Senin, 08 Mei 2017

#11 Cara Meningkatkan Daya Ingat Otak

Cara Meningkatkan Daya Ingat | Otak merupakan bagian terpenting manusia yang menjadi pusat kinerja seluruh anggota tubuh. Otak juga terbagi atas 3 bagian yakni otak besar, otak kecil dan otak tengah. Masing-masing diantaranya memiliki kegunaan dan peranan yang berbeda.

Otak juga berguna untuk mengingat sesuatu hal, karena di dalamnya terkandung jutaan sel pembentuk daya ingat. Namun, setiap orang memiliki kemampuan daya ingat yang berbeda, dengan kata lain daya ingat Anda tidak sama dengan orang lain. Ada 2 tingkat daya ingat yaitu daya ingat tinggi dan daya ingat rendah.

cara meningkatkan daya ingat otak
Credit Image Danmogot

Seseorang dengan daya ingat tinggi biasanya lebih mudah dalam menghafal, sehingga untuk menyerap pelajaran akan lebih cepat. Berbeda dengan orang yang memiliki daya ingat rendah, orang dengan daya ingat rendah cenderung lebih pelupa dan susah untuk mengerti suatu hal.

Daya ingat juga bisa untuk ditingkatkan, caranya dengan merangsang otak dan melakukan latihan seperti menulis, berolahraga dan beberapa kegiatan yang dapat merangsang kemampuan otak. Dengan melakukan ini, secara perlahan daya ingat akan dilatih sehingga terbentuk kemampuan daya ingat yang kuat.

Jika Anda termasuk orang dengan daya ingat rendah, cobalah untuk mengikuti pembahasan cara meningkatkan daya ingat ini. Karena saya sudah menyiapkan informasi seputar peningkatan daya ingat yang mudah Anda lakukan. Saya juga berusaha untuk menginformasikan dengan seringkas mungkin, supaya Anda lebih mudah mengerti.

Penyebab Daya Ingat Menurun


Pada umumnya, daya ingat seseorang akan menurun secara perlahan ketika memasuki usia 21 tahun keatas. Bukan berarti anak-anak tidak bisa mengalami penurunan daya ingat, hal ini terjadi akibat kebiasaan buruk seperti jarang berolahraga, mengkonsumsi makanan tidak sehat atau mungkin depresi. Penjelasan lengkapnya sudah Saya berikan di bawah ini.

1. Kurang Istirahat

Kekurangan istirahat akan berdampak sangat buruk bagi kesehatan, karenanya Anda wajib untuk menghindarinya. Kurang istirahat akan memicu penyakit dan gangguan otak seperti menurunnya daya ingat. Hal ini dikarenakan otak tersebut terlalu letih dan kurang beristirahat, sehingga sel-sel di dalamnya menjadi hancur. Keadaan ini akan menjadi lebih buruk jika tidak diberi asupan gizi yang cukup.

Pada umumnya, kejadian seperti ini banyak ditemukan dikalangan anak muda. Karena tidak sedikit anak muda lebih suka begadang sampai larut malam, sehingga waktu istirahatnya tidak ideal lagi. Padahal waktu istirahat yang ideal berkisar 8-9 jam setiap harinya.

2. Depresi

Menurut penelitian pakar kesehatan, penurunan daya ingat bisa disebabkan depresi atau stres yang berkepanjangan. Stres cenderung mengakibatkan gangguan mental dan psikologis, serta beberapa masalah otak lainnya. Stres berkepanjangan sangat berbahaya bagi kesehatan, karena keadaan seperti itu memicu penurunan kekebalan tubuh sehingga mudah terserang penyakit.

Kondisi seperti ini banyak dialami remaja yang masih labil dalam berpikir, hal ini akan semakin buruk jika tidak diberikan perhatian oleh orang tua. Biasanya, seseorang yang stres lebih banyak menyendiri dan tidak suka bergaul. Karena itu, peran orang terdekat sangat dibutuhkan.

3. Kelebihan Gula

Penyebab selanjutnya yang dapat menurunkan daya ingat adalah konsumsi gula yang berlebihan. Selain memicu penyakit diabetes, gula berlebihan akan menurunkan daya ingat dan konsentrasi (ADHD) seseorang. Dengan kondisi seperti itu, seseorang akan susah untuk fokus dan memahami sesuatu. Adapun makanan mengandung banyak gula seperti permen dan sebagainya.

4. Konsumsi Obat dan Minuman Terlarang

Hal ini lebih dikhususkan buat mereka yang sering mengkonsumsi obat dan minuman terlarang. Karena di dalam barang tersebut, terkandung zat adiktif yang dapat merusak otak sehingga daya ingat juga menurun. Selain itu, jika dikonsumsi secara berkelanjutan barang tersebut akan menyebabkan kematian.

Konsumsi narkoba bagi anak-anak jauh lebih berbahaya, maka dari itu orang tua harus mengawasi anak dan memberikan pengetahuan sedini mungkin. Anak-anak masih rentan, sehingga narkoba akan berakibat fatal jika dikonsumsinya.

5. Kekurangan Vitamin B12

Tubuh manusia memerlukan gizi yang cukup dalam meningkatkan daya ingat, salah satunya adalah vitamin B12. Vitamin ini lebih efektif dalam merangsang otak sehingga kemampuannya akan meningkat tajam. Namun, kekurangan vitamin B12 akan berdampak buruk dalam perkembangan otak.

Kekurangan vitamin B12 akan menurunkan daya ingat otak, sehingga akan lebih susah dalam berkonsentrasi. Adapun beberapa makanan yang kaya akan vitamin B12 yaitu ikan, daging, susu, unggas, yougurt dan beberapa olahan susu lainnya.

Cara Meningkatkan Daya Ingat dan Kecerdasan Otak


Meningkatkan daya ingat sangat diperlukan bagi setiap orang, daya ingat yang baik sangat berguna dalam melakukan aktivitas. Cara meningkatkan daya ingat cukup mudah untuk dipraktikkan. Anda dapat merangsang daya ingat dengan menulis, membaca, berolahraga atau mungkin dengan membagikan ilmu ke orang lain. Jika Anda ingin meningkatkan konsentrasi dan daya ingat, coba simak informasi di bawah ini.

1. Melakukan Gaya Hidup Sehat

Cara meningkatkan daya ingat yang pertama yaitu dengan menjalani pola hidup sehat. Karena tidak jarang penyakit disebabkan oleh gaya hidup yang tidak sehat, salah satunya adalah penurunan daya ingat. Kualitas daya ingat seseorang bisa dicerminkan dari pola hidupnya, seseorang dengan pola hidup sehat cenderung berdaya ingat tinggi. Karena itu, Anda wajib melakukan gaya hidup sehat dengan benar, supaya terhindar dari penurunan daya ingat.

Lakukan gaya hidup sehat (baca cara melakukan gaya hidup sehat) dengan mengkonsumsi makanan bergizi, berolahraga serta menghindari stres. Selain itu, hindari kebiasaan buruk yang memicu penurunan daya ingat dan kecerdasan.

2. Istirahat yang Cukup

Istirahat merupakan kegiatan yang bertujuan untuk memulihkan tenaga dan menyegarkan organ-organ tubuh. Istirahat sangat dibutuhkan manusia, karenanya setiap orang wajib memiliki waktu istirahat yang cukup. Menurut pakar kesehatan, waktu ideal dalam beristirahat sekitar 8-9 jam.

Dengan mendapatkan istirahat yang cukup, risiko penurunan daya ingat akan mengecil. Selain itu, kinerja tubuh akan lebih optimal, sehingga proses mengingat akan membaik. Usahakan tubuh Anda mendapatkan waktu istirahat yang cukup demi menjaga kesehatan agar tetap stabil.

3. Rajin Menulis

Menurut pengalaman pribadi saya, dengan menulis saya lebih cepat mengingat sesuatu hal dan dalam jangka waktu panjang. Hal ini dikarenakan, pada saat menulis seluruh indera akan ikut bekerja sehingga lebih mudah untuk merekam kegiatan atau pristiwa.

Menulis sangat bagus dalam meningkatkan kecerdasan dan konsentrasi, sebab dengan menulis otak akan terangsang sehingga menjadi lebih aktif. Anda dapat membaca suatu buku, kemudian ingat dan tuliskan pada selembar kertas. Dengan melakukan ini secara berkala, daya ingat akan semakin meningkat tajam sehingga lebih cepat dalam menangkap pelajaran atau materi.

4. Memanfaatkan Gambar

Menurut penelitian yang dilakukan oleh University of Helsinki, seseorang akan lebih mudah mengingat gambar dibandingkan teks. Tidak heran, banyak orang lebih mudah mengingat cerita komik daripada pelajaran.

Karena hal ini, Anda dapat mengubah prinsip mengingat dengan memanfaatkan gambar yang relevan. Sebagai contoh, Anda ingin mengingat nama-nama bangun datar, maka Anda bisa menggambar semua bangun datar tersebut. Kemudian perhatikan bentuknya, secara tidak langsung otak akan merekamnya dengan baik dan dalam jangka waktu panjang.

5. Makan Teratur

Makan merupakan kebutuhan manusia supaya tetap hidup dan berkembang. Makan juga harus dilakukan dengan teratur dan memperhatikan asupan gizinya. Dengan mengkonsumsi makanan sehat secara konsisten, perkembangan otak akan meningkat tajam. Dengan begitu, daya ingat juga akan semakin kuat dan optimal.

Bagi pelaku diet, usahakan untuk melakukan diet sehat saja, karena lebih aman dan tidak berisiko. Hindari jenis diet yang mungkin membahayakan kesehatan seperti diet ketat dan sebagainya.

6. Mengajarkan Sesuatu ke Orang Lain

Daya ingat akan terus meningkat jika dilatih terus-menerus, bisa dengan rutin belajar dan mengajarkan ilmu ke orang lain. Dengan mengajarkan orang lain, secara tidak langsung Anda telah merangsang otak. Karena itu, sangat penting untuk membagikan ilmu Anda.

Hal ini dapat kita temukan dalam berbagai lingkungan yakni sekolah, keluarga atau masyarakat. Kenapa seorang guru atau dosen bisa menjawab soal dengan mudah? Itu karena mereka mau untuk membagikan ilmunya sehingga akan terus teringat di otak mereka. Oleh sebab itu, cobalah untuk memakai prinsip ini dan buktikan hasilnya.

7. Hindari Makanan Manis

Secara tidak langsung, mereka yang sering mengkonsumsi makanan manis akan lebih mudah lupa. Hal ini dapat dilihat dari para penderita diabetes yang pada dasarnya lebih susah berkonsentrasi dan mengingat suatu hal. Karena itu, Anda harus mengatur makanan yang akan dikonsumsi dan usahakan untuk mengurangi makanan yang banyak gulanya.

8. Konsumsi Buah dan Sayur

Cara meningkatkan daya ingat yang selanjutnya yakni dengan rutin memakan buah dan sayur. Buah dan Sayur merupakan makanan alami dan sehat untuk dimakan, selain itu makanan ini sangat mudah untuk ditemukan. Di dalam sayur dan buah, terkandung ratusan gizi yang diperlukan tubuh seperti protein, zat besi, vitamin, mineral dan sebagainya.

Buah dan sayur juga ampuh dalam mencegah penyakit serta bagus untuk menyembuhkan. Dengan mengkonsumsi buah dan sayur secara teratur, asupan gizi yang diperlukan tubuh akan tercukupi sehingga mencegah malnutrisi. Selain itu, daya ingat dan kecerdasan otak akan meningkat drastis.

9. Rutin Berolahraga

Menurut Dr. David Jacobs, olahraga sangat efektif dalam meningkatkan daya ingat otak, sebab dengan rutin berolahraga peredaran oksigen ke otak akan semakin lancar. Keadaan seperti sangat baik dalam mengingat suatu hal dengan jangka waktu panjang.

Usahakan berolahraga dengan baik dan benar setiap harinya, terutama ketika ingin melaksanakan ujian atau test otak lainnya. Selain itu, tentukan waktu berolahraga dengan tepat supaya kegiatan tersebut menjadi efektif.

10. Konsumsi Telur

Menurut nationalgeographic.co.id seseorang dengan daya ingat rendah dapat meningkatkan daya ingatnya dengan mengkonsumsi telur. Dalam telur terkandung protein yang cukup tinggi, yakni sebesar 6 gram per butirnya. Selain itu, telur mengandung kolin pada kuningnya yang dapat meningkatkan produktifitas otak dan daya ingat.

Anda dapat mengkonsumsi telur sebanyak 2 butir perharinya, dan jangan melebihi 8 butir dalam seminggu. Karena di dalam telur, tersimpan kalori yang tidak sedikit sehingga dapat memicu penumpukan lemak.

11. Main Game Puzzle

Cara meningkatkan daya ingat yang terakhir adalah dengan memainkan game puzzle. Sebagian besar orang beranggapan bahwa game dapat menurunkan daya ingat dan kecerdasan otak. Kenyataannya tidak semua game berdampak buruk, salah satunya adalah game puzzle. Permainan seperti ini sangat efektif dalam mengasah otak.

Game puzzle ini mampu meningkatkan kecerdasan otak seseorang jika dimainkan sesering mungkin. Untuk mendapatkan hasil maksimal, hindari memainkan game berdampak buruk seperti game perang, petualangan dan kriminal. Mainkan game puzzle saat waktu luang di smartphone android Anda.

Demikianlah artikel dari saya tentang cara meningkatkan daya ingat otak, semoga informasi ini bermanfaat bagi Anda. Dalam meningkatkan daya ingat, Anda bisa melakukan beberapa cara diatas. Informasi ini saya dapatkan dari berbagai sumber yaitu buku, website dan pengalaman pribadi sehingga terjamin aman. Jika memiliki pertanyaan, Anda dapat berkomentar dengan etika yang baik.

Artikel Terkait

#11 Cara Meningkatkan Daya Ingat Otak
4/ 5
Oleh