Kamis, 11 Mei 2017

11 Cara Termudah Menghilangkan Bau Kaki Secara Alami

Kategori

Cara Menghilangkan Bau Kaki | Bau kaki adalah permasalahan yang pada umumnya dialami semua orang. Dengan kata lain, bau kaki dapat terjadi pada anak-anak, remaja, dewasa atau bahkan lansia. Permasalahan yang satu ini cukup membuat sebagian orang frustasi, sebab dapat membuat rasa minder dalam bergaul.

cara menghilangkan bau kaki secara alami
Credit Image Liputan6

Menurut penelitian, bau kaki lebih banyak dialami oleh mereka yang banyak mengeluarkan keringat. Selain itu, bau kaki bisa disebabkan karena infeksi bakteri yang terjadi pada kaki. Karena itu, untuk bisa mengusir bau kaki Anda perlu menjaga kesehatan kaki yakni dengan membersihkannya menggunakan sabun anti-bakteri.

Pada dasarnya bau kaki dialami oleh orang yang rutinitasnya memakai kaus kaki dan sepatu. Tidak heran banyak pelajar ataupun pegawai yang cenderung mengalami permasalahan ini. Jika terjadi, alangkah baiknya jika diatasi dengan cepat sehingga tidak mengganggu aktivitas.

Walaupun bau kaki ini bukan penyakit, tetap saja menjadi sebuah permasalahan yang sangat mengganggu. Karena hal ini, tidak sedikit yang rela menghabiskan banyak uang hanya untuk menghilangkannya. Namun, Anda bisa menghilangkan bau kaki dengan biaya sedikit, caranya adalah dengan menggunakan metode alami yang dijamin tidak memiliki resiko.

Penyebab Bau Kaki


Sebelum Anda masuk pada tahap cara menghilangkan bau kaki, ada baiknya untuk mengetahui penyebab bau kaki. Bau kaki memang tidak memandang orang, maka dari itu setiap orang wajib untuk mencegahnya. Caranya dengan menghindari penyebab yang bisa memicu bau kaki seperti jarang mencuci kaus kaki dan sebagainya. Daripada semakin penasaran, penjelasan selengkapnya ada di bawah ini.

1. Jarang Mencuci Kaus Kaki dan Sepatu

Bagi yang malas mencuci kaus kaki dan sepatu mungkin Anda akan menjadi langganan bau kaki. Haal ini dikarenakan, pada kaus kaki dan sepatu yang tidak dicuci terdapat ribuan bakteri yang bisa memicu timbulnya bau tak sedap.

Bau kaki tersebut akan semakin parah jika kaus kaki dan sepatu tersebut tidak dicuci dengan rutin. Karena bakteri yang bercampur dengan keringat akan menimbulkan bau menyengat yang bisa membuat malu.

2. Memakai Sepatu dan Kaus Kaki Lembab

Kaus kaki dan sepatu lembab lebih banyak bakterinya, sebab kuman lebih suka berada dan berkembang pada lokasi lembab. Selain itu, jika digunakan dalam kondisi lembab, bau kaki akan menempel lebih lama. Hal ini dikarenakan, kuman lebih cepat berevolusi dan menyerang kaki dalam keadaan lembab. Itulah sebabnya setiap orang harus menghindari penggunaan kaus kaki tau sepatu lembab apalagi basah.

3. Jarang Menggunting Kuku

Pada kuku, terdapat kotoran yang bisa memicu bau kaki. Kotoran tersebut akan menimbulkan aroma khasnya jika sudah mengendap dalam jangka waktu panjang. Hal ini bisa semakin parah jika kuku tidak dipotong secara teratur. Bersihkan pula area kuku dengan alkohol supaya kuman penyebab bau kaki dapat mati.

Baca Juga: #9 Cara Menghilangkan Bau Mulut Secara Alami Tanpa Resiko

Cara Menghilangkan Bau Kaki Secara Alami


Jika Anda sudah mengetahui penyebab bau kaki, maka sekarang wajib untuk mengetahui cara menghilangkan bau kaki. Saya sudah menyediakan informasinya dengan bahasa yang mudah dimengerti dan seringkas mungkin supaya Anda bisa memahaminya dengan cepat. Penjelasan selengkapnya sudah saya sediakan di bawah ini.

1. Rutin Membersihkan Kaki

Cara menghilangkan bau kaki yang pertama adalah dengan mencuci kaki secara teratur setiap harinya. Hal ini diperlukan untuk mencegah perkembangan bakteri pada kaki. Dengan mencuci kaki secara teratur, kesehatan kaki akan meningkat dengan sendirinya sehingga mengecilkan resiko bau kaki.

Anda bisa mencuci kaki dengan menggunakan air hangat, sebab air seperti ini cukup efektif dalam membunuh kuman. Jika diperlukan, gunakan sabun anti-bakteri agar bakteri cepat mati. Pilihlah sabun yang memiliki kualitas bagus.

2. Hindari Menggunakan Sepatu dan Kaus Kaki Lembab

Seperti yang sudah kita ketahui, salah satu penyebab bau kaki adalah mengenakan sepatu atau kaus kaki lembab. Karena itu, Anda jangan mengenakan sapatu dan kaus kaki dalam keadaan lembab apalagi basah.

Jika Anda memang terpaksa menggunakan kaus kaki atau sepatu basah, maka gunakanlah plastik bening sebagai pembatas antara kulit dan benda tersebut. Hal ini dilakukan untuk mencegah perkembangan bakteri pada kulit kaki.

3. Merendam Kaki dengan Perasaan Air Lemon

Lemon mengandung vitamin c yang sangat baik dalam membunuh kuman, karena itu Anda bisa memanfaatkannya untuk menghilangkan bau kaki. Namun, Anda hanya akan menggunakan airnya saja.

Anda bisa memeras lemon dan mengambil airnya, kemudian tambahkan air hangat secukupnya. Masukkan kaki Anda ke dalam wadah tersebut, lalu diamkan sekitar 10-15 menit saja. Untuk mendapatkan hasil maksimal, lakukan cara ini setiap harinya.

4. Cuci Kaus Kaki dan Sepatu Secara Teratur

Kaus kaki dan sepatu yang bersih dapat menghambat pertumbuhan kuman pada kaki. Dengan melakukan hal ini, Anda bisa mencegah perkembangan bakteri sebab kuman tidak suka di tempat bersih.

Anda bisa rutin mencuci kaus dan sepatu sekali 2 hari, hal ini dilakukan untuk menjaga keadaannya agar tetap bersih. Anda bisa mencuci kaus kaki dan sepatu dengan detergen yang berkualitas, Anda bisa mendapatkan beberapa produk seperti itu di toko terdekat.

5. Rutin Memotong Kuku

Kuku adalah bagian kaki yang perlu perawatan dengan baik. Jika tidak, kuku akan memicu timbulnya bau kaki tak sedap. Di dalam kuku, terdapat kotoran yang memiliki aroma khas, tidak jarang aroma tersebut bisa membuat bau kaki semakin parah.

Cara membersihkannya adalah dengan rutin memotong kuku, cara ini cukup efektif dan gampang dilakukan siapa saja. Karena itu, apakah Anda masih malas memotong kuku?

6. Menyelipkan Tisu atau Kertas Kering

Cara menghilangkan bau kaki yang selanjutnya yakni dengan menyelipkan beberapa lembar tisu atau kertas kering yang mampu menyerap keringat pada kaki. Mungkin cara ini sedikit unik, namun sangat efektif dalam mengurangi bau kaki tak sedap.

Caranya cukup mudah, Anda hanya membutuhkan sekitar 5 lembar tisu kering. Kemudian selipkan diantara kaki dan kaus kaki. Pastikan pula, kondisi tisu atau kertas tersebut, jangan sampai dalam keadaan lembab apalagi basah.

7. Merendam Kaki dengan Air Baking Soda

Cara ini cukup efektif dan gampang untuk dilakukan, tidak heran banyak penderita bau kaki melakukan cara yang satu ini. Air baking soda, digunakan bukan untuk meminimalkan pengeluaran keringat. Namun, untuk membunuh kuman dan bakteri penyebab bau kaki.

Untuk melakukannya, Anda memerlukan 4 sendok baking soda dan air sebanyak satu wadah berukuran sedang. Masukkan baking soda ke dalam air tersebut, kemudian aduk hingga semuanya tercampur. Sekarang Anda bisa memasukkan kaki ke dalam rendaman tersebut, dan diamkan sekitar 15 menit.

8. Menggunakan Deodorant

Sebagian orang beranggapan bahwa deodorant hanya digunakann pada ketiak. Ternyata, benda tersebut sangat ampuh dalam menghilangkan bau kaki. Sebab, deodorant memiliki kandungan yang bisa membunuh bakteri penyebab bau kaki.

Namun, jangan pernah menggunakan deodorant yang sudah dipakai di ketiak. Sebab kuman dapat berpindah dari ketiak ke kaki Anda. Selain itu, pastikan deodorant yang Anda gunakan aman bagi kulit.

9. Memanfaatkan Tepung Maizena

Jika ditanyakan pada perempuan, sebagian besar akan menjawab itu sebagai bahan pembuat kue. Namun, tanpa disadari kandungan senyawa aktifnya mampu untuk mengusir bau kaki. Perlu Anda ketahui kalau tepung maizana merupakan pati yang didapatkan dari endosperma biji jagung

Caranya sangat gampang, Anda hanya perlu menyiapkan tepung maizena secukupnya. Pastikan juga kaki dalam keadaan kering. Kemudian oleskan tepung maizena ini ke seluruh bagian kaki yakni dari lutut ke jari-jari. Setelah itu, diamkan sekitar 30 menit saja, dan bilas dengan air bersih.

10. Rendam Kaki dengan Teh

Teh memang mengandung banyak sekali manfaat yang dapat diterima tubuh kita. Salah satunya adalah baik dalam menghilangkan bau kaki, sebab senyawa antioksidannya ampuh dalam membunuh kuman dan bakteri yang menjadi penyebab bau kaki.

Anda membutuhkan teh dan air hangat, kemudian seduh teh tersebut layaknya sedang membuat minuman. Kemudian, rendam kaki Anda ke dalam wadah tersebut selama 30 menit jika ingin mendapat hasil yang optimal.

11. Merendam Kaki Dengan Air Cuka

Cara menghilangkan bau kaki yang terakhir adalah menggunakan air cuka. Cuka merupakan salah satu bahan yang mampu membuat sebuah masakan menjadi sangat lezat. Bukan hanya itu saja, ternyata cuka ini bagus untuk menghilangkan bau kaki secara alami. Sebab cuka memiliki sifat anti-bakteri.

Siapkan 1-2 cangkir cuka dan 6 gelas air bersih. Campurkan kedua bahan tersebut di dalam sebuah baskom. Aduk hingga merata, kemudian rendam kaki Anda sekitar 15 menit saja. Jangan terlalu banyak menuangkan cukanya, karena dapat merusak kulit.

Demikianlah artikel dari Ulasan Kesehatan tentang cara menghilangkan bau kaki, dan semoga artikel ini bisa menambah wawasan Anda. Jika artikel ini berguna, tidak ada salahnya untuk dibagikan supaya semua orang mendapat manfaatnya. Jika memiliki pertanyaan, Anda bisa berkomentar atau kontak kami.

Manusia biasa yang ingin berbagi informasi melalui media blog. Mari berkenalan, silahkan kontak akun sosial media kami. Terimakasih.