Selasa, 25 April 2017

Cara Menyembuhkan Penyakit Demam Terlengkap

Kategori

Mungkin di dunia terdapat banyak sekali penyakit yang dapat menyerang manusia, salah satunya adalah demam. Penyakit yang satu ini pasti dialami semua orang, mulai dari anak-anak, remaja, dewasa atau bahkan lansia. Oleh karena itu tidak sedikit orang yang merasa terganggu akan hadirnya penyakit demam. Nah, melalui artikel kali ini saya akan memberikan penjelasan terlengkap seputar cara menyembuhkan penyakit demam kepada Anda.

Cara Menyembuhkan Penyakit Demam
Credit Image Alodokter

Demam merupakan penyakit umum yang hampir semua manusia pasti mengalaminya, namun demam memiliki beberapa jenis yang masing-masing mempunyai tingkat keganasan tersendiri seperti demam berdarah. Dan pada dasarnya demam tergolong penyakit menular, dengan kata lain mereka yang menderita demam dapat menularkan penyakitnya kepada orang terdekatnya melalui udara ataupun kontak langsung.

Perlu Anda ketahui bahwa penyakit ini biasanya diawali dengan gejala demam seperti mata sensitif terhadap cahaya dan sebagainya. Selain itu, demam akan disertai sakit kepala yang amat mengganggu aktifitas. Maka dari itu artikel ini juga akan menjelaskan tips menurunkan demam dan sakit kepala ataupun gejala demam yang biasanya terjadi. Yuk, simak artikelnya dengan seksama.

Penyebab Demam


Setiap penyakit pasti memiliki penyebabnya, sama halnya pada penyakit demam. Mungkin seseorang bisa terserang demam karena beberapa faktor seperti cuaca ektrim ataupun beberapa kegiatan yang menguras tenaga. Dan sebenarnya masih banyak lagi penyebab demam, untuk lebih lengkapnya lihat di bawah ini.

Terserang Infeksi

Demam juga dapat diakibatkan karena terjadinya infeksi pada tubuh, dan biasanya infeksi tersebut diakibatkan oleh virus, bakteri atau jamur. Memang beberapa organisme tersebut sudah dikenal dengan dampaknya yang buruk bagi kesehatan manusia. Organisme seperti kuman cukup mudah untuk ditemukan di tempat kotor dan berbau, maka dari itu jauhi lokasi seperti tempat sampah dan beberapa tempat pembuangan lainnya.

Cuaca Panas

Tahukah Anda kalau ternyata demam juga dapat diakibatkan karena suhu yang sangat panas, hal tersebut dikarenakan cuaca panas dapat membuat penguapan air dalam tubuh semakin cepat. Saat cuaca panas, tubuh akan lebih mudah untuk terkena dehidrasi sehingga sistem kerja tubuh tidak akan optimal lagi. Dan pada saat panas tubuh akan memberi tanggapan yang berlebihan, sehingga tubuh akan mudah pusing dan kelelahan.

Kelelahan

Setelah tubuh mengalami kelelahan karena pekerjaan ataupun cuaca panas, sistem kekebalan dalam tubuh manusia akan menurun. Dan keadaan itu akan dimanfaatkan kuman dalam menyerang tubuh dan menyebarkan berbagai jenis penyakit seperti demam. Maka dari itu para dokter menyarankan agar setiap orang untuk memperhatikan waktu istirahatnya. Waktu yang paling disarankan adalah 7-8 jam per harinya.

Efek Penggunaan Berlebihan Obat Anti-Biotik

Mungkin sebagian besar orang masih belum mengetahui hal ini, namun paling tidak Anda mengetahuinya melalui artikel cara menyembuhkan penyakit demam ini. Pada dasarnya semua obat dibuat untuk menyembuhkan berbagai penyakit, namun jika obat anti-biotik terlalu sering dikonsumsi. Maka akan membuat tubuh mentoleransikan dosis itu, sehingga untuk waktu yang akan datang tubuh akan meminta dengan takaran yang lebih tinggi. Dengan kejadian tersebut, respon tubuh tidak akan normal lagi sehingga akan lebih mudah terkena demam.

Baru Melakukan Imunisasi

Sebenarnya penyebab berikut ini lebih dikhususkan untuk para anak, namun jika Anda baru melakukan imunisasi ada baiknya untuk memperhatikan hal yang satu ini. Demam juga dapat datang karena baru melakukan imunisasi, hal ini dikarenakan pada saat selesai imunisasi pada bagian tersebut akan mengalami pembengkakan dan memerah. Dan biasanya itu akan terasa sedikit sakit, khususnya bagi anak yang masih rentan. Karena rasa sakit tersebut, tubuh anak akan terpicu untuk terkena penyakit demam.

Gejala Demam


Sebelum Anda masuk ke tahap cara menyembuhkan penyakit demam, maka ada baiknya untuk memperhatikan beberapa gejala berikut ini. Hal ini bertujuan supaya Anda tidak salah dalam menilai apakah teman-teman benar terkena demam atau tidak. Oleh sebab itu yuk simak gejala demam yang biasanya terjadi.

Suhu diatas 38 drajat celcius

Mungkin cara termudah untuk mengetahui demam adalah dengan mengukur besaran suhu badan, dan Anda dapat menggunakan termometer. Anda dapat menempelkan termometer pada bagian ketiak ataupun mulut, kemudian lihat apakah suhu badan Anda diatas 38 drajat celcius atau tidak. Dan jika termometer menunjukkan bahwa suhu badan Anda diatas 38 celcius, maka sudah dipastikan kalau Anda sedang mengalami penyakit demam.

Mata Sensitif Terhadap Cahaya

Pada umumnya mereka yang sedang demam akan lebih sensitif terhadap cahaya, begitu halnya yang terjadi pada saya. Mata akan mengeluarkan cairan pada saat melihat cahaya ataupun menonton televisi, hal ini bertujuan supaya mata tetap dalam keadaan basah. Karena pada saat mengalami demam, mata akan menjadi lebih kering dari sebelumnya.

Mudah Lelah

Salah satu studi kasus yang pernah saya lakukan, mendapatkan hasil bahwa seseorang yang terkena demam pada umumnya akan lebih mudah capek. Tubuh akan meminta untuk terus beristirahat dan tidur, tentu hal tersebut sangat mengganggu setiap aktifitas kita. Namun, kita juga tidak boleh menolak respon tersebut. Ada baiknya Anda memberikan waktu istirahat untuk tubuh sekitar 1-2 hari saja.

Cara Menyembuhkan Penyakit Demam


Nah, jika tadi Anda sudah mengetahui penyebab dan gejala demam. Maka Anda bisa masuh pada tahap cara menyembuhkan penyakit demam, mungkin informasi ini sangat Anda butuhkan jadi tidak ada salahnya untuk menyimaknya dengan seksama.

Mandi Air Hangat

Cara menyembuhkan penyakit demam yang pertama adalah dengan mandi air hangat secara rutin hingga penyakit demam mulai menurun. Mungkin cara ini cukup efektif dalam menurunkan panas dan pusing akibat demam. Dengan mandi air hangat, suhu tubuh akan dinetralisir oleh suhu air sehingga suhu badan akan perlahan menurun. Namun, ada baiknya mandi air hangat sebentar saja dan jangan sampai air berubah menjadi dingin.

Menurunkan Panas dengan Kompres

Mungkin tips ini sudah diketahui semua orang, dan merupakan cara turun-temurun. Namun, ternyata cara menurunkan panas dengan kompres ini sangat efektif. Untuk melakukannya cukup mudah, Anda bisa mengambil sehelai handuk lalu membasahinya. Kemudian peras air yang masih tersisa, lalu tempelkan pada dahi dan diamkan sekitar 15 menit saja. Lakukan cara ini hanya 2 kali dalam sehari, karena jika berlebihan akan mengakibatkan suhu tubuh menjadi dingin.

Menggunakan Kaus Kaki Basah

Sebagian besar dari kita mungkin belum mengenal cara ini, namun kenyataannya menggunakan kaus kaki basah sangatlah efektif dalam menurunkan suhu panas. Pada kaki terdapat respon terbaik, sehingga akan mendorong tubuh untuk cepat sembuh dari penyakit demam. Anda bisa mengambil sepasang kaus kaki, lalu membasahkannya. Kemudian peras dan kenakan, untuk mendapatkan hasil yang lebih maksimal, Anda dapat melapisinya dengan kaus kaki wol untuk menjaga suhu.

Perbanyak Minum Air Putih

Seperti yang sudah kita ketahui kalau air putih itu menyimpan banyak sekali manfaat yang dapat diperoleh tubuh manusia. Dan tubuh manusia juga terdiri akan mineral sebagai komponen terbesarnya, apa jadinya jika tubuh sampai kekurangan air. Tentu hal itu akan mengganggu sistem kerja tubuh, sehingga kekebalan tubuh akan menjadi menurun. Karena itulah penyakit demam dapat dengan mudah menyerang tubuh manusia. Oleh karenanya, ada baiknya kita memperbanyak minum air putih supaya kinerja tubuh tetap stabil.

Istirahat yang Cukup

Mungkin cara ini terbilang paling gampang, sebab Anda hanya dianjurkan untuk beristirahat saja. Karena bisa jadi kalau demam yang saat ini Anda alami disebabkan karena tubuh merasa keletihan. Karena itulah banyak dokter yang menganjurkan supaya penderita demam memberikan waktu istirahat yang cukup bagi tubuh. Usahakan tubuh dapat beristirahat sekitar 7-8 jam dan dalam ruangan bersuhu 22-25 celcius.

Mengkonsumsi Buah

Semua orang pasti sudah tahu kalau buah merupakan jenis makanan yang mengandung banyak sekali gizi. Tidak heran buah sangat disarankan untuk dikonsumsi bagi penderita penyakit demam, karena dalam buah terdapat berbagai nutrisi yang dapat digunakan sebagai pembentuk kekebalan tubuh sehingga lebih mudah dalam melawan penyakit demam. Adapun beberapa buah yang disarankan seperti berry, jeruk, semangka dan lemon kuning.

Stop Aktifitas Berolahraga

Seperti yang sudah kita ketahui bahwa jika sedang terkena penyakit demam, penderita lebih disarankan untuk beristirahat yang cukup. Maka dari itu segala aktifitas lainnya seperti berolahraga harus segera dihentikan. Hal ini dikarenakan supaya tubuh tidak mengalami keletihan karena berolahraga memakan banyak tenaga. Walaupun berolahraga sehat, namun pada saat sakit demam penderita lebih baik stop dulu. Kemudian dapat melakukan kegiatan tersebut, ketika demam sudah sembuh.

Minum Teh Herbal

Cara menyembuhkan penyakit demam yang terakhir adalah dengan rutin minum teh herbal. Cara ini terbilang cukup ampuh dalam menyembuhkan penyakit demam, oleh sebab itu bisa menjadi referensi bagi teman-teman sekalian. Caranya cukup mudah, Anda hanya perlu menyediakan teh herbal (buatan sendiri ataupun dibeli) kemudian seduh dengan air hangat. Setelah itu minum secara teratur saat pagi dan sore hari. Untuk mendapatkan hasil yang maksimal, Anda dapat mencampurkannya dengan madu atau lemon.

Demikianlah artikel cara menyembuhkan penyakit demam yang dapat ulasan kesehatan sampaikan, dan kami berharap agar informasi ini dapat bermanfaat bagi teman-teman semua. Mungkin beberapa cara diatas dapat Anda coba, karena informasi tersebut merupakan hasil rangkuman dari berbagai sumber jadi sudah pasti terpercaya.

Manusia biasa yang ingin berbagi informasi melalui media blog. Mari berkenalan, silahkan kontak akun sosial media kami. Terimakasih.

Ini Sudah Artikel Terdahulu, Silahkan Baca Artikel Terbaru