidah buaya juga bisa didapatkan dimana saja. Anda bisa mengambil sedikit daun lidah buaya kemudian belah menjadi 2 bagian. Setelah itu, ambil gelnya saja dan oleskan pada kulit yang ada kudisnya. Lakukan cara ini minimal 1 kali dalam sehari saat setelah mandi.

5. Panu

Penyakit pada kulit yang selanjutnya adalah panu. Panu merupakan penyakit kulit yang sering dialami orang. Penyakit ini ditandai dengan lingkaran putih yang terlihat cukup jelas, lingkaran tersebut bisa muncul di beberapa bagian seperti wajah, punggung, lengan, leher dan perut.

Panu juga bisa menimbulkan rasa malu dalam bergaul dan beradaptasi dengan masyarakat. Penyakit kulit ini diakibatkan infeksi pada pigmen kulit sehingga merubah warnanya menjadi putih dan gatal. Jika terjadi gejala seperti ini, langsung lakukan proses penyembuhan selagi panu masih dalam skala kecil.

A. Bawang Putih

Sepertinya bawang putih bisa digunakan untuk semua masalah kulit, salah satunya adalah panu. Selain itu, bawang putih juga mudah untuk didapatkan serta gampang dalam penggunaannya.

Untuk menyembuhkan penyakit panu, siapkan sekitar 1-2 bawang putih. Kemudian belah menjadi 2 bagian serta gosokkan pada panu tersebut. Gosokkan akan menimbulkan rasa perih dan panas, tapi dapat membunuh jamur penyebab panu sehingga dapat hilang untuk selamanya.

B. Jeruk Nipis dan Belerang

Jeruk nipis mengandung vitamin c yang sangat baik untuk membunuh kuman dan jamur penyebab panu. Sedangkan belerang mampu mengikat vitamin c tersebut sehingga dapat diserap dengan baik. Karena itu, jeruk nipis dan belerang bisa digunakan untuk menghilangkan panu Anda.

Untuk penerapannya, Anda perlu menyiapkan 2 buah jeruk nipis dan belerang sekitar 4 sendok makan. Tumbuk belerang tersebut sampai halus serta tambahkan jeruk nipis. Setelah itu, oleskan pada kulit yang ada panunya secara merata. Lakukan cara ini minimal 2 kali dalam sehari sampai panu sudah sepenuhnya hilang.

6. Bisul

Bisul adalah benjolan pada kulit yang sangat sakit bila menyentuh benda keras. Bisul juga ditandai dengan munculnya benjolan yang pada ujungnya terdapat nanah. Biasanya bisul akan hilang selama seminggu jika tidak dipegang.

Selain itu, bisul bisa timbul dimana saja salah satunya adalah perut dan pantat. Bisul juga sangat mengganggu terutama jika terdapat pada bokong. Biasanya bisul lebih banyak dialami oleh orang yang jarang membersihkan kulit. Jika terkena bisul lakukan beberapa langkah penyembuhan seperti yang ada di bawah ini.

A. Menggunakan Lidah Buaya

Lidah buaya mengandung banyak mineral, vitamin dan antioksidan yang memiliki banyak manfaatnya. Salah satunya ampuh untuk menyembuhkan penyakit bisul dengan cepat walau kondisinya sudah parah.

Siapkan sekitar 2 lembar daun lidah buaya, kemudian kupas serta pisahkan daging dari kulitnya. Gunakan daging lidah buaya tersebut untuk menggosok bisul, bila perlu tempelkan gel tersebut serta tutup dengan kapas. Lakukan cara ini minimal 1 kali dalam sehari.

B. Bawang Merah

Pada dasarnya bawang putih dan bawang merah memiliki manfaat yang sama, hanya saja bawang merah membantu pengeringan bisul menjadi lebih cepat. Karena itu, bawang merah sangat baik untuk menghilangkan bisul dengan jangka waktu sebentar.

Jika dirumah tidak ada bawang putih, Anda bisa menggunakan bawang merah. Setelah itu, iris bawang tersebut menjadi beberapa bagian. Lalu gosokkan pada bisul secara perlahan dan sampai bisul terasa mengecil. Untuk mendapatkan hasil optimal, lakukan cara ini setiap harinya.

C. Daun Sirih

Menurut studi kasus, daun sirih banyak digunakan untuk menghilangkan masalah kewanitaan. Selain itu, kadungan antibiotiknya juga baik dalam menyembuhkan bisul. Caranya pun cukup mudah serta bisa dilakukan siapa saja.

Siapkan 5 lembar daun sirih, lalu tumbuk sampai mengeluarkan air. Kemudian tempelkan pada bisul Anda dan bila perlu ikat dengan perban. Lakukan cara ini minimal 1 kali sehari saat setelah mandi.

7. Herpes

Herpes merupakan penyakit kulit yang disebabkan oleh virus varisella. Biasanya penderitanya akan merasakan demam disertai rasa sakit serta gatal pada kulit. Penyakit kulit ini dapat menyerang tulang belakang dan otak. Karena hal itu, herpes akan cepat sembuh dan datang lagi dalam jangka waktu cepat.

Herpes ditandai dengan timbulanya ruam merah pada kulit, serta biasanya akan sangat sakit bila bersentuhan dengan benda keras. Penyakit kulit ini bisa ditularkan melalui cairan herpes yang pecah dan disentuh oleh orang lain. Untuk penanganannya, Anda bisa menyembuhkannya menggunakan obat alami yang ada di bawah ini.

A. Gunakan Pakaian Lembut dari Bahan Katun

Penyakit kulit ini bisa diatasi tanpa menggunakan obat, yakni dengan mengenakan pakaian lembut dari bahan katun. Ini dilakukan supaya tidak terjadi lecet dan infeksi pada penyakit herpes tersebut serta jangan menggaruknya.

Karena herpes bisa terjadi dimana saja seperti ketiak, bibir atau bahkan alat vital. Maka Anda mesti memilih pakaian dengan baik dan sesuai untuk kulit. Pilihlah pakaian yang aman, lembut serta dapat menyerap cairan.

B. Menggunakan Krim Antibiotik

Virus penyebab penyakit herpes dapat ditangkal dengan rutin menggunakan krim antibiotik. Krim seperti ini cukup efektif untuk mencegah dan menyembuhkan penyakit herpes jenis apa pun. Anda bisa mencari beberapa krim yang mengandung antibiotik, serta pilihlah krim dengan kualitas bagus yang sudah memiliki izin BPOM.

8. Cacar Air

Penyakit kulit ini disebabkan oleh virus varicella zoster, dan biasanya menyerang anak-anak. Walau begitu, orang dewasa juga bisa terkena cacar air. Penyakit kulit seperti ini cukup susah dalam penanganannya, penderitanya harus bisa menahan gatal dan jangan menggaruknya.

Bila cacar air digaruk, cairannya bisa menginfeksi kulit yang masih baru. Sehingga kulit lainnya, ikutan terkena cacar air. Penyakit kulit ini bisa sembuh dalam 2 minggu atau lebih, tergantung dari perawatannya. Jika terserang cacar air lakukan penyembuhan dengan cara di bawah ini.

A. Buah Mengkudu

Buah satu ini memang terkenal akan baunya yang tak sedap, namun mengkudu bisa mengeringkan cacar air sehingga dapat sembuh dengan cepat. Untuk penerapannya pun tidak terlalu sulit, Anda mesti menyiapkan mengkudu segar. Kemudian belah menjadi kecil dan pisahkan dari bijinya, lalu belender sampai halus. Tambahkan sedikit madu dan minum jus tersebut minimal 1 kali dalam sehari.

B. Kunyit

Kunyit juga bisa digunakan untuk menghilangkan cacar air, sebab kunyit dapat mengeringkan dan mengatasi gatal-gatal yang ditimbulkan oleh penyakit kulit ini. Bukan hanya itu saja, kunyit juga ampuh untuk menghilangkan bekas cacar air.

Untuk melakukannya, Anda bisa menyiapkan kunyit secukupnya. Kemudian tumbuk hingga halus serta oleskan pada kulit yang terkena cacar air. Diamkan selama 10-15 menit dan bilas hingga bersih.

C. Kulit Pisang

Selain kunyit dan mengkudu, kulti pisang juga dapat dipakai untuk mengatasi cacar air. Ini dikarenakan kulit pisang bisa mempercepat penyembuhannya dengan melakukan pengeringan pada cacar air. Selain itu, kulit pisan juga bisa mengangkat kulit mati bekas cacar air.

Cara pemakaiannya sangat sederhana, setelah makan isinya gosokkan saja kulit pisang tersebut pada cacar air. Namun, jangan terlalu kuat karena bisa memecahkannya. Setelah itu, diamkan sekitar 10 menit serta lakukan cara ini minimal 2 kali dalam sehari.

9. Impetigo

Penyakit pada kulit yang terakhir adalah impetigo. Impetigo adalah penyakit kulit yang disebabkan oleh bakteri. Penyakit ini sangat menular sehingga Anda mesti berhati-hati. Impetigo dapat ditularkan melalui kontak fisik ataupun perantara seperti handuk, baju, celana dan sebagainya.

Impetigo disebabkan oleh bakteri Staphylococcus aureus atau Streptococcus pyogenes. Bakteri itu dapat dengan mudah menginfeksi kulit Anda, jika kulit tersebut memiliki luka. Selain itu, faktor yang bisa meningkatkan kemungkinan terkena impetigo adalah aktivitas berolahraga seperti basket, bela diri dll.

A. Menggunakan Obat Antibiotik

Impetigo dapat disembuhkan dengan menggunakan obat antibiotik, obat ini terbagi atas 2 bagian yakni antibiotik oles dan minum. Biasanya, antibiotik oles digunakan jika impetigo yang dialami masih dalam kategori ringan. Sedangkan, antibiotik minim dipakai ketika penyakit ini sudah menyebar kemana-mana. Anda harus menggunakan obat antibiotik yang sudah diizinkan oleh BPOM.

B. Bawang Putih

Bawang putih memiliki sifat anti-bakteri sehingga baik untuk membunuh bakteri penyebab impetigo. Dalam pemakaiannya, Anda bisa mengiris satu buah bawang putih. Kemudian gosok impetigonya secara perlahan agar tidak terjadi lecat. Gosokkan dapat membuat bakteri mati dan hilang untuk selamanya sehingga impetigo bisa diatasi dengan cepat.

Demikianlah artikel dari Ulasan Kesehatan tentang penyakit pada kulit, semoga artikel ini dapat bermanfaat dan bisa membantu Anda. Jika artikel ini bermanfaat, saya berharap untuk dibagikan supaya semua orang mendapat manfaatnya. Jika memiliki pertanyaan seputar topik ini dapat berkomentar atau menghubungi kami.

Manusia biasa yang ingin berbagi informasi melalui media blog. Mari berkenalan, silahkan kontak akun sosial media kami. Terimakasih.