Minggu, 21 Mei 2017

Asam Urat - Penyebab, Gejala dan Cara Menyembuhkan

Cara Menyembuhkan Asam Urat | Asam urat adalah nyeri yang berlangsung secara tiba-tiba dan biasanya menyerang di area sendi seperti lutut, pergelangan tangan atau kaki dan beberapa bagian lainnya. Asam urat merupakan penyakit berbahaya yang biasanya menyerang orang yang berumur 40 tahun ke atas.

Cara Menyembuhkan Asam Urat Secara Alami

Walaupun penyakit ini cenderung menyerang orang tua, tidak menutup kemungkinan kalau kalangan remaja dan dewasa terkena penyakit asam urat ini. Jadi, alangkah lebih baik jika Anda berjaga-jaga sebelum terserang.

Tahukah Anda, asam urat hanya satu dari ratusan masalah sendi yang patut dihindari. Penyakit ini disebabkan oleh pengkristalan natrium urat yang dapat terjadi di dalam atau di luar sendi.

Asam urat merupakan salah satu penyakit yang disebabkan oleh konsumsi zat purin secara berlebihan. Sedangkan purin adalah zat yang terkandung pada bahan makanan hewani seperti daging atau jeroan.

Pada dasarnya, seseorang yang mengalami penyakit asam urat ini mengalami gejala pembengkakan pada sendi dan nyeri hebat. Nyeri tersebut diakibatkan tusukan kristal natrium urat yang akan berbahaya jika tidak langsung disembuhkan.

Bagi Anda yang menderita asam urat akut, sebaiknya tidak menggunakan cara ini. Sebab pada tingkat tersebut, cukup sulit disembuhkan dengan bahan alami. Saran saya, konsultasi ke dokter dan minum obat secara teratur sampai asum urat Anda sembuh total.

Penyebab Asam Urat


Pada dasarnya, setiap penyakit mempunyai penyebab masing-masing, begitu pula dengan asam urat ini. Penyakit ini, dapat disebabkan oleh beberapa hal seperti kelebihan zat purin dan naiknya kadar asam urat.

Asam urat terjadi akibat limbah penguraian zat purin, yang jika tidak dikeluarkan akan menumpuk dan membentuk kristal kecil. Kristal tersebut akan masuk ke dalam sendi, dan dapat merusak lapisan lunaknya.

Cara Menyembuhkan Asam Urat
Makanan Penyebab Asam Urat

Penyakit ini juga disebabkan oleh naiknya kadar asam urat di dalam darah, yang bisa disebabkan oleh makanan yang mengandung purin. Adapun beberapa makanan tersebut yaitu daging merah, jeroan, ikan teri, kepiting, bir dan minumal alkohol.

Bukan hanya itu saja, asam urat juga dapat disebabkan oleh makanan manis seperti permen. Konsumsi secara berlebihan dapat memicu naiknya asam urat di dalam darah. Selain itu, gaya hidup yang tidak sehat juga memicu timbulnya asam urat ( Baca Cara Melakukan Gaya Hidup Sehat ).

Pada umumnya, penyakit ini cenderung dialami oleh kaum pria yang berusia diatas 40 tahun. Sedangkan perempuan akan mengalami asam urat ketika memasuki tahap menopause.

Banyak juga penderita asam urat yang tidak mengalami pembentukan kristal pada urat maupun sendinya. Selain itu, kerentanan asam urat setiap orang berbeda-beda dan sampai saat ini belum ada penjelasan yang pasti.

Diagnosis Asam Urat


Asam urat merupakan penyakit yang cukup membahayakan dan patut dicegah atau diobati dengan cepat. Penyakit ini ditandai dengan adanya nyeri dan pembengkakan pada bagian sendi yang terserang. Jika mengalami gejala seperti ini, saran saya untuk memeriksakan ke dokter.

Disana, dokter akan menyanyakan apakah ada riwat penyakit asam urat dikeluarga Anda? atau sudah berapa lama gejala tersebut berlangsung? Dan biasanya dokter akan melakukan pemeriksaan kristal di sendi Anda.

Dokter juga tidak ragu untuk menanyakan jenis obat yang saat ini Anda konsumsi, dan seberapa sering kejadian tersebut Anda alami.

Pada tes pemeriksaan krista, dokter akan mengambil cairan pada sendi. Cairan itu disebut dengan sinovial dan diambil menggunakan jarum. Dokter akan memperhatikan cairan tersebut dengan menggunakan mikroskop.

Selain itu, ada beberapa cara yang mungkin akan dilakukan dokter dalam membuktikan kristal pada sendi. Beberapa cara tersebut antara lain pemindaian ultrasound (USG) dan pemindaian X-Ray yang menggunakan sinar x.

Gejala yang Biasa Dialami


Penderita asam urat akan mengalami beberapa gejala umum seperti sakit pada sendi dan susah untuk menggerakkannya. Pada umumnya, nyeri akan terjadi secara tiba-tiba dan lebih dulu menyerang jari jempol.

Cara Menyembuhkan Asam Urat
Gejala yang Terjadi Pada Jempol

Tidak terkecuali bagi beberapa sendi yang terletak di ujung tubuh seperti pergelangan kaki atau tangan, siku dan lutut serta jari-jarinya.

Nyeri akan berlangsung dengan sangat cepat dan hanya membutuhkan beberapa jam saja untuk menyebar. Biasanya pada bagian yang nyeri tersebut, akan terjadi pembengkakan yang akan membuat rasa sakit semakin terasa.

Gejala asam urat juga ditandai dengan kulit berwarna merah. Kejadian ini bisa berlangsung 3-10 harian. Tergantung tingkatnya dan penanganan yang Anda lakukan. Ketika gejala menghilang, kulit akan mengering dan terkelupas dengan sendirinya.

Meskipun gejala sudah menghilang, Anda tidak boleh mengabaikannya begitu saja. Tetaplah melakukan pencegahan seperti menjaga pola makan dan sebagainya.

Baca Juga : Sakit Kepala - Penyebab, Jenis dan Cara Menyembuhkannya

Cara Menyembuhkan Asam Urat


Jika Anda sudah mengetahui penyebab, gejala dan diagnosis asam urat, maka sekarang Anda wajib masuk ke tahap cara menyembuhkan asam urat. Pada bagian ini, saya sudah sediakan informasi terlengkap dan menggunakan bahasa yang mudah di mengerti. Selain itu, Informasi ini, sengaja saya buat seringkas mungkin agar mudah Anda pahami. Informasi selengkapnya dapat Anda baca di bawah ini.

1. Perbanyak Minum Air Putih

Cara menyembuhkan asam urat yang pertama bisa mengubah kebiasaan minum air putih Anda. Bagi sebagaian pelaku diet, air putih dianggap dapat menggemukkan badan. Padahal air putih berfungsi untuk melancarkan metabolisme sehingga kinerja tubuh meningkat.

Peningkatan metabolisme tubuh, bisa mempercepat pembakaran lemak. Dengan rutin meminum air putih, asam urat di ginjal bisa larut dengan sendirinya. Karena itulah, resiko pembentukan kristal sedikit berkurang. Pakar kesehatan menganjurkan supaya setiap orang agar mendapatkan 8-10 gelas air putih setiap harinya, agar cairan dalam tubuh tetap stabil.

2. Mengkonsumsi Makanan yang Kaya VItamin C

Sebenarnya ada banyak sekali makanan yang mengandung vitamin c, karena itu tidak ada alasan jika tidak mengkonsumsinya. Pada saat ini, kadungan vitamin c terbanyak dimiliki oleh buah jambu. Namun, Anda juga bisa mengkonsumsi jeruk, kiwi dan beberapa sumber vitamin c lainnya.

Kandungan vitamin c sangat baik dalam menangkal radikal bebas serta bisa mengatasi nyeri asam urat. Vitamin c juga mampu menghambat pembentukan kristal asam urat, sehingga resiko peradangan sendi bisa dicegah.

3. Kompres Menggunakan Es

Tanpa Anda sadari, es memiliki manfaat yang sangat banyak. Salah satunya dapat mengurangi nyeri akibat asam urat. Mengapa demikian? Sebab es akan menimbulkan mati rasa sehingga rasa sakit tidak dirasakan lagi.

Cara Menyembuhkan Asam Urat dengan Es
Mengkompres Sendi untuk Mengurangi Nyeri Asam Urat

Anda bisa mengkompres sendi yang mengalami peradangan akibat asam urat, lakukan pengkompresan tersebut sekitar 20 menit saja. Setelah itu, istirahatkan sendi dengan tidak banyak bergerak.

4. Beristirahat

Pada umumnya dokter tidak akan mengizinkan penderita asam urat untuk bekerja atau terlalu banyak beraktivitas. Itu dikarenakan, asam urat membutuhkan ketenangan dan jika terlalu sering digerakkan akan memicu nyeri hebat.

Beristirahat juga berfungsi untuk mencegah terjadinya benturan di sendi yang mengalami asam urat. Selain itu, istirahat yang cukup juga bisa mempercepat penyembuhan asam urat tingkat apapun.

5. Mengkonsumsi Buah Ceri

Cara menyembuhkan asam urat yang selanjutnya yaitu dengan mengkonsumsi buah ceri. Belum banyak yang mengetahuinya, namun buah ceri memang ampuh untuk mengatasi nyeri yang ditimbulkan penyakit asam urat. Buah ini mengandung banyak asam yang dapat mengimbangan asam urat, sehingga penyembuhannya bisa menjadi lebih cepat.

Konsumsi buah ceri bisa menangkal nyeri asam urat serta bisa mencegah pembentukan kristal di sendi. Anda bisa mengkonsumsi buahnya secara langsung atau mengolahnya menjadi jus. Konsumsi buah ceri secara teratur bisa mencegah radikal bebas, sebab ceri kaya akan antioksidan dan anti-inflamasi.

6. Mengkonsumsi Buah dan Sayur

Pada sebuah penelitian yang diambil dari kasus penderita asam urat. Sebagian besar sembuh dengan bantuan makanan basah seperti sayur dan buahan. Makan jenis itu, sangat baik dalam mempercepat penyembuhan asam urat.

Konsumsi buah dan sayur secara konsisten, bisa mencegah penyakit lainnya. Selain itu, buah dan sayur sangat bagus dalam menangkal radikal bebas dan mencegah pembentukan kristal mikro di sendi.

7. Turunkan Kadar Asam Urat dengan Daun Salam

Sebagian besar orang mengenal daun salam sebagai bahan masakan yang berguna untuk menambah aroma khas dan kelezatan suata makanan. Tanpa Anda sadari, daun salam juga baik untuk mengatasi asam urat. Bahan ini juga mudah ditemukan dan diolah menjadi ramuan herbal.

Pada cara ini, Anda membutuhkan sekitar 10 lembar daun salam serta 2 gelas air. Pertama, cuci bersih daun salam tersebut. Kemudian rebus dengan air tadi, dan saring supaya tidak bercampur dengan ampasnya. Minum air tersebut secara teratur minimal 1 kali sehari dan dalam kurun waktu 1 bulan.

8. Menggunakan Daun Cocor Bebek

Seperti yang sudah kita ketahui, daun cocor bebek mempunyai manfaat yang cukup banyak. Salah satunya adalah untuk menyembuhkan asam urat. Caranya terbilang cukup mudah dan sederhana sekali.

Menggunakan Daun Cocor Bebek untuk Menyembuhkan Asam Urat
Membuat Ramuan Dari Daun Cocor Bebek

Anda memerlukan 5 cengkeh dan kapulaga, 4 lembar daun cocor bebeknya, 10 gram jahe, 5 gram biji pala, kayu manis dan air secukupnya. Rebus semua bahan hingga mendidih, kemudian saring. Bagi air rebusan tersebut menjadi 3 gelas, dan Anda harus meminum 3 gelas rebusannya sampai asam urat tersebut membaik.

9. Konsultasi Ke Dokter

Cara menyembuhkan asam urat yang terakhir lebih dikhususkan bagi penderita asam urat tingkat akut. Anda harus memeriksakan ke dokter sepesialis dan akan diberikan resep obat khusus. Biasanya dokter akan menanyakan apakah asam urat Anda sudah berlangsung lama atau tidak.

Selain itu, dokter juga akan mengambil sampel yang berupa cairan sinovial dari dalam sendi Anda. Tenang saja, pengambilan tersebut hanya menggunakan jarum dan tidak terlalu sakit. Melalui cairan tersebut, dokter akan mengecek apakah terdapat kristal pada sendi. Setelah itu, barulah dokter akan memberikan resep obat yang petut Anda konsumsi secara teratur.

Demikianlah artikel dari Ulasan Kesehatan tentang Penyebab, Gejala dan Cara Menyembuhkan Asam Urat. Semoga artikel ini dapat bermanfaat dan bisa membantu Anda. Jika artikel ini berguna, saya berharap untuk dibagikan sehingga semua orang bisa membacanya. Jika memiliki pertanyaan bisa melalui kolom komentar atau menghubungi akun sosial media kami.

Artikel Terkait

Asam Urat - Penyebab, Gejala dan Cara Menyembuhkan
4/ 5
Oleh