Sabtu, 20 Mei 2017

Sakit Kepala - Penyebab, Jenis dan Cara Menyembuhkannya

Kategori

Cara Menyembuhkan Sakit Kepala | Sakit kepala merupakan penyakit yang paling sering dialami. Walaupun sakit kepala bukan penyakit yang sangat berbahaya, tapi penyakit ini bisa mengganggu aktivitas dan sangat merepotkan.

Cara Menyembuhkan Pusing atau Sakit Kepala
Credit Image Republika

Pada dasarnya sakit kepala dapat dialami semua kalangan, baik anak-anak, remaja, dewasa ataupun lansia. Karena hal itu, sakit kepala menjadi penyakit yang umum dan bisa menjangkiti siapa saja.

sakit kepala juga dapat datang disaat yang tidak menentu, seperti saat bekerja maupun berolahraga. Bahkan, sakit kepala lebih sering datang ketika selesai tidur atau beristirahat.

Sebenarnya, sakit kepala dapat diatasi dengan mengkonsumsi obat. Namun, jika tidak kunjung hilang, ada baiknya untuk berkonsultasi dengan dokter spesialis. Dan jangan mengkonsumsi obat dalam takaran yang asal-asalan, karena dapat memperparah kondisi.

Namun, alangkah baiknya jika menggunakan cara alami yang tentunya tidak memiliki efek samping. Selain itu, gampang dilakukan serta tidak memakai obat lagi. Sebab konsumsi obat secara berkepanjangan akan merusak kesehatan ginjal dan organ lainnya.

Penyebab Sakit Kepala


Sebelum Anda masuk pada tahap cara menyembuhkan sakit kepala, ada baiknya untuk mencari tahu penyebabnya. Dengan begitu, Anda dapat mencegah resiko sakit kepala dikemudian hari. Selain itu, sakit kepala merupakan penyakit yang disebabkan oleh banyak hal seperti stres, kekurangan nutrisi dan sebagainya. Informasi selengkapnya dapat Anda baca di bawah ini.

1. Stres

Ada banyak faktor yang bisa memicu sakit kepala, salah satunya adalah stres. Ini merupakan hal yang memiliki dampak paling buruk dalam kesehatan, dengan stres daya tahan tubuh akan mengalami penurunan.

Selain itu, otak juga akan mengalami berbagai tekanan yang justru menimbulkan sakit kepala. Stres berkepanjangan juga memicu terjadinya gangguan mental yang akan membawa penderitanya untuk melakukan kegiatan diluar batas normal.

2. Kurang Istirahat

Istirahat merupakan suatu hal yang paling penting dan patut untuk diperhatikan. Kekurangan istirahat akan mengakibatkan timbulnya rasa kantuk dan pening di kepala. Ini dikarenakan otak tidak mendapatkan waktu istirahat yang cukup, sehingga kinerjanya akan mengalami penurunan. Bukan hanya itu, kurangnya istirahat dapat menurunkan tingkat kecerdasan dan konsentrasi otak.

3. Kepala Kedinginan

Tanpa Anda sadari, jika kepala terlalu sering terkena kipas angin maka akan memicu rasa sakit kepala. Ini terjadi akibat kepala tidak kuat lagi menahan dinginnya hembusan angin sehingga otak akan memberikan perlawanan dengan membuat kehangatan. Seperti yang sudah kita ketahui, jika dingin beradu dengan panas akan menghasilkan rasa sakit kepala.

4. Rasa Cemas

Gangguan ini merupakan salah satu penyebab sakit kepala yang paling sering dialami. Kecemasan yang terlalu berlebihan bisa menimbulakan gangguan pada otak, yang berujung pada terjadinya sakit kepala. Rasa cemas tersebut bisa datang dari kepanikan, ketakutan dan sebagainya.

5. Kekurangan Cairan

Cairan merupakan komponen terbesar dalam tubuh manusia, maka dari itu kekurangan sedikit cairan saja akan berakibat sangat buruk. Apalagi sampai terjadi dehidrasi, kemungkinan besar akan memicu timbulnya bermacam penyakit seperti sakit kepala. Hal ini dikarenakan asupan mineral ke otak berkurang secara drastis, sehingga proses kerjanya terhambat dan mengakibatkan timbulnya berbagai masalah.

Jenis Sakit Kepala


Layaknya penyakit lain, sakit kepala juga memiliki banyak jenis seperti migrain, vertigo, cluster dan sakit kepala berkepanjangan. Untuk informasi selengkapnya dapat Anda baca di bawah ini.

1. Vertigo

Vertigo adalah kondisi dimana kepala terasa sakit kepala seketika yang biasanya ditandai dengan penglihatan kabur. Selain itu, penderita juga mengalami sensasi terputar secara tiba-tiba yang akan membuat keseimbangan menjadi lemah.

2. Cluster

Sakit kepala cluster adalah nyeri yang terjadi pada beberapa bagian kepala dan seiring berjalannya waktu akan berpindah ke bagian lainnya. Biasanya rasa sakit yang ditimbulkan bersifat tetap, intesif dan tidak berdenyut. Nyeri akan terasa pada area mata dan dapat berpindah ke pelipis, pipi ataupun dahi.

3. Migrain

Berbeda dengan cluster, migrain merupakan jenis sakit kepala yang berdenyut. Penyakit ini lebih dominan pada kaum perempuan dibandingkan pria. Pada umumnya migrain hanya menyerang satu sisi kepala saja dan jarang mengenai semua bagian kepala.

Beberapa jenis sakit kepala tersebut memerlukan penanganan yang berbeda, begitu pula dengan obatnya. Ketahui dulu jenis sakit kepala yang Anda alami, kemudian minum obat yang sesuai secara berkala.

Baca Juga: 15 Cara Menyembuhkan Sakit Tulang Belakang Anda

Cara Menyembuhkan Sakit Kepala Secara Alami


Seperti yang sudah kita ketahui, sakit kepala bisa disebabkan oleh banyak hal. Selain itu, penyakit ini memiliki beberapa jenis yang setiap jenisnnya mempunyai penanganan yang khusus. Karena itu ketahui dulu jenisnya lalu ambil keputusan yang pasti.

Lakukanlah upaya penyembuhan yang paling sesuai dan cocok untuk Anda. Cara yang direkomendasikan yakni menggunakan cara alami, karena selain aman juga tidak mengeluarkan banyak biaya. Adapun cara menyembuhkan sakit kepala dengan cepat, antara lain:

1. Beristirahat Total

Cara menyembuhkan sakit kepala yang pertama dengan melakukan istirahat total. Cara ini terbilang sangat mudah dan justru disukai banyak orang. Beristirahat total itu meliputi tidur sekitar 8-9 jam setiap hari, menjauhi handphone dan fokus pada istirahat.

Kebanyakan orang yang melakukan cara ini, justru menghabiskan waktu istirahatnya untuk bermain gadget. Padahal rencana awalnya adalah beristirahat total, karena itu jangan melakukan kesalahan yang sama atau sakit kepala yang Anda alami tidak akan pernah hilang.

2. Mencukupi Asupan Cairan

Seperti yang sudah kita ketahui, bahwa salah satu penyebab sakit kepala yaitu kekurangan cairan. Maka dari itu, cukupi asupan cairan Anda dengan meminum air putih secara teratur. Selain itu, konsumsi juga buahan yang kaya akan mineral seperti semangka.

Karena menurut penelitian di australia, seseorang yang rutin meminum air putih cenderung lebih sehat dan terhindar dari penyakit. Berbeda dengan mereka yang kekurangan cairan, orang tersebut akan mengalami penurunan daya tahan tubuh sehingga cenderung lebih mudah dijangkiti penyakit.

3. Mengontrol Stres

Stres bisa dibilang pintu utama dari segala penyakit, sebab stres berdampak menurunkan daya tahan tubuh. Hal ini memudahkan penyakit untuk masuk ke dalam tubuh, seperti sakit kepala. Karena itu, kelola stres Anda dengan bijak atau hilangkan untuk selamanya

Untuk mengontrol stres, Anda bisa melakukan beberapa kegiatan yang disenangi seperti melakukan hobi, pergi jalan-jalan atau mungkin kumpul bersama keluarga. Apapun itu, jadikanlah sebagai obat stres Anda dan jangan membiarkan stres berkepanjangan.

4. Meminum Air Hangat

Berdasarkan penelitian, air hangat sangat ampuh untuk meredakan rasa sakit kepala. Selain itu, Air hangat juga lebih efektif untuk melancarkan metabolisme tubuh. Anda mesti minum air hangat minimal 8 gelas setiap harinya sampai sakit kepala hilang. Meminum air hangat sebelum tidur juga efektif dalam mencegah sakit kepala setelah bangun.

5. Menggunakan Es Batu

Tanpa Anda sadari es batu bisa digunakan untuk mengatasi rasa nyeri akibat sakit kepala. Hal ini dikarenakan, es batu dapat membuat mati rasa sehingga rasa sakit bisa ditangkal. Cara penggunaannya cukup sederhana, Anda dapat menggosok atau mengkompres es batu ke bagian kepala yang sakit kepala. Setelah itu, berbaring dan tidur beberapa jam.

6. Mengkonsumsi Ikan

Cara menyembuhkan sakit kepala yang selanjutnya yakni dengan memperbanyak konsumsi ikan. Anda mungkin sudah tahu kalau ikan mengandung omega 3 yang berguna untuk meningkatkan kecerdasan otak, mencegah kanker otak dan melenturkan syaraf kaku. Karena itulah, mengkonsumsi ikan sangat dianjurkan ketika sakit kepala.

Sebenarnya ada banyak sekali jenis ikan yang dapat Anda konsumsi, tapi alangkah lebih baik untuk mengkonsumsi ikan salmon dan makarel. Mengapa? Karena ikan tersebut mengandung omega 3 yang lebih banyak dibandingan jenis ikan lainnya.

7. Hindari Cahaya yang Terang

Tahukah Anda cahaya terang berdampak buruk bagi kesehatan. Sebab cahaya yang terlalu terang dapat membuat syaraf menjadi kaku sehingga memicu timbulnya sakit kepala. Selain itu, cahaya ini bisa merusak kesehatan mata dan menimbulkan kelainan seperti mata rabun.

Untuk pencegahannya, Anda bisa menghindari beberapa sumber cahaya terang seperti senter, cahaya matahari, lampu kendaraan dan sebagainya. Akan lebih baik jika berada di tempat yang tidak terlalu terang.

8. Hentikan Aktivitas Berat

Pada umumnya, seseorang yang mengalami sakit tidak dianjurkan untuk melakukan aktivitas berat seperti berolahraga. Sama halnya dengan sakit kepala, penderitanya dilarang mengeluarkan banyak tenaga karena dapat memperparah kondisi.

Maka dari itu, dokter menyarankan agar Anda menghentikan aktivitas yang bisa memakan banyak tenaga seperti berolahraga, kerja dan sebagainya. Berikan waktu istirahat bagi tubuh sampai sakit kepala tersebut hilang.

9. Minum Kopi

Sebagian besar orang pasti tidak menyangka bahwa kopi dapat mengatasi sakit kepala. Tapi faktanya kopi sangat baik untuk menyembuhkan sakit kepala, sebab kopi mengandung banyak kafein yang sangat ampuh untuk melenturkan syaraf kaku akibat sakit kepala.

Sesuatu yang berlebih juga berdampak buruk, begitu juga dengan kopi. Jika diminum dalam skala besar, kopi justru menambah rasa sakit kepala Anda. Takaran yang dianjurkan adalah 1-2 gelas saja setiap harinya.

10. Mengkonsumsi Buah Pisang

Mungkin Anda belum tahu kalau buah pisang mengandung potasium dan magnesium yang cukup banyak. Kedua senyawa tersebut, berperan penting dalam mengatasi sakit kepala migrain. Selain itu, konsumsi buah pisang secara berkelanjutan dapat meningkatkan tenaga dan kecerdasan otak.

Karena itu, konsumsilah buah pisang secara rutin setiap harinya sampai sakit kepala Anda hilang total. Para ahli kesehatan mengatakan, 3-5 buah pisang saja sudah bagus untuk menjaga kesehatan agar tetap optimal.

11. Melakukan Peregangan

Peregangan atau streching ini sangat baik untuk melenturkan syaraf dan otot yang kaku. Karena itulah, aktivitas ini bisa Anda lakukan ketika mengalami sakit kepala.

Adapun kegiatan streching yang dianjurkan yakni yoga. Kegiatan ini memiliki 2 manfaat sekaligus yaitu membakar lemak dan melenturkan syaraf kaku.

12. Tidur dengan Kaki Ke Atas

Cara menyembuhkan sakit kepala yang terakhir adalah dengan tidur kaki ke atas. Cara ini termasuk efektif dan sudah saya buktikan sendiri. Saat mengalami sakit kepala, biasanya saya langsung berbaring dan menyandarkan kaki ke tembok. Dengan melakukannya, peredaran darah ke otak akan menjadi lebih cepat karena posisi kepala berada di bawah. Anda bisa berbaring dan tidur sekitar 1 jam saja.

Demikianlah artikel dari Ulasan Kesehatan tentang Penyebab, Jenis dan Cara Menyembuhkan Sakit Kepala. Semoga informasi ini dapat bermanfaat dan bisa menambah wawasan Anda. Jika artikel ini berguna, saya harap untuk dibagikan sehingga semua orang mendapat manafaatnya. Jika memiliki pertanyaan, Anda bisa bertanya melalui kolom komentar atau menghubungi kami.

Manusia biasa yang ingin berbagi informasi melalui media blog. Mari berkenalan, silahkan kontak akun sosial media kami. Terimakasih.