Jumat, 05 Mei 2017

Cara Melakukan Gaya Hidup Sehat [Studi Kasus]

Kategori

Cara melakukan gaya hidup sehat | Menurut penelitian, lebih dari 25% warga Indonesia salah dalam melakukan pola hidup. Tidak sedikit diantaranya bahkan meninggal dunia akibat melakukan gaya hidup yang tidak sehat. Karena hal ini, Indonesia termasuk salah satu negara dengan jumlah kasus kematian terbesar akibat gaya hidup.

Selain itu, gaya hidup juga berperan dalam menentukan kualitas kesehatan seseorang. Hal ini dikarenakan seseorang yang sering melakukan gaya hidup buruk akan lebih mudah untuk terserang penyakit. Sehingga penyakit akan masuk dengan mudah dan menyiksa tubuh.

cara melakukan gaya hidup sehat dengan benar
Credit Image Cantik Itu

Sebenarnya ada banyak sekali gaya hidup yang tidak benar salah satu diantaranya adalah menggunakan narkoba. Barang satu ini dikenal sangat berbahaya dan mematikan. Namun, masih banyak yang memakainya dengan alasan untuk menghilangkan rasa depresi atau untuk menciptakan rasa bahagia. Tanpa disadari narkoba akan mengacaukan daya sadar sehingga pemakainya akan cenderung melakukan hal yang tidak normal.

Oleh karena itu, ada baiknya kita untuk menerapkan pola hidup sehat demi menunjang kesehatan agar tetap stabil. Untuk melakukannya tidak terlalu susah, Anda harus menjauhi beberapa hal buruk seperti makanan cepat saji dan sebagainya. Selain itu, Anda harus melakukan hal yang mendorong kualitas kesehatan seperti berolahraga, mengkonsumsi makanan bergizi, mengurangi stress dan masih banyak lagi.

Ternyata, dengan melakukan gaya hidup sehat, umur akan menjadi lebih panjang dibandingkan dengan mereka yang melakukan gaya hidup buruk. Hal ini disebabkan karena orang yang melakukan gaya hidup sehat akan terhindar dari berbagai penyakit, sehingga kemungkinan jatuh sakit akan menjadi lebih kecil.

Dengan kata lain, cara melakukan gaya hidup sehat ditentukan dari diri sendiri dan sesuai kebutuhan kesehatan. Sebab, gaya hidup sehat dibutuhkan untuk menjaga kesehatan agar tetap optimal. Karena, jika kesehatan optimal hidup akan menjadi lebih baik dan umur akan menjadi lebih panjang.

Cara Melakukan Gaya Hidup Sehat yang Baik


Untuk dapat menjalankan pola hidup sehat, Anda perlu untuk mengubah beberapa kebiasaan buruk yang sering Anda lakukan seperti merokok dan sebagainya. Selain itu, Anda juga harus lebih dekat kepada Tuhan sehingga kesehatan Anda akan tetap terjaga. Daripada semakin penasaran, saya sudah memberikan informasi cara melakukan gaya hidup sehat di bawah ini.

1. Ketahui Kondisi Kesehatan Saat Ini

Cara melakukan gaya hidup sehat yang pertama adalah dengan mengetahui atau mengecek kesehatan Anda saat ini. Hal ini sangat penting supaya kita menjadi cepat tahu kondisi kesehatan terkini, apakah baik atau buruk? Dengan begini kita akan lebih awal menyadarinya sehingga cenderung menjaga kesehatan sebelum jatuh sakit.

Karena survei membuktikan kalau sekitar 65% manusia mungkin akan merubah gaya hidupnya setelah terkena sakit. Namun, alangkah baiknya supaya Anda mencegah penyakit bukan menyembuhkannya. Cara terbaik yaitu dengan mengetahui kondisi kesehatan saat ini, sehingga kita dapat mencegah penyakit dengan melakukan gaya hidup sehat.

2. Rutin Berolahraga

Salah satu aktivitas yang baik dalam menjalankan pola hidup sehat yakni berolahraga. Aktivitas ini lebih terkenal akan manfaatnya yang sangat banyak, tidak heran banyak diantara kita sangat gemar berolahraga. Olahraga akan sangat efektif jika dilakukan diwaktu yang tepat, yakni di pagi dan sore hari.

Cara melakukan olahraga di pagi hari juga harus diperhatikan, Anda harus serius dalam melakukan setiap gerakan. Sehingga olahraga tersebut akan lebih efektif dalam menjaga kesehatan agar tetap optimal. Anda juga dapat melakukan berbagai jenis olahraga seperti yoga, senam, jogging ataupun angkat beban. Pilihlah olahraga yang dapat Anda lakukan, jangan pernah untuk memaksakan tubuh.

3. Konsumsi Makanan Bergizi

Banyak pakar kesehatan menganjurkan supaya setiap orang seharusnya mengkonsumsi makanan 4 sehat 5 sempurna. Komposisi makanan ini memiliki manfaat dan gizi lengkap, sehingga segala asupan gizi yang dibutuhkan tubuh akan terpenuhi dengan baik. Komposisinya adalah susu, sayur, buah, nasi (sumber karbohidrat lainnya) dan lauk.

Selain itu, dengan rutin mengkonsumsi makanan bergizi, kesehatan tubuh dan kekebalan tubuh akan meningkat. Dalam kondisi seperti ini, tubuh tidak akan mudah untuk terserang penyakit sehingga risiko jatuh sakit akan mengecil. Maka dari itu, kita wajib untuk memberikan asupan bergizi kepada tubuh supaya kesehatan tetap optimal.

4. Hindari Rokok dan Asapnya

Merokok merupakan salah satu gaya hidup buruk yang patut untuk dihindari. Dengan merokok, kesehatan paru-paru akan menurun drastis, sehingga kemungkinan terkena penyakit paru-paru akan semakin besar. Namun, asap rokok adalah bagian paling berbahaya yang mungkin akan merusak kesehatan tubuh. Sebab di dalamnya terkandung 2 kali tar, nikotin dan lebih dari 1500 zat kimiawi lainnya.

Mulai dari sekarang, kurangi kebiasaan buruk ini dengan mengurangi konsumsi setiap harinya. Dengan melakukan ini, tubuh akan kembali terbiasa tanpa hadirnya rokok. Selain itu, jauhi para perokok yang mungkin akan menjerumuskan Anda lagi.

5. Istirahat yang Cukup

Istirahat merupakan salah satu aturan yang wajib dilakukan dalam hidup. Beristirahat dilakukan supaya tubuh dapat mengisi tenaga dan menyegarkan sistem kerja tubuh sehingga akan berkerja secara optimal. Namun, tidak sedikit diantara kita yang kurang cukup beristirahat, hal ini akan memicu menurunkan tingkat kekebalan tubuh.

Beristirahat sangat dibutuhkan dalam menjalankan gaya hidup sehat, karena banyak pakar kesehatan menganjurkan agar setiap orang memiliki waktu ideal dalam beristirahat. Waktu istirahat yang paling ideal itu sekitar 8 jam setiap harinya, dan bisa juga ditambah 1 jam saat tidur siang. Buatlah jadwal tidur dengan benar dan lakukan setiap harinya sampai Anda terbiasa.

6. Jauhi Narkoba dan Minuman Terlarang

Cara melakukan gaya hidup sehat yang selanjutnya adalah dengan menjauhi narkoba dan minuman terlarang yang mungkin akan merusak kesehatan tubuh. Di Indonesia, pengguna narkoba dan minuman keras tidak hanya orang dewasa saja, melainkan anak-anak dibawah umur. Selain itu, negara kita termasuk salah satu negara dengan kasus kematian terbesar akibat narkoba.

Dalam narkoba dan minuman keras terkandung banyak sekali zat kimiawi yang akan merusak sel-sel tubuh, sehingga kekebalannya akan menurun. Jika dikonsumsi secara berkepanjangan, maka tubuh penggunanya akan mengalami banyak gangguan seperti fisik melemah, gangguan psikologis atau bahkan kematian.

Sebelum terkena, ada baiknya kita untuk mencegahnya yakni dengan menjauhi barang tersebut dan pemakainya. Selain itu, dekatkan diri kepada Tuhan supaya tidak mudah tergoda oleh para pemakai narkoba. Anda juga bisa mencegahnya dengan lebih dekat kepada keluarga dan saling mengasihi.

7. Kurangi Konsumsi Makanan Cepat Saji

Banyak ahli kesehatan menyarankan agar setiap orang mengurangi konsumsi makanan cepat saji (junk food), dikarenakan efek sampingnya yang sangat berbahaya. Jika dikonsumsi secara terus-menerus, makanan tersebut akan menimbulkan dampak buruk bagi kesehatan.

Ada pun beberapa makanan cepat saji yang patut untuk dihindari adalah gorengan, mie instan dan sebagainya. Dalam makanan jenis ini, kandungan racunnya lebih banyak dan terdapat jutaan bahan kimiawi yang sangat membahayakan. Tidak jarang makanan cepat saji akan memicu terjadinya penyakit seperti usus buntu, obesitas atau mungkin kanker.

8. Hidup Bersih

Tidak sedikit penyakit disebabkan oleh kurangnya kesadaran dalam menjaga kebersihan, baik dalam lingkungan ataupun diri sendiri. Di area kotor, terdapat berbagai jenis parasit yang bisa menjangkiti manusia serta menularkan berbagai jenis penyakit seperti tifus. Selain itu, tubuh kotor akan lebih cepat untuk terserang panyakit karena parasit lebih suka di tempat kotor.

Dengan rajin membersihkan diri dan lingkungan, kemungkinan terkena risiko penyakit akan menjadi semakin kecil. Dengan melakukan ini, parasit yang dulu bersarang di lingkungan atau diri akan pergi sehingga tidak akan menjangkiti tubuh lagi. Maka dari itu, rutin mandi minimal 2 kali dalam sehari. Selain itu, bersihkan rumah secara teratur untuk meminimalisir datangnya kuman.

9. Bersosialisasi dengan Benar

Manusia merupakan makhluk sosial, dengan kata lain manusia tidak bisa hidup tanpa orang lain. Karena itu, setiap orang diharuskan untuk bergaul dan membangun ikatan pertemanan. Maka kita juga harus ikut bersosialisasi baik dalam lingkungan masyarakat atau komunitas.

Dengan membangun hubungan baik, kehidupan juga akan membaik. Hal ini dikarenakan hubungan timbal balik akan terjadi, sehingga disaat Anda memerlukan bantuan, teman tersebut pasti akan membantu. Maka dari itu, hubungan baik sangat diperlukan dalam menciptakan hidup yang sejahtera.

10. Mengurangi Stres

Banyak penelitian membuktikan bahwa stres memicu timbulnya berbagai penyakit, mulai dari tingkat kecil sampai kronis. Stres juga dapat mengakibatkan ganguan mental seseorang, sehingga melakukan hal tidak normal dan memicu terjadinya bunuh diri. Stres berkepanjangan sangat bahaya dan perlu untuk dicegah.

Anda dapat mencegah stres dengan melakukan kegiatan positif seperti rutin berolahraga, menghindari hal yang mungkin memicu stres, gunakan waktu dengan baik untuk bersama dengan keluarga serta rutin beribadah. Stres juga biasa datang dari pergaulan, karena itu jalin pertemanan dengan baik dan benar.

11. Mengatur Emosional

Salah satu faktor lain yang sangat penting dalam menciptakan kehidupan bahagia yakni dengan mengatur emosional. Tingkat emosional sangat diperlukan dalam menjalin hubungan, sebab emosional tinggi biasa dimiliki oleh mereka yang keras kepala dan egois. Sehingga orang tidak akan suka dengannya dan justru menjauhinya, sehingga memicu depresi dan gangguan mental.

Oleh sebab itu, aturlah emosional Anda dengan baik supaya tidak ada yang tersakiti dengan tindakan emosional Anda. Selain itu ciptakan hubungan harmonis dengan keluarga supaya terbentuk emosional yang baik. Hindari juga makanan pemicu emosi seperti narkoba atau minuman keras.

12. Minum Air Putih Secara Teratur

Pada dasarnya tubuh manusia terdiri atas cairan sebesar 70% dan beberapa sel-sel pendukung. Cairan sangat dibutuhkan tubuh dalam melancarkan metabolisme sehingga kinerjanya berjalan dengan lancar. Karena itu, kita wajib memberikan asupan cairan yang cukup bagi tubuh.

Kita dapat mencukupinya dengan rutin minum air putih setiap harinya, dan dengan takaran ideal. Menurut Chicago University, konsumsi ideal air putih setiap harinya berkisar 8-9 gelas. Menurut penelitiannya, seseorang yang teratur minum air putih cenderung lebih sehat dan kekebalan tubuhnya lebih kuat. Karena itu, penting bagi Anda untuk mencukupi kebutuhan cairan tubuh dengan minum air putih secara teratur.

13. Lakukan Program Diet dengan Benar

Tidak jarang diantara kita menjadikan diet sebagai salah satu gaya hidup penting, karena itu Anda wajib memperhatikan beberapa faktor penting pula. Diet akan berdampak positif bila dilakukan dengan mempertimbangkannya dengan kesehatan, buatlah rencana diet dengan matang. Usahakan progam diet yang Anda jalankan sehat dan cocok untuk dilakukan.

Hindari program diet ketat, karena sangat berbahaya bagi kesehatan bahkan dapat mengakibatkan kematian. Walaupun diet ini memiliki hasil cepat, tapi diet ketat ini akan menimbulkan berbagai penyakit seperti selulit. Diet ketat akan memaksa Anda supaya mengurangi asupan makan secara drastis, sehingga tubuh akan mengalami malnutrisi.

Ada baiknya Anda melakukan diet sehat dan tidak berbahaya bagi kesehatan, walaupun memang sedikit lebih lama. Namun, Anda bisa mendapatkan hasil memuaskan tanpa harus jatuh sakit. Jika kesehatan semakin memburuk, berhenti melakukan diet dan konsultasi ke dokter.

14. Lebih Dekat dengan Tuhan

Cara melakukan gaya hidup sehat yang terakhir adalah dengan rutin beribadah dan lebih dekat kepada Tuhan. Hal ini sangat diperlukan dalam membentuk iman kuat sehingga tidak mudah tergoda untuk melakukan kegiatan buruk bagi kesehatan. Anda diharuskan untuk senantiasa percaya kepada Tuhan dan melakukan perintahnya, supaya terbiasa untuk melakukan kebaikan.

Dengan rutin beribadah, tubuh akan menjadi lebih sehat dan bugar. Selain itu kesehatan mental dan fisik juga meningkat sehingga risiko ganguan psikologis akan menurun. Percayalah, walaupun Anda sudah pernah masuk dalam pergaulan buruk, tetap saja ada pintu bertobat bagi Anda. Maka dari itu, dekatkan diri kepada Tuhan dan jangan melakukan kejahatan lagi.

Demikianlah artikel saya tentang Cara Melakukan Gaya Hidup Sehat, semoga dapat bermanfaat bagi Anda. Mungkin beberapa tips diatas bisa membantu Anda supaya menjadi manusia yang baik dan sehat. Informasi ini merupakan rangkuman dari berbagai media yakni buku, website alodokter dan pengalaman pribadi saya sehingga sangat terpercaya. Jika artikel ini bermanfaat, mungkin Anda berkenan membagikannya sehingga semua mendapat manfaatnya. Jika memiliki pertanyaan seputar topik ini, Anda dapat bertanya di kolom yang sudah kami sediakan.

Manusia biasa yang ingin berbagi informasi melalui media blog. Mari berkenalan, silahkan kontak akun sosial media kami. Terimakasih.