Rabu, 10 Mei 2017

#9 Cara Menghilangkan Bau Mulut Secara Alami Tanpa Resiko

Kategori

Cara Menghilangkan Bau Mulut | Mulut merupakan bagian tubuh terpenting yang wajib dijaga dan dirawat. Sebab, jika tidak merawat dengan benar maka akan menimbulkan berbagai masalah seperti bau mulut. Nah, supaya terhindar dari bau mulut, ada baiknya untuk menjaga kesehatan mulut Anda dari sekarang.

cara menghilangkan bau mulut secara alami

Bau mulut juga menjadi salah satu masalah yang sangat mengganggu, hal ini dikarenakan bau mulut dapat mendatangkan rasa minder dalam bergaul. Bukan hanya itu saja, saat mengalami bau mulut pada umumnya kita tidak akan banyak berbicara dan berinteraksi dengan orang terdekat.

Karena hal ini, tidak sedikit yang rela mengeluarkan banyak biaya hanya untuk menghilangkan bau mulut. Namun, Anda juga bisa menghemat biaya tersebut dengan melakukan cara alami yang aman tanpa resiko. Anda bisa menghilangkan bau mulut dengan mengolah kunyit sebagai obat kumur atau menggunakan obat kumur anti-bakteri.

Melalui artikel ini, saya akan membantu Anda dalam menghilangkan bau mulut secara alami. Saya juga berusaha untuk memberikan informasi ini dengan bahasa yang mudah dimengerti dan seringkas mungkin sehingga Anda tidak jenuh. Yuk, simak dulu penyebab bau mulut.

Penyebab Bau Mulut


Sebelum Anda masuk dalam tahap cara menghilangkan bau mulut, ada baiknya un tuk mengetahui beberapa penyebab yang bisa memicu bau mulut. Ini diperlukan supaya Anda dapat mencegah bau mulut dengan menghindari beberapa hal di bawah ini.

1. Jarang Menggosok Gigi

Menggosok atau membersihkan gigi merupakan kegiatan yang bertujuan untuk menghilangkan kuman yang menempel pada gigi. Sebab kuman merupakan penyebab utama terjadinya bau tak sedap.

Menggosok gigi juga berguna dalam membersihkan bekas makanan yang masih menempel. Selain itu, rutin menggosok gigi dapat mencegah gigi berlubang. Karena itu, orang yang jarang membersihkan mulut cenderung mengalami bau mulut.

2. Karena Sariawan

Penyebab lain bau mulut adalah sariawan. Hal ini dikarenakan adanya infeksi kuman yang terjadi pada kulit bibir yang jika dibiarkan akan memicu timbulnya bau mulut. Sebab kuman yang berevolusi di area sariawan tersebut akan bercampur dengan sisa makanan dan menghasilkan bau tak sedap.

Karena itu, ada baiknya untuk menyembuhkan sariawan secepat mungkin supaya terhindar dari resiko bau mulut. Caranya dengan rutin minum perasan air lemon atau mengkonsumsi makanan yang kaya akan vitamin C.

3. Mengkonsumsi Makanan Penyebab Bau Mulut

Tanpa disadari, terlalu banyak mengkonsumsi makanan penyebab bau mulut seperti petai atau jengkol akan menimbulkan bau mulut dalam jangka waktu panjang. Mengapa? karena beberapa kandungan dalam makanan tersebut akan lengket dimulut, sehingga aroma khasnya akan terus dirasakan.

Oleh sebab itu, kurangi mengkonsumsi makanan penyebab bau mulut seperti jengkol atau petai. Serta gosok gigi setelah mengkonsumsinya.

4. Penyakit Lambung dan Usus

Bau mulut juga bisa diakibatkan adanya infeksi pada usus halus sehingga memicu keluarnya bau tak sedap. Selain itu, naiknya asam lambung juga akan menimbulkan bau mulut. Karena hal ini, ada baiknya untuk menjaga kesehatan pencernaan dengan rutin mengkonsumsi makanan berserat tinggi.

5. Masalah Gusi

Masalah kesehatan gusi tersebut meliputi adanya penumpukan plak pada gusi. Selain itu, pada plak tersebut terkandung ribuan kuman yang akan mendatangkan bau tak sedap. Kuman tersebut juga dapat menghasilkan racun yang mampu merusak gusi dan tulang rahang. Karena itu, hindari hal ini dengan rutin membersihkan mulut.

Baca Juga: #11 Cara Meningkatkan Daya Ingat Otak

Cara Menghilangkan Bau Mulut Secara Alami


Setelah Anda mengetahui beberapa penyebab bau mulut, maka sekarang Anda harus memahami cara menghilangkan bau mulut. Mungkin beberapa cari ini cukup efektif dalam mengatasi masalah bau mulut serta aman dan tidak memiliki resiko berbahaya. Dari pada semakin penasaran, yuk simak penjelasannya di bawah ini.

1. Menggosok Gigi Secara Teratur

Cara menghilangkan bau mulut yang pertama adalah dengan menggosok gigi secara teratur setiap harinya. Dengan melakukan cari ini, Anda bisa mencegah datangnya kuman ke dalam mulut. Selain itu, gunakan pasta gigi dengan kualitas bagus.

Hindari menggosok gigi dengan kuat karena dapat merusak gusi dan memudahkan kuman untuk masuk. Anda bisa menggosok gigi secara perlahan dari atas ke bawah, cara ini terbilang efektif dalam mengusir kuman pada mulut.

2. Rutin Memeriksa Kesehatan Mulut

Pemeriksaan diperlukan untuk mengetahui adanya masalah kesehatan mulut. Dengan mengetahuinya, Anda bisa mencegah timbulnya bau mulut dengan cepat. Anda bisa memeriksakan kesehatan mulut pada dokter yang memang ahli dalam bidangnya.

Setelah Anda mengecek kesehatan mulut, Anda bisa mengikuti saran dari dokter. Biasanya berupa menghindari kebiasaan buruk seperti jarang menyikat gigi, minum alkohol dan merokok.

3. Perbanyak Minum Air Putih

Air putih adalah sumber mineral yang sangat dibutuhkan tubuh. Air putih juga bagus dalam mencegah terjadinya dehidrasi. Dengan rutin minum air putih, Anda tidak akan mengalami dehidrasi yang menjadi salah satu penyebab bau mulut.

Banyak pula pakar kesehatan yang menganjurkan setiap orang untuk meminum air putih minimal 8 gelas setiap harinya. Jika minum dibawah 8 gelas sehari, maka tubuh akan mengalami penurunan kinerja. Karena itu, akan lebih efektif jika meminum air putih sekitar 8-10 gelas setiap harinya.

4. Memanfaatkan Obat Kumur Anti-Bakteri

Bau mulut disebabkan karena adanya evolusi antara sisa makanan dan bakteri pada mulut. Untuk mencegahnya, Anda bisa membersihkan mulut dengan obat kumur anti-bakteri. Pilihlah obat kumur yang kualitasnya sudah terjamin bagus.

Anda dapat mencuci mulut maksimal 7 kali dalam seminggu, serta lakukan cara ini dimalam hari. Dengan mencuci mulut menggunakan obat kumur anti-bakteri, kuman penyebab bau mulut akan musnah.

5. Menggunakan Permen Karet Tanpa Gula

Cara menghilangkan bau mulut yang selanjutnya adalah dengan menggunakan permen karet tanpa gula. Permen karet jenis ini cukup ampuh dalam menangkap kuman penyebab bau mulut serta membersihkan gigi dari sisa makanan yang membandel.

Anda dapat mendapatkan jenis permen karet seperti ini di toko atau apotek terdekat. Pilihlah permen karet dengan kualitas mumpuni dan hindari mengkonsumsi permen karet yang mengandung banyak gula.

6. Berhenti Merokok

Kondisi bau mulut akan semakin parah jika merokok, bahkan dapat menyebabkan bau mulut jangka panjang. Keadaan seperti ini lebih dikhususkan pada perokok yang sudah mengalami kecanduan. Anda bisa menghentikan aktivitas seperti ini secara perlahan tetapi tetap konsisten.

Mungkin kecanduan merokok tidak akan bisa hilang sepenuhnya, namun dapat dihilangkan sedikit demi sedikit. Jika memang tidak dapat berhenti merokok, Anda bisa menggunakan nikotin tempel yang ampuh dalam menghilangkan nafsu merokok.

7. Bersihkan Kawat Gigi Secara Teratur

Sebetulnya cara ini lebih dikhususkan bagi Anda yang menggunakan kawat gigi. Anda wajib untuk membersihkan kawat gigi dengan teratur setiap harinya. Hal ini dilakukan untuk mencegah bakteri yang menempel pada kawat gigi tersebut.

Anda dapat mencuci kawat gigi tersebut dengan menggunakan alkohol anti-bakteri. Selain itu, dapatkan alkohol anti-bakteri yang berkualitas tinggi serta tidak mendatangkan resiko bagi kesehatan mulut.

8. Mengkonsumsi Vitamin C

Vitamin C bagus dalam membunuh bakteri penyebab bau mulut dan ampuh dalam mencegah permasalahan pada mulut. Mengkonsumsi makanan yang kaya akan vitamin c secara teratur akan membantu peredaran darah.

Adapun beberapa makanan yang kaya akan vitamin c adalah paprika, jeruk, buah berry, nanas, kiwi ataupun cabai. Anda bisa mencampurkan bebarapa bahan makanan tersebut kedalam masakan. Jika itu buah, Anda bisa mengkonsumsi secara langsung atau mengolahnya menjadi jus ataupun salad.

9. Minum Teh Hijau

Cara menghilangkan bau mulut yang terakhir adalah dengan memanfaatkan tanaman teh hijau. Teh hijau (Green Tea) ini memang menyimpan berbagai kandungan yang baik bagi tubuh. Teh hijau juga ampuh dalam mengurangi masalah bau mulut tak sedap. Hal ini dikarenakan kandungan senyawa catechin yang bisa mencegah dan membunuh kuman.

Teh hijau juga mengandung antioksidan tinggi yang diperlukan untuk mencegah penuaan sel-sel tubuh sehingga membuat terjaga dengan baik. Selain itu, kandungan antioksidan tersebut bisa mencegah penyakit jantung dan meminimalisir proses oksidasi kolesterol.

Demikianlah artikel dari ulasan kesehatan tentang cara menghilangkan bau mulut, semoga artikel ini dapat bermanfaat bagi Anda. Informasi ini saya rangkum dari berbagai sumber terpercaya seperti buku, website resmi dan pengalaman pribadi. Jika memiliki pertanyaan, Anda dapat berkomenter di kolom yang sudah kami sediakan.

Manusia biasa yang ingin berbagi informasi melalui media blog. Mari berkenalan, silahkan kontak akun sosial media kami. Terimakasih.