Jumat, 12 Mei 2017

#11 Obat Flu Tradisional yang Paling Ampuh

Kategori

Obat Flu Tradisional | Flu atau pilek ini merupakan sejenis penyakit hidung yang pada dasarnya dapat dialami semua orang. Flu juga termasuk penyakit menular, dengan kata lain seseorang penderita flu bisa menularkan penyakitnya kepada orang terdekatnya. Penularan bisa terjadi melalui kontak langsung ataupun udara, karena itu jaga jarak Anda dengan penderita penyakit ini.

Obat Flu Tradisional yang Paling Ampuh

Flu menjadi salah satu penyakit yang paling sering menjangkiti manusia, bahkan tidak sedikit kasus kematian akibat penyakit ini. Flu akan menjadi sangat berbahaya jika penderitanya memiliki daya tahan yang rendah. Karenanya, virus penyebab flu akan mudah menerobos sistem imunnya.

Ada berbagai cara yang bisa dilakukan untuk mencegah penyakit flu, salah satunya dengan melakukan gaya hidup sehat. Dengan melakukan hal tersebut, kesehatan akan terjaga dan kekebalan tubuh akan meningkat. Sehingga virus penyebab flu tidak bisa menjangkiti tubuh.

Lalu bagaimana jika sudah terkena flu? Tentunya Anda perlu menyembuhkannya. Namun, alangkah baiknya jika menggunakan obat flu tradisional saja. Sebab jenis obat seperti ini lebih aman dan efektif dalam mengobati penyakit flu. Informasi selengkapnya dapat Anda baca di bawah ini.

Baca Juga: 11 Cara Termudah Menghilangkan Bau Kaki Secara Alami

Obat Flu Tradisional yang Ampuh


Jika terserang flu, setiap orang pasti mencari obat yang bisa mengatasi penyakit flu dengan cepat. Namun, pada dasarnya obat apa pun itu memerlukan waktu dalam menyembuhkan suatu penyakit. Bahkan, bisa sampai obat tersebut habis barulah penyakit sembuh. Tapi, jenis obat yang sangat direkomendasikan adalah obat flu tradisional yang memang ampuh dan tidak memiliki efek samping. Penjelasan selangkapnya di bawah ini.

1. Menggunakan Kunyit

Obat flu tradisional yang pertama yakni kunyit. Jenis rempah-rempah satu ini, sudah terkenal akan manfaatnya yang sangat banyak. Salah satunya ampuh dalam menyembuhkan flu atau pilek. Ini terjadi, karena kunyit mempunyai aroma khas dan kandungannya yang bisa menghangatkan tubuh.

Untuk menghilangkan flu, Anda bisa membuat minuman herbal dari kunyit. Selain itu, Anda juga bisa mencampurkan beberapa potong kunyit ke dalam susu atau teh. Jika ingin lebih mudah, masukkan juga kunyit ke dalam masakan Anda.

2. Rempah Kapulaga

Selain kunyit, ada juga jenis rempah yang baik dalam menyembuhkan flu atau pilek. Namanya adalah kapulaga, rempah ini merupakan biji beberapa tumbuhan dari genera Elettaria dan Amomum dalam keluarga Zingiberaceae.

Kapulaga merupakan rempah yang memiliki manfaat yaitu menghilangkan bau badan, mencegah mual, menyembuhkan rematik dan kejang perut serta baik untuk menyembuhkan amandel.

Anda bisa menyembuhkan penyakit flu dengan membuat minuman berbahan kepulaga dan madu. Caranya dengan seduh kapulaga dan tambahkan madu secukupnya. Jika terasa pahit, tambahkan lagi madu sampai rasanya cocok di lidah Anda.

3. Memanfaatkan Cengkeh

Masih dalam golongan rempah, cengkeh juga ampuh untuk mengatasi flu. Rempah satu ini bisa melancarkan pernapasan serta bagus dalam mengatur suhu tubuh. Selain itu, cengkeh bisa Anda dapatkan dengan mudah, rempah ini banyak tersebar di pasar tradisional ataupun kedai terdekat.

Manfaat cengkeh dapat Anda ambil dengan membuat minuman herbal atau menambahkannya ke dalam masakan. Cara ini terbilang cukup mudah dan bisa dilakukan siapa saja (Kecuali Balita). Minuman cengkeh juga bisa Anda nikmati dengan campuran madu alami.

4. Sup Hangat

Sebagai orang sakit cenderung menolak semua jenis makanan, beberapa diantaranya mungkin muntah setelah makan. Namun, ada makanan yang bagus untuk mengurangi flu atau pilek. Makanan tersebut adalah sup, hanya saja sup tersebut harus dalam kondisi hangat sehingga bisa menghangatkan suhu tubuh.

Setelah suhu tubuh menghangat, lendir di hidung pun akan mencair dengan sendirinya. Jika ingus banyak mencair, pernafasan akan semakin membaik dan flu akan berangsur sembuh. Sebab penyebab hidung tersumbat adalah lendir yang mengeras, dan biasanya berwarna hijau.

5. Mengkonsumsi Makanan Kaya Akan Vitamin C

Seperti yang sudah kita ketahui, vitamin c mempunyai manfaat yang bisa membunuh kuman penyebab penyakit. Maka dari itu, vitamin c sangat ampuh dalam mengatasi virus penyebab flu. Anda bisa mendapatkan vitamin c dari berbagai jenis makanan seperti buah ataupun olahan lainnya.

Adapun beberapa makanan yang kaya akan vitamin c adalah jeruk, lemon, jambu biji, kiwi, anggur dan cabai. Anda bisa memilih beberapa makanan tersebut dan mengkonsumsinya secara konsisten hingga flu sembuh. Namun, alangkah baiknya untuk mengkonsumsi makanan tinggi vitamin c supaya terhindar dari resiko penyakit flu.

6. Minum Air Hangat

Air merupakan kandungan terpenting tubuh manusia, sebab 70% tubuh terdiri atas cairan. Karena itu, betapa pentingnya cairan bagi tubuh manusia. Bisa saja flu yang Anda alami sekarang disebabkan kekurangan cairan tubuh sehingga menurunkan sistem kekebalan tubuh.

Untuk mencegahnya, kita wajib meminum air putih secara teratur 8-10 gelas setiap harinya. Bagi yang sudah menderita flu, ada baiknya untuk meminum air hangat sampai flu Anda sembuh. Dengan minum air hangat, lendir di hidung akan mencair dan pilek pun akan segera hilang.

7. Menghirup Aroma Minyak Kayu Putih

Obat flu tradisional yang selanjutnya yakni dengan menghirp aroma minyak kayu putih. Hidung tersumbat bisa diatasi dengan menghirup aroma mint seperti minyak kayu putih. Cara ini memang sudah dilakukan sejak zaman nenek moyang kita, dan hasilnya cukup memuasakan. Menurut penelitian, menghirup aroma mint bisa menghangatkan hidung sehingga ingus bisa mencair.

Karena itu, Anda mungkin harus menghirup wangi minyak kayu putih secara berkala hingga penyakit pileknya sembuh. Anda bisa mendapatkan produk minyak kayu putih di toko terdekat, dan pilihlah minyak kayu putih dengan kualitas mumpuni.

8. Mengkonsumsi Makanan Pedas

Makanan yang pedas dipercaya bisa menghangatkan tubuh, hal ini bisa dilihat dengan keluarnya keringat setelah mengkonsumsi makanan yang mengandung cabai. Selain itu, kandungan capsaicin cabai sangat ampuh untuk membersihkan hidung.

Anda bisa mengkonsumsi sup yang dicampurkan dengan lada atau cabai giling. Selain itu, hindari banyak mengkonsumsi cabai karena bisa mengakibatkan sakit perut dan susah buang air besar. Ada baiknya untuk menambahkan cabai secukupnya ke dalam masakan Anda.

9. Minuman Herbal Kayu Manis

Rempah ini memang dikenal akan manfaatnya yang sangat banyak. Kayu manis mampu merangsang sirkulasi darah sehingga tubuh akan menjadi hangat. Kondisi seperti ini sangat bagus dalam penanganan penyakit flu atau pilek.

Anda bisa mencampurkan 1 sendok bubuk kayu manis dan madu secukupnya. Kemudian seduh dan aduk hingga semua bahan tercampur rata. Nikmati minuman ini setiap pagi dan sore hari sampai flu yang Anda derita hilang. Minuman herbal ini sangat cocok di musim pancaroba, karena bisa meningkatkan kekebalan tubuh.

10. Campuran Jeruk Nipis dan Minyak Kayu Putih

Menurut para orang tua, jeruk nipis sangat ampuh untuk menyembuhkan penyakit flu. Dan ternyata, cara ini terbilang cukup efektif dan cukup mudah dilakukan. Anda hanya membutuhkan beberapa jeruk nipis dan minyak kayu putih saja.

Caranya dengan mencampurkan kedua bahan ini, lalu aduk hingga semua bahan tercampur rata. Kemudian gunakan ramuan ini sebagai obat gosok. Anda dapat menggosokkannya di area pernapasan seperti dada, punggung dan leher. Anda juga dapat menghirup aromanya, karena memiliki aroma mentol yang bisa menyegarkan pernapasan.

11. Campuran Merica Bubuk, Jahe dan Madu

Obat flu tradisional yang terakhir yaitu membuat minuman herbal dari campuran merica, jahe dan madu. Merica merupakan salah satu bahan masakan yang memiliki rasa pedas. Walaupun begitu, merica juga baik untuk menyembuhkan flu. Merica bubuk bisa didapatkan di kedai terdekat, karena itu cara ini cukup mudah. Hanya saja, merica bubuk dapat membuat mata perih jika masuk ke mata.

Pada cara ini, Anda juga memerlukan bahan lain seperti madu dan jahe. Untuk membuatnya, pertama Anda harus menggiling jahe tersebut. Kemudian seduh bersamaan dengan madu dan bubuk mericanya. Minum ramuan ini minimal 2 kali dalam sehari supaya flu cepat sembuh.

Demikianlah artikel dari Ulasan Kesehatan tentang obat flu tradisional yang ampuh, dan semoga artikel ini bermanfaat bagi Anda. Jika informasi ini bermanfaat, tidak ada salahnya untuk membagikannya di akun sosial media Anda. Supaya semua orang bisa mendapat manfaatnya. Jika memiliki pertanyaan seputar topik ini, dapat menghubungi kami atau dengan berkomentar.

Manusia biasa yang ingin berbagi informasi melalui media blog. Mari berkenalan, silahkan kontak akun sosial media kami. Terimakasih.