Senin, 01 Mei 2017

#9 Cara Melakukan Diet Sehat yang Benar

Cara Melakukan Diet Sehat | Salah satu kegiatan terpopuler saat ini adalah diet, tidak heran banyak kita lihat orang terdekat yang melakukan kegiatan satu ini. Namun, banyak diantaranya yang salah dalam menjalankan program diet ini, bahkan sampai merusak tubuh sendiri. Karena itu, saya akan memberikan solusi terlengkap tentang cara diet yang baik dan sehat kepada Anda supaya tidak salah dalam menjalankan program ini.


Mungkin semua dari kita juga sudah tahu bahwa diet dilakukan untuk menurunkan berat badan atau mengencangkan tubuh. Maka dari itu, diet ini termasuk cara terbaik dalam mendapatkan tubuh ideal. Hanya saja, untuk menjalankan program diet ini Anda harus memperhatikan beberapa efek samping dari diet tersebut. Efek samping yang biasanya terjadi adalah malnutrisi, depresi, kelaparan, rambut rontok dan timbulnya penyakit selulit.

Dalam melakukan diet, Anda diharuskan untuk ekstra menahan lapar dalam jangka waktu tertentu. Selain itu asupan makanan akan dikurangkan sehingga kalori yang masuk dalam tubuh menjadi berkurang drastis. Namun, hal tersebut akan merusak tubuh dan menurunkan sistem kerjanya sehingga tubuh menjadi kurang aktif dan cepat lelah.

Dalam dunia diet, terdapat berbagai jenis diet yang dapat Anda pilih. Meskipun begitu, cara kerja dari jenis diet tersebut tetap sama seperti diet pada umumnya. Anda diwajibkan untuk bertahan dalam rasa lapar yang sangat menyiksa. Jenis diet seperti ini lebih dikenal dengan diet ketat, yakni sebuah program diet yang bertujuan untuk menurunkan berat badan dalam jangka waktu cepat. Dan biasanya diet jenis ini lebih disukai orang, namun memiliki risiko paling berbahaya.

Kesalahan Umum dalam Melakukan Program Diet


Bagi sebagian orang, diet merupakan sebuah kegiatan yang wajib dilakukan, apalagi bagi mereka dengan badan gemuk. Sehingga lebih menginginkan hasil yang lebih cepat yakni dengan melakukan diet ketat yang justru membahayakan tubuh. Maka, dari itu Anda perlu untuk mengetahui beberapa kesalahan umum saat diet sebelum masuk pada tahap cara melakukan diet sehat.

Melewatkan Makanan Utama

Mungkin cara ini sangat sering dilakukan para pelaku diet, khususnya bagi mereka yang melakukan diet ketat. Dengan melewatkan menu makanan utama, biasanya Anda akan cenderung banyak mengkonsumsi makanan ringan. Sehingga asupan yang diperlukan tubuh tidak seimbangan lagi. Padahal makanan utama sangat diperlukan untuk mencukupi asupan gizi saat melakukan program diet.

Baca Juga: Dampak Buruk Diet Ketat

Salah memilih Makanan Ringan

Selain melewatkan makanan utama, kesalahan umum yang biasanya dilakukan adalah mengkonsumsi makanan ringan yang justru mengandung kalori tinggi. Karena hal itu, program diet yang dijalankan pun tidak akan efektif lagi. Maka dari itu, pilihlah cemilan dengan benar dan tidak mengandung kalori tinggi.

Mengurangi Minum Air Putih

Banyak diantara pelaku diet malah mengurangi asupan mineral yang masuk ke tubuh, dengan alasan dapat membuat tubuh menjadi lebih gemuk lagi. Tapi, menurut penelitian pakar kesehatan, mengurangi asupan mineral saat diet justru akan membuat kacau sistem metabolisme tubuh. Sehingga kinerjanya tidak berjalan dengan baik lagi. Maka dari itu ada baiknya untuk tetap menjaga asupan mineral yang masuk ke dalam tubuh supaya metabolismenya dapat berjalan dengan lancar.

Minuman Berkalori Tinggi

Menurut studi kasus yang saya lakukan banyak pelaku diet menjauhi makanan dengan kandungan kalori tinggi dan beralih pada minuman. Namun, tidak sedikit minuman tersebut malah menyimpan kandungan kalori yang jauh lebih tinggi. Beberapa minuman dengan kandungan kalori tinggi adalah kopi dan minuman bersoda.

Salah dalam Menetapkan Target

Kesalahan terakhir yang sering dilakukan para pelaku diet adalah salah dalam menentukan targetnya. Beberapa diantaranya lebih sering menetapkan target yang tidak realistis, seperti ingin menurunkan 5 kilogram dalam seminggu. Karena hal ini, mereka akan cenderung melakukan hal ekstrim demi mendapatkan hasil tepat waktu.

Baca Juga: Cara Melancarkan Buang Air Besar dengan Cepat

#9 Cara Melakukan Diet Sehat


Setelah Anda sudah mengetahui beberapa kesalahan umum saat melakukan diet, maka saatnya untuk masuk ke dalam tahap cara melakukan diet sehat. Biasanya obesitas diakibatkan karena beberapa faktor seperti gaya hidup ataupun genetika. Dan untuk menurunkan berat badannya pun akan sedikit lebih susah lagi. Namun, jangan khawatir dulu sebab kami sudah memberikan tips menurunkan berat badan di bawah ini.

Menentukan Target

Cara melakukan diet sehat yang pertama adalah dengan menentukan target. Terget tersebut haruslah realistis dan dapat dicapai dalam waktu yang sudah ditetapkan. Hal ini bertujuan supaya Anda tidak terobsesi untuk mendapatkan badan kurus dalam waktu cepat sehingga tidak melakukan kegiatan ekstrim yang justru merusak kesehatan tubuh. Anda dapat merencanakan sebuah target kecil terlebih dahulu dan dalam jangka waktu yang memungkinkan.

Rutin Berolahraga (Aktif Bergerak)

Untuk menurunkan berat badan dengan cepat, maka ada baiknya Anda untuk rutin berolahraga. Dengan berolahraga secara teratur, pembakaran lemak dalam tubuh akan semakin cepat dan lebih efetkif lagi. Adapun beberapa olahraga yang efektif dalam membakar lemak adalah jogging, lari santai atau aerobik. Mungkin jika Anda tidak memiliki waktu untuk berolahraga, bisa dengan naik turun tangga ataupun berjalan kaki saat berpergian.

Baca Juga: Manfaat Jogging bagi Tubuh

Rutin Minum Air Putih

Minum air putih merupakan cara terampuh dalam melakukan diet, sebab dengan minum air putih perut akan menjadi cepat kenyang. Selain itu, dengan rutin minum air putih 8 gelas sehari dapat mengurangi risiko terkena dehidrasi. Air putih juga dapat melancarkan metabolisme dalam tubuh sehingga kinerjanya akan menjadi lebih efektif lagi dalam membakar lemak.

Konsumsi Makanan Tinggi Serat

Cara melakukan diet sehat yang selanjutnya adalah dengan mengkonsumsi makanan tinggi serat. Makanan jenis ini lebih efektif dalam menurunkan berat badan karena kandungannya yang mudah membakar lemak. Adapun beberapa makanan kaya serat seperti kentang, bayam, pir, jambu biji, pisang, brokoli dan beberapa sayuran hijau lainnya.

Konsumsi Makanan Pembakar Lemak

Mungkin semua orang juga sudah tahu, jika ingin menurunkan berat badan harus mengkonsumsi makan pembakar lemak. Cara ini sangat direkomendasikan para ahli, sebab dengan melakukannya penurunan berat badan akan menjadi lebih cepat, sehingga Anda akan mendapatkan hasil lebih cepat dan memuaskan. Adapun beberapa makanan pembakar lemak seperti buah berry, telur, yougurt dan teh hijau.

Konsumsi Makanan Berkarbohidrat Kompleks

Karbohidrat merupakan salah satu kandungan dalam makanan yang umumnya didapatkan pada nasi, mie, ubi dan sebagainya. Biasanya, karbohidrat ini akan lebih sulit untuk dicerna dalam tubuh sehingga akan menumpuk dan membentuk gumpalan lemak. Maka dari itu sangat disarankan agar mengkonsumsi makanan berkarbohidrat kompleks. Karbohidrat jenis ini lebih mudah untuk dicerna, sehingga tumpukan lemak dapat dikurangi. Beberapa makanan berkabohidrat kompleks yaitu gandum, sereal, beras merah, kacang dll.

Kurangi Mengkonsumsi Makanan Siap Saji

Tahukah Anda dalam makanan cepat saji atau makanan kemasan mengandung racun berbahaya yang dapat merusak tubuh. Selain itu dengan mengkonsumsi makanan cepat saji, tubuh akan menjadi lebih gemuk. Karena dalam makanan jenis ini, terdapat kandungan minyak jenuh yang akan menimbulkan tumpukan lemak. Adapun beberapa jenis makanan cepat saji yang perlu untuk dihindari adalah gorengan atau produk seperti hamburger.

Baca Juga: Bahaya Sering Makan Gorengan Bagi Kesehatan

Atur Porsi Makanan di Piring

Untuk mendapatkan badan kurus dan ideal tentu Anda harus mengatur porsi makan untuk setiap piringnya. Usahakan untuk membuat 1/3 dari porsi sebelum melakukan diet, dan biasanya terdiri atas makanan rendah lemak seperti ikan, daging unggas atau daging tanpa lemak. Bukan hanya itu saja, Anda wajib menambahkan beberapa sayuran segar seperti bunga kol. Anda juga dapat mencampurkan buah seperti apel, alpukat atau tomat.

Kendalikan Pola Makan

Cara melakukan diet sehat yang terakhir adalah dengan mengendalikan pola makan. Banyak pelaku diet justru tidak dapat mengendalikan nafsu makannya, sehingga program diet yang dijalankan tidak efektif lagi. Maka dari itu, Anda harus menjaga pola makan dengan mengatur jadwal makan setiap harinya. Selain itu, atur porsi setiap makan sehingga tidak akan menimbulkan tumpukan lemak. Saat malam, biasanya nafsu makan akan semakin meningkat. Maka dari itu atur pola makan Anda, dan bila perlu konsumsi buah dan sayuran saat malam hari.

Demikianlah artikel dari ulasan kesehatan tentang cara melakukan diet sehat, semoga artikel ini dapat membantu Anda dalam menurunkan berat badan dan mendapatkan badan idealnya. Jika artikel ini bermanfaat, tidak ada salahnya supaya Anda membagikannya sehingga lebih banyak orang yang bisa mengetahuinya. Jika Anda memiliki pertanyaan, dapat berkomentar di kolom yang sudah kami sediakan.

Artikel Terkait

#9 Cara Melakukan Diet Sehat yang Benar
4/ 5
Oleh