Senin, 22 Mei 2017

#11 Cara Menghilangkan Mata Panda Hanya 3 Hari

Kategori

Cara Menghilangkan Mata Panda | Mata merupakan bagian tubuh yang tidak luput dari permasalahan. Ada banyak sekali permasalahan yang dapat dialami mata, seperti mata minus ataupun mata panda. Karena itulah, setiap orang perlu menjaga kesehatan mata agar tetap optimal serta jauh dari berbagai penyakit.

Cara Menghilangkan Mata Panda Secara Alami

Untuk menjaga kesehatan mata cukup mudah, Anda perlu mengkonsumsi makanan bergizi dan melakukan gaya hidup sehat saja. Selain itu, beristirahat merupakan hal terpenting bagi mata dan jangan sampai kurangan tidur.

Mata panda dapat disebabkan oleh banyak hal, salah satunya adalah kurang tidur. Hal itu dikarenakan kantung mata sudah terlalu letih sehingga menghitam dan kendor secara otomatis.

Pada mulanya, kantung mata tidak menghitam dan hanya bergelembung kecil saja. Namun, lama-kelaman gelembung tersebut semakin membesar dan mulai terlihat jelas. Setelah itu, warna kehitaman mulai tampak pada kantung mata dan akan semakin jelas jika dibiarkan begitu saja.

Lalu, bagaimana cara menghilangkan mata panda? Yaitu dengan tidur secara teratur minimal 8 jam setiap hari. Mengkonsumsi makanan yang kaya akan vitamin A seperti wortel, ikan dan olahan susu.

Penyebab Mata Panda


Pada dasarnya, mata memiliki resiko terbesar. Mengapa? Sebab mata terletak di luar dan hanya dilindungi oleh kantung mata saja. Karena itulah, mata mudah terserang kuman, debu dan sebagainya. Mata juga sensitif terhadap cahaya, makanya mata mudah perih jika terlalu banyak melihat cahaya terang seperti matahari.

Jika tidak dirawat dengan benar dan rutin, mata bisa terserang berbagai permasalan seperti mata panda. Penyakit mata yang satu ini, bisa disebabkan oleh beberapa hal seperti yang ada di bawah ini.

1. Menangis

Tanpa Anda sadari, mengis merupakan salah satu penyebab yang membuat kantung mata menjadi kendor dan begelembung. Keadaan seperti ini, memudahkan kantung mata untuk mengalami penghitaman.

Pada saat menangis, secara otomatis otak akan mengirim lebih banyak aliran darah dan cairan ke bagian mata. Karena itu, mata mengalmi pembengkakan dan memicu timbulnya warna hitam di tepi kantung mata.

2. Faktor Usia

Keadaan dimana kantung mata menjadi kendor dan hitam itu sudah biasa dialami orang tua. Sebab usia termasuk salah satu penyebab mata panda. Permasalahan ini cenderung dialami oleh orang yang berumur 40 tahun ke atas.

Mengapa bisa begitu? Hal ini dikarenakan mata orang yang berumur 40 tahun ke atas sudah mulai kehilangan ototnya. Keadaan seperti ini akan menimbulkan turunnya kelopak mata serta memicu timbulnya kerutan. Secara berkepanjangan, mata tampak hitam dan mengalami pembengkakan pada sekitar kantung mata.

3. Gaya Hidup

Penyebab mata panda yang selanjutnya adalah gaya hidup. Banyak diantara kita yang masih salah dalam menjalankannya. Tidak sedikit diantaranya yang melakukan gaya hidup tidak sehat seperti merokok, tidur tidak teratur dan mengkonsumsi narkoba.

Gaya hidup seperti itu, memicu gangguan kesehatan mata sehingga berbagai permasalahan seperti mata panda bisa menyerang Anda. Kantung mata bisa timbul akibat kurang tidur, terlalu banyak mengkonsumsi kafein, minuman keras dan obat terlarang.

4. Faktor Genetik

Jika salah satu anggota keluarga Anda pernah memiliki riwat mata panda, kemungkinan Anda dapat terkena mata panda juga. Maka dari itulah, penting bagi kita untuk mengetahui riwat penyakit anggota keluarga khususnya orang tua.

5. Alergi

Belum banyak yang mengetahuinya, tapi alergi sudah pasti dapat memicu timbulnya kantung mata. Alergi tersebut bisa datang dari polusi, debu dan sebagainya. Mata yang terkena alergi juga akan mengalami pembengkakan yang memicu kehitaman pada kantung mata.

Baca Juga: Asam Urat - Penyebab, Gejala dan Cara Menyembuhkan

Cara Menghilangkan Mata Panda


Ada banyak sekali cara menghilangkan mata panda yang bisa Anda coba, salah satunya menggunakan es. Bukan hanya itu saja, masih ada sekitar 10 cara mengatasi mata panda yang belum Anda pikirkan sebelumnya. Daripada semakin penasaran, simak informasinya di bawah ini.

1. Menggunakan Es Batu

Cara menghilangkan mata panda yang pertama bisa menggunakan es batu. Cara ini terbilang mudah dan dapat dilakukan siapa saja. Selain itu, bahannya cukup mudah ditemukan.

Anda bisa menyiapkan sekantung es batu, kemudian bungkus menggunakan kain bersih. Setelah itu, kompres mata dan angkat jika tidak tahan dinginnya. Lakukan langkah ini sekitar 10 menit dan 2 kali dalam sehari.

2. Kompres dengan Teh

Seperti yang sudah kita ketahui, teh mempunyai banyak manfaat bagi kesehatan dan kecantikan. Salah satu diantaranya yaitu dapat mengurangi warna hitam pada kantung mata. Cara penggunaannya juga sangat mudah.

Cara Menghilangkan Mata Panda dengan Teh Celup
Kompres Mata dengan Teh Celup

Jika Anda baru saja menyeduh teh, jangan buang teh hijaunya. Sebab teh hijau bekas tersebut bermanfaat untuk merangsang kolagen di kulit sehingga mata panda dapat hilang lebih cepat. Simpanlah teh bekas tersebut ke kulkas dan kompres mata Anda selama 15 menit saja. Untuk hasil yang maksimal, lakukan cara ini setiap sebelum tidur.

3. Menggunakan Masker Kentang

Tahukah Anda, kentang mengandung asam sitrat dan asam fosfat yang cukup besar. Kandungan tersebut sangat baik untuk merangasang kulit sehingga mempercepat regenerasinya. Karena itu, kentang bisa Anda manfaatkan untuk menghilangkan mata panda.

Anda dapat menyiapkan sekitar 1 buah kentang yang sudah dibelah menjadi beberapa bagian. Kemudian tumbuk hingga halus dan masukkan ke dalam kain tipis. Tempelkan pada kantung mata selama 15 menit saja.

4. Masker Mentimun

Mungkin sudah banyak yang mengetahuinya, tapi saya hanya ingin mengingatkan saja. Belum banyak yang mengetahuinya, namun timun bersifat melancarkan peredaran darah. Sehingga pembengkakan kantung mata bisa segera hilang.

Siapkan satu buah mentimun segar, kemudian iris menjadi beberapa bagian sama besar. Tempelkan irisan tersebut ke mata (sambil tiduran). Diamkan selama 20 menit saja sudah cukup. Melakukannya setiap hari sebelum tidur, terbukti ampuh untuk menyegarkan mata ketika bagun.

5. Campuran Yogurt dan Perasan Lemon

Yogurt merupakan salah satu produk olahan susu yang terbuat dari bantuan bakteri. Makanan satu ini, mengandung protein, vitamin dan tinggi asam laktat. Kandungan asam tersebut sangat ampuh untuk mengatasi pembengkakan kelopak mata.

Sedangkan lemon merupakan buah yang terkenal akan khasiatnya bagi kesehatan dan kecantikan. Lemon kaya akan vitamin c yang baik untuk melancarkan peredaran darah. Karena itulah, kedua bahan ini cukup efektif dalam menghilangkan mata panda.

Caranya cukup mudah, Anda memerlukan sekitar 2-3 sendok yogurt. Kemudian campurkan dengan air perasan air lemon. Aduk hingga tercampur rata, setelah itu oleskan pada kelopan mata bagian bawah saja. Jangan sampai mengenai mata, sebab air lemon tersebut dapat menimbulkan rasa perih.

6. Gel Lidah Buaya

Lidah buaya atau aloe vera ini sangat bermanfaat bagi kecantikan. Salah satunya untuk mengatasi peradangan pada kantung mata. Karena itu, gel lidah buaya dianjurkan jika memiliki masalah mata panda.

Cara Menghilangkan Mata Panda dengan Lidah Buaya
Pisahkan Gel dari Kulit Lidah Buaya

Siapkan sekitar 1-2 lembar daun lidah buaya, setelah itu kupas dan pisahkan dari kulitnya. Ambil gelnya saja dan oleskan pada kantung mata. Biarkan sampai kering dan diamkan sekitar 20 menit. Setelah itu, bilas dengan menggunakan air hangat.

7. Sendok Dingin

Cara menghilangkan mata panda yang selanjutnya dapat menggunakan sendok dingin. Cara ini terbilang cukup unik dan belum banyak yang mengetahuinya. Namun, sendok yang biasa Anda pakai untuk makan terbuat dari bahan metal yang mampu menyimpan suhu. Karena itulah, letakkan sendok kedalam lemari es. Kemudian tempelkan pada mata sampai rasa dingin pada sendok sudah menghilang.

8. Tidur 8-9 Jam Setiap Hari

Sebagaimana yang sudah kita ketahui, kurang tidur merupakan salah satu penyebab timbulnya mata panda. Karena itulah, kita perlu mengatur waktu tidur menjadi 8-9 jam setiap harinya. 8 jam dimalam hari dan 1 jam diwaktu siang.

Tidur secara teratur bisa mencegah timbulnya mata panda dan mempercepat proses penyembuhannya. Karena itu, atur ulang waktu istirahat Anda dari sekarang.

9. Memanfaatkan Minyak Zaitun

Minyak zaitun merupakan salah satu jenis minyak alami yang bermanfaat bagi kesehatan maupun kecantikan. Minyak ini mengandung asam lemak tak jenuh yang sangat baik untuk melembabkan kulit kantung mata. Selain itu, minyak zaitun ini dipercaya dapat mengatasi peradangan.

Dalam penggunaannya, Anda bisa mengoleskan minyak zaitun ke bagian kelopak mata. Dan diamkan sekitar 15 menit saja. Setelah itu bilas menggunakan air hangat. Untuk hasil yang lebih optimal, lakukan cara ini sebelum tidur.

10. Putih Telur

Putih telur memiliki sifat yang bisa menyegarkan dan mengencangkan kulit. Oleh karenanya, putih telur sangat disarankan jika Anda mengalami masalah mata panda. Selain itu, putih telur juga dapat mengangkat kulit mati akibat kerutan kelopak mata.

Anda bisa memisahkan putih telur dari kuningnya. Kemudian kocok hingga berbusa, setelah itu oleskan pada kantung mata. Berikan pijatan lembut untuk memudahkan penyerapan kandungan putih telur ke dalam kulit. Diamkan sekitar 15 menit dan bilas menggunakan air hangat.

11. Cuka Sari Apel

Cara menghilangkan mata panda yang terakhir bisa menggunakan cuka sari apel. Bahan ini mengandung asam malat yang sangat bagus untuk mengatasi peradangan pada kulit. Selain itu, kandungan cuka sari apel ini cukup banyak. Bahan ini dapat digunakan untuk perawatan kulit sekitar mata serta dapat menjaga kelembapannya.

Cara Menghilangkan Mata Panda dengan Cuka Sari Apel
Menggunakan Air Cuka Apel

Dalam pemanfaatannya, cuka sari apel bisa dioleskan pada kantung mata yang bengkak atau hitam. Diamkan sekitar 20 menit dan bilas menggunakan air hangat. Lakukan cara ini sebelum tidur supaya mempercepat regenerasi kulit kelopak mata.

Demikianlah artikel dari Ulasan Kesehatan tentang Cara Menghilangkan Mata Panda. Semoga informasi diatas dapat bermanfaat dan menambah wawasan Anda. Jika artikel ini bermanfaat mohon dibagikan. Apabila memiliki pertanyaan, dapat berkomentar atau menghubungi akun sosial media kami.

Manusia biasa yang ingin berbagi informasi melalui media blog. Mari berkenalan, silahkan kontak akun sosial media kami. Terimakasih.